Mohon tunggu...
Hanan Wiyoko
Hanan Wiyoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya menulis maka saya ada

Suka membaca dan menulis, bergiat di literasi digital dan politik, tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Beda Sensasi Nyetir di Tol Jabar dan Jateng, Apa Itu?

30 Juli 2023   15:18 Diperbarui: 30 Juli 2023   15:51 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bunga di tepi jalan tol. Sumber : pikiran rakyat.com

Ada perbedaan sensasi mengemudi yang didapat ketika melintas di jalan tol ruas Provinsi Jawa Barat dengan tol di ruas Provinsi Jawa Tengah. Apa itu?

TULISAN ini bersifat subjektif. Terlebih soal sensasi atau perasaan. 

Cerita ini tentang sensasi mengemudi yang menurut  saya berbeda ketika menyetir di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Pengalaman mengemudi di ruas tol provinsi Jawa Tengah saya dapatkan pada hari Selasa, 25 Juli 2023 saya menyetir mobil ke arah Semarang. Rute yang ditempuh melalui pintu tol Gandulan (Pemalang) dan keluar di pintu tol Jatingaleh (Kota Semarang). Rute ini biasa saya lalui. Kira-kira dalam satu tahun bisa melintas 6-12 kali. 

Pengalaman mengemudi di ruas tol provinsi Jawa Barat saya dapatkan pada hari Jumat, 28 Juli 2023. Saya menyetir mobil yang sama dengan yang saya gunakan ke Semarang, yakni Toyota All New Avanza tahun 2022. Rute yang saya ambil adalah pintu masuk tol Ketanggungan (Brebes) dan keluar di pintu tol Ciperna Timur. Rute ini jarang saya lewati, seinget saya dalam setahun terakhir saya dua kali melintas di ruas tol ini. 

Sensasi Berbeda

Sensasi mengemudi yang saya dapatkan lebih banyak tentang perasaan saya sebagai pengemudi ketika melintas di ruas tol dua provinsi ini. Apa saja?

1. Kondisi permukaan jalan

Menurut saya, jalan tol di area Jawa Tengah (Pemalang-Semarang) lebih banyak bergelombang dibandingkan ruas tol di Jawa Barat (antara Brebes-Cirebon). 

Bahasanya terasa ada 'jenggolan', sehingga membuat mobil terasa berguncang. Yang saya alami adalah ketika melintas di tol Batang-Semarang di kawasan PLTU Ujungnegoro. Ada semacam sambungan pengecoran yang seolah membuat 'gundukan kecil' sehingga terasa seperti melintas di atas polisi tidur.Kondisi ini membuat guncangan di dalam mobil. Mungkin bila membawa ibu hamil dirasa kurang nyaman. Dugaan saya, posisi 'jenggulan' tersebut berada di atas sungai di depan PLTU Ujungnegoro. Kepada para pengguna jalan, diimbau untuk hati-hati saat melintas di tol yang terdapat kondisi bergelombang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun