Mohon tunggu...
Hanifa Aulia Ardiansyah
Hanifa Aulia Ardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Nama saya Hanifa Aulia Ardiansyah, lahir di Bogor 5 September 2004. Status saya saat ini adalah mahasiswa dari universitas Gunadarma, jurusan Ilmu Komunikasi. Saya pribadi, suka sekali menulis jurnal di buku pribadi saya, yang tentunya isi buku tersebut tentang kehidupan, kisah, perjalanan dan memori di hidup saya. Dari cerita singkat saya ini, bisa di simpulkan bahwa saya sangat suka sekali menulis, walaupun saya tidak begitu mahir, tapi saya menyukainya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh QRIS di Masa Kini

16 Juli 2024   15:07 Diperbarui: 16 Juli 2024   17:35 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto QRIS pribadi di salah satu UMKM Bogor (dokpri)

QRIS adalah sebuah kode QR Nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. QRIS mulai di kembangkan pada tahun 2019, dan diresmikan oleh Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019. Setelah mengikuti proses evaluasi dan uji coba yang cukup panjang, pada akhirnya QRIS di gunakan secara efektif oleh masyarakat pada 1 Januari 2020 hingga saat ini. QRIS memberikan manfaat berupa efisiensi dalam sistem jual beli yang dapat memudahkan pembeli dan penjual. Kami berkesempatan  untuk berbincang, dengan salah satu narasumber yakni Kak Luthfi, untuk membahas dan memberikan sebuah opini mengenai pengaruh QRIS di masa kini.

 Menurut Kak Luthfi, “penggunaan QRIS cukup efisien karena kita tidak perlu membawa banyak uang dan bisa membayar apapun pakai smartphone. Dan tentunya juga, QRIS ini sangat membantu UMKM dalam bertransaksi dengan pelanggan, bahkan mempermudah pelanggan dan pembisnis dalam menghitung pendapatan”. 

Menurutnya juga, “pengaruh QRIS dalam mengurangi penggunaan uang tunai cukup besar, karena kita sudah hidup di era 4.0 yang dimana semua hal apapun sudah berkaitan dengan digital. Dan pastinya selama saya menggunakan QRIS untuk bertransaksi, tidak ada kendala apapun”. Ujar Kak Luthfi.

Saya sebagai pribumi yang hidup di era 4.0, turut setuju atas opini yang di sampaikan oleh Kak Luthfi, dan kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan QRIS dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat atau bahkan pelaku bisnis di seluruh Indonesia.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun