Mohon tunggu...
Hanan Wiyoko
Hanan Wiyoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya menulis maka saya ada

Suka membaca dan menulis, bergiat di literasi digital dan politik, tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Beda Pasar Malam Dahulu dan Sekarang, Apa Itu?

15 Juli 2023   23:38 Diperbarui: 15 Juli 2023   23:39 1049
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Warga menyaksian keseruan wahana Ombak Banyu di Pasar Malam. dok pri

Pasar malam merupakan hiburan rakyat yang sudah ada sejak dulu. Seiring perkembangan zaman, budaya pop muncul di gelaran pasar malam. Apa itu?

MENYEBUT kata 'pasar malam', apa yang ada dibenak anda?

Bagi kebanyakan orang Indonesia, istilah tersebut sudah cukup lekat dalam ingatan. Karena kegiatan pasar malam sudah ada sejak dulu kala. Saya belum memiliki data, kapan kali pertama kegiatan pasar malam itu ada di Indonesia?

Istilah pasar malam merujuk pada gelaran hiburan yang diadakan menjelang sore hingga tengah malam. Umumnya diadakan di lapangan. 

Di dalamnya banyak tersedia wahana permainan seperti ombak banyu, bianglala, komidi putar, kora-kora, rumah hantu, tong setan, dan beragam permainan anak. 

Tak hanya diramaiakan wahana permainan tadi, pasar malam juga kerap diramaikan stand makanan dan jajanan, maupun bazar. Pokoknya ramai.

Saya kenal pasar malam sejak saya masih SD. Sekitar tahun 1990-an. Saat itu di lapangan desa saya diadakan pasar malam keliling. Sangat ramai saat cuaca terang. 

Apalagi saat itu hiburan belum mudah didapatkan seperti sekarang. Barangkali para pembaca pun memiliki kenangan indah saat menonton pasar malam? Misal saat masih kecil, remaja, atau bahkan saat sudah berkeluarga datang dengan membawa anak-istri.

Saya belum menemukan data dan cerita, apakah di luar negeri juga ada pasar malam? Saya kira, pasar malam keliling adalah khas hiburan rakyat Indonesia. Saya mengira, segmen pengunjung pasar malam menjangkau semua lapis masyarakat. Dari yang berduit, hingga kelompok masyarakat ekonomi bawah. 

Meskipun jenis hiburan saat ini beragam dan mudah didapat, pasar malam masih eksis bertahan. Saya mendapati fakta bahwa gelaran pasar malam yang diadakan Taman Ria Promosindo di halaman Menara Teratai dari 26 Juni hingga malam ini (15 Juli 2023) selalu ramai pengunjung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun