Mohon tunggu...
Hana Ru
Hana Ru Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pengamat dan penganalisis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Komponen Batterai

27 Januari 2023   17:52 Diperbarui: 27 Januari 2023   18:01 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kita pasti akan mengenal tentang Baterai sepeda motor. Tetapi dalam artikel ilmiah ini saya akan membahas tentang "Cara Merawat Baterai Pada Sepeda Motor".

Di kalangan masyarakat zaman sekarang ini teknik sepeda motor itu sangat penting pengaruhnya terhadap masyarakat. Karena pada saat ini hampir semua orang memiliki sepeda motor. Kita sebagai anak teknik, harus tahu tentang bagian mana dan seperti apa system Baterai motor itu.  Lalu bagaimana system kerja baterai pada motor ? dan apa saja bagian dari baterai pada motor ?

Untuk mengetahui bagaimana sistem kerja Baterai pada sepeda motor, saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian baterai/aki/accu.

Baterai atau yang biasa disebut dengan ACCU/AKI merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh sistem kelistrikan pada sepeda motor.

Baterai berfungsi sebagai sumber arus listrik pada kendaraan, misalnya saja pada saat melakukan starter, baterai berfungsi sebagai penyedia arus pertama saat melakukan starter agar mesin dapat dengan mudah dihidupkan, serta menyuplai arus listrik ke komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Pada sepeda motor jenis baterai/accu yang umumnya digunakan terdiri dari 2 macam:

Baterai/Accu Basah.
Baterai/Accu Kering.

a.      Accu Basah

Baterai/Accu basah adalah accu yang paling banyak digunakan pada kendaraan hingga saat ini. Accu ini berisi air accu(cairan asam belerang /sulfuric acid). Pada accu basah, terdapat lubang dengan tutup yang dapat dibuka-tutup untuk menambah air accu. Air accu dapat berkurang saat accu digunakan. Hal ini terjadi karena reaksi kimia di dalam accu antara air accu dengan sel accu.
Keuntungan menggunakan accu basah:

Dapat menggunakan 'vitamin accu' berupa tablet yang dijual di toko asesoris atau larutan EDTA, untuk memperpanjang usia pakai accu tersebut. Harga relatif lebih murah dibandingkan jenis aki yang lain.
Kerugian menggunakan accu basah :

Wajib memeriksa ketinggian air accu secara berkala, jika air accu berada di bawah level LOW, dapat merusak sel accu. Memiliki tingkat Self-Discharge paling besar (0.8-1.0% volume/day)

b.      Accu Kering (Accu MF)

Accu kering/Accu Maintenence Free merupakan suatu produk accu yang menggunakan desain khusus sehingga dapat menekan penguapan air accu . Dengan demikian keuntungan dari accu kering ialah tidak diperlukannya penambahan ulang air aki sehingga perawatan menjadi lebih mudah akan tetapi biasanya harga accu kering lebih mahal jika dibandingkan dengan harga accu basah.

Komponen sistem pengisian pada sepeda motor yaitu :

Spul pengisian dan magnet : berguna untuk menghasilkan tenaga listrik

Kiprok : sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh spul pengisian dan magnet

Magnet pada sepeda motor berputar karena menerima putaran dari crankshaft. Gaya magnet ini akan memotong spul pengisian sehingga menimbulkan arus listrik. Listrik yang dihasilkan ini akan dialirkan ke kiprok untuk diatur tegangannya sebelum dialirkan ke komponen listrik yang membutuhkan. Kelebihan listrik akan dialirkan ke aki untuk mencharge aki.

Cara Kerja Baterai  Pada Sepeda Motor

Sistem pengisian adalah sistem kelistrikan pada kendaraan baik mobil atau sepeda motor untuk mengisi arus listrik ke dalam aki, atau bisa disebut dengan alat charger di kendaraan. Selain itu sistem pengisian juga berfungsi untuk menyuplai arus listrik pada kendaraan saat mesin telah hidup. 

Jadi sistem pengisian pada kendaraan sangatlah penting , karena kebutuhan listrik pada kendaraan sangat dibutuhkan pada mesin dan kebutuhan aksesories kendaraan lainnya. Jika tidak ada suplai listrik , maka mesin tidak dapat hidup. Dan jika tidak ada suplai listrik pada kendaraan ,maka lampu , tape , dan aksesories lainnya tak akan dapat menyala. Sementara seperti telah kita ketahui, bahwa suplai listrik dari aki tidak akan bertahan lama, karena listrik yang ada pada aki sangat terbatas jumlahnya dan dapat habis bila tidak di charge, karena itulah sistem pengisian sangat diperlukan pada kendaraan.

Berikut ini bagian-bagian aki:

Kotak aki : berfungsi sebagai rumah atau wadah dari komponen aki yang terdiri atas cairan aki, pelat positif dan pelat negatif berikut separatornya.

Tutup aki : Berada di atas, tutup aki berfungsi sebagai penutup lubang pengisian air aki kedalam wadahnya, sehingga tidak tumpah. Di aki kering tentu tidak ada komponen ini, kalaupun ada tidak boleh di buka.

Lubang ventilasi : Untuk tife konvensional ada di smping atas dan ada selangnya. Berfungsi untuk memisahkan gas Hydrogen dari asam sulfat serta sebagai saluran penguapan air aki, sedang tife MF, gas hydrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.

Pelat logam : Terdiri dari pelat Positif dan pelat Negatif, untuk pelan Positif dibuat dari Timbal Preoksida (PbO2), Sedangkan pelat Negatif hanya dibuat dari logam timbal (Pb)

Air aki : Dibuat dari camputan air (H2O) dan asam sulfat (SO4).

Separator : Berada di antara pelat Positif dan pelat Negatif, separator bertugas untuk memisahkan atau menyekat pelat Positif dan Negatif agar tidak saling bersinggungan yang dapat menimbulkan short alias hubungan arus pendek listrik.

Sel : merupakan ruangan dalam wadah bentuknya kotak-kotak yang berisi cairan aki, pelat Positif dan Negatif berikut separatornya.

Terminal aki : Keduanya berada diatas wadah, karena merupakan ujung dari rangkaian pelat-pelat yang nantinya dihubungkan ke beban arus macam lampu dan lainnya, bagian ini terdiri dari terminal Positif dan juga Negatif.

Kesimpulan

Jadi pada baterai ada 2 golongan yaitu Baterai basah dan Baterai kering.
Pada dasarnya baterai basah dan kering lebih bagus baterai kering, karena tidak terlalu membahayakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun