Mohon tunggu...
Hana Ashilah
Hana Ashilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Optimalisasi Kinerja Pendidik dalam Merancang Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

25 Maret 2022   08:51 Diperbarui: 25 Maret 2022   10:40 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan kemampuan peserta didik melalui proses pembelajaran. Dalam proses ini, sekolah sebagai salah satu bagian dari pendidikan merupakan tempat transfer knowledge, yakni membagikan suatu informasi ataupun pengetahuan dalam bidang ilmu tertentu dengan harapan hasil dari pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.

Untuk mewujudkan hasil belajar yang optimal, diperlukan sarana yang memadai. Sarana tersebut dapat dipersiapkan oleh pendidik sebelum proses pembelajaran dimulai. Persiapan mengenai sarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dimuat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai metode/media pembelajaran.

Menurut Surayya (2012) media pembelajaran, yaitu alat yang mampu membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Berdasarkan pendapat tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran memegang peranan penting, yakni memudahkan pendidik dalam menyampaikan bahan ajar dan bagaimana materi bejalar dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh pendidik dalam merancang metode/media pembelajaran sebagai berikut:

1. Karakter materi pelajaran

Setiap mata pelajaran memiliki karakter tertentu yang ingin dicapai oleh peserta didik. Karakter mata pelajaran dapat dikelompokkan seperti ilmu eksakta dan sosial. Untuk ilmu eksakta, maka media pembelajaran berupa alat-alat laboratorium untuk melakukan eksperimen. Beda halnya dengan ilmu sosial yang dapat menggunakan proyektor untuk menampilkan film dokumenter peristiwa sejarah dalam mata pelajaran sejarah.

2. Ketersediaan sarana belajar

Untuk memudahkan pendidik dalam merealisasikan rancangan media pembelajarannya, maka pilihlah sarana pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan sekolah, pendidik, dan peserta didik.

3. Karakter peserta didik

Setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka pendidik diharapkan dapat menyajikan media pembelajaran yang bervariasi untuk menunjukkan kelebihan dan menutupi kekurangan peserta didik. Pendidik dapat menggunakan pengalaman selama berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk mengetahui media yang dirasa tepat untuk peserta didik di jenjang tersebut.

4. Alokasi waktu pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun