"Guru yang baik adalah yang terus belajar dari hal apapun didalam hidupnya, memiliki keterampilan merawat dan menumbuhkan kemampuan mengenal kesadaran terhadap lingkungan, sosial dan spiritual kepada peserta didik" (Dr. H. Purwanto, M.Pd)
Program PHBK Akbar (PPA) 4 atau Program Semai Benih Bangsa Akbar (PSBBA) 4 Â dilaksanakan secara online/daring berupa 'nobar' di seluruh wilayah di Indonesia dari sabang sampai merauke.
Pelaksanaanya dapat di sekolah koordinator maupun tempat lain yang nyaman dan menunjang semua aktifitas guru-guru dan satuan pendidikan yang tergabung dalam program SBB (Semai Benih Bangsa).
Hingga saat ini sudah ribuan para guru dan sekolah mitra yang tergabung dalam program PHBK dengan konsisten dan komitmen walau belajar melalui udara tidak membuat guru dan satuan pendidikan tidak semangat dalam mencari ilmu demi kemajuan anak bangsa.
Program ini sudah banyak membantu para guru di seluruh nusantara dalam penerapannya, metode-metode yang digunakan setiap harinya kepada peserta didik sangat intens melalui penggunaan bahasa yang positif dan efektif.
Tepatnya hari Rabu, tanggal 25 Oktober 2023 semua sekolah yang tergabung dalam program ini serentak mengikuti acara pembukaan pelatihan PPA 4 yang akan berlangsung 6 bulan lamanya melalui arahan dan bimbingan Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Pelaksanaan Pembukaan PPA 4 yang berlokasi di bale Pancaniti Kabupaten Purwakarta dihadiri sebanyak 17 Sekolah Mitra (SM) yang berjumlah 18 Sekolah dengan total yang hadir di acara pembukaan pelatihan kemarin kurang lebih 34 orang dari masing-masing sekolah dan 4 orang dari Sekolah Koordinator (SK) semuanya berjumlah 38 orang.
Sebelum acara inti, kegiatan awal dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta bapak Dr. H. Purwanto, Â dengan sambutan sekaligus memberikan pengarahan kepada semua sekolah mitra yang hadir.
Turut hadir serta Kasi PAUD dan PNF bapak Eka Chandra, Penilik PAUD Kec. Cibatu bapak Suryana, S.Ag. , bapak Asep Eri, bapak Asep Hermawan dan bapak Denny Ramdhan selaku pelaksana pada kegiatan tersebut.
Program PHBK ini sudah berlangsung sejak perekrutan sekolah mitra pada bulan Juli-Agustus tahun 2023 melalui media daring dan sejumlah 18 satuan pendidikan mendaftar yaitu dari Kec. Cibatu, Kec. Campaka, Kec. Bungursari, Kec. Pasawahan dan Kec. Purwakarta.
Semua sekolah yang tergabung sebagai SM dan selanjutnya menjadi SBB mendapatkan Modul RPP 9 Pilar Karakter, buku 9 Pilar, buku cerita, Modul RPP PHBK KB dan TK masing-masing semester 1 secara gratis.
Diharapkan dengan bantuan modul dan buku setiap satuan pendidikan dapat melaksanakan penerapan model PHBK di sekolahnya masing-masing dengan berkelanjutan walaupun nanti setelah pelatihan selesai enam bulan kemudian.
Penyampaian laporan manfaat PHBK bagi satuan pendidikan anak usia dini disampaikan oleh saya sendiri sebagai penanggung jawab kegiatan sekolah kordinator SBB KB-TK Rumah Tumbuh Purwakarta.
Terdapat 2 Sekolah Kordinator salah satunya adalah SBB KB-TK RUMAH TUMBUH yang masing-masing memiliki peng-imbasan dengan jumlah SM yang bervariatif.
Adapun Sekolah Mitra (SM) yang tergabung sebagai SBB berjumlah 9 TK 6 KB dan 3 SPS, diantaranya :
1. TK TUNAS PERTIWI
2. TKIT AL-HASANAH
3. TKIT AL-GHIFARI
4. TK NURUL HUDA AL-BUKHARI
5. TK SRIKANDI
6. TK PLUS AL-MUBAROKIYYAH
7. TK PLUS HANSA
8. TKIT ADZKIA KIDS
9. TK AL-AKBAR
10. KB TUNAS BANGSA
11. KB AL-FATIH CIBATU
12. KB NURUL ISLAM
13. KB NURUL YAQIN
14. KB STHIRA YUDHA
15. KB AR-ROSYADIYYAH
16. SPS MELATI CIDAHU
17. SPS AL-HIDAYAH 2
18. SPS MELATI 1
Kadisdik berharap semua sekolah mitra (SM) dapat mengikuti seluruh pelatihan ini dan berharap guru-guru dapat meningkatkan kualitasnya di sekolah masing-masing dengan baik khususnya di Kabupaten Purwakarta.
Beliau menambahkan sudah mengenal Founder IHF sejak duduk di bangku perkuliahan dan menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Ibu Ratna Megawangi telah membantu setiap guru di seluruh pelosok negeri.
Tidak ada kata tidak untuk terus belajar menjadi lebih baik, bukan menjadi yang terbaik karena dalam mendidik anak usia dini diperlukan kehati-hatian agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat dirinya, kodrat alamnya dan kodrat zamannya.
PHBK ini sangat sejalan dengan kebijakan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah Kab. Purwakarta melalui program Bunga Karakter diantaranya : 7 Poe Atikan (7 hari pendidikan), Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab (AKPK), Pendidikan Anti Korupsi (PAK), Sekolah Ramah Anak (SRA), dan Tatanen di Bale Atikan (TdBA).
Program Pelatihan ini tentunya memiliki manfaat, peran dan fungsi bagi setiap Sekolah Mitra maupun Sekolah Kordinator SBB KB-TK Rumah Tumbuh Purwakarta telah merasakan manfaat PHBK, khususnya saya setelah tergabung selama kurang lebih 1 tahun lamanya
Manfaat PHBK bagi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
PHBK merupakan pendidikan positif dalam membentuk perilaku dan karakter peserta didik dalam menstimulasi aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.
Menciptakan lingkungan belajar yang ramah, aman, disiplin positif dan membangun hubungan yang kuat antara peserta didik, sesama guru dan orang tua.
Model PHBK ini merupakan model pendidikan yang memfokuskan pada seluruh aspek dimensi manusia sehingga dapat menjadi manusia yang berkarakter positif sejak anak usia dini.
Menjadikan peserta didik selalu ingin tahu dan bertanya, berpengetahuan luas, komunikator yang efektif, memiliki empati dan peduli terhadap orang lain, berfikir kritis dan kreatif dan masih banyak lagi.
Berikut manfaat PHBK bagi satuan pendidikan :Â
1. Meningkatkan 6 Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Dalam penerapannya melalui agenda kegiatan setiap harinya tentunya seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan peserta didik akan terstimulasi dengan baik.
Melalui penerapan bahasa yang positif dan efektif, seperti : berteman dengan baik ya, sayang teman ya, terima kasih sudah berteman dengan baik, terima kasih sudah menjadi anak yang mandiri, dan masih banyak lagi penggunaan kalimat atau bahasa yang positif dalam kegiatan sehari-hari di sekolah/satuan pendidikan.
2. Mendorong Lingkungan Belajar yang Positif
Kegiatan ini memupuk rasa saling menghargai, empati, dan kerjasama diantara peserta didik dan guru, menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan.
Setiap harinya peserta didik akan diarahkan sesuai jadwal kegiatan yang sudah tertera di papan display kelas yang memiliki keterkaitan dalam stimulasi aspek pertumbuhan dan perkembangan anak.
3. Menguatkan Hubungan Positif
PHBK mendorong kolaborasi dan komunikasi positif antara peserta didik, guru dan orang tua, membangun kepercayaan dan pemahaman.
4. Penerapan Bahasa Positif dan Efektif
Penggunaan kata, kalimat atau bahasa yang positif dan efektif setiap harinya dapat membentuk perilaku anak usia dini menuju arah yang lebih baik lagi.
Memiliki akhlak yang baik, memiliki etika yang baik, juga memiliki rasa empati melalui pengaliran buku pilar dan buku-buku cerita yang menarik bagi anak usia dini.
Didalamnya terdapat pesan-pesan moral spiritual yang ketika pelaksanaannya membuat saya sendiri terkesima ketika anak usia dini dapat memiliki pemahaman dan menceritakan kembali apa yang mereka simak.
Fungsi PHBK bagi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
Berikut fungsi PHBK bagi satuan pendidikan anak usia dini, diantaranya :
- Kesehatan Positif
Mendorong kebiasaan dan sikap sehat terhadap kesehatan fisik dan mental, melalui kegiatan keliling kelas dengan memperhatikan papan display kelas yang menarik, karena salah satu kegiatan yang tidak lepas dari anak usia dini adalah dengan cara bergerak.
- Perilaku Positif
Mendorong perilaku positif dan mengurangi perilaku negatif di dalam dan di luar ruangan kelas dengan penggunaan bahasa yang positif dan efektif setiap harinya tentunya akan membekas dan diingat oleh anak usia dini.
- Karakter Positif
Mengembangkan nilai dan prinsip etika pada peserta didik atau anak usia dini untuk mendukung stimulasi pertumbuhan pribadi dan sosial.
Fungsi PHBK ini tentunya sangat luas sekali, saya adalah salah satu yang merasakan manfaatnya baik bagi diri lebih luasnya adalah rekan sejawat yaitu para sesama guru, orang tua khususnya satuan pendidikan yang lebih positif, efektif dan kondusif.
Tingkatkan Kualitas Guru yang Baik di Kabupaten Purwakarta
Sebelumnya saya bertugas di PAUD KB MELATI di Desa Cibatu yang sekarang sudah berganti nama menjadi KB Rumah Tumbuh dan TK Rumah Tumbuh.
Bergabung menjadi praktisi PAUD sejak tahun 2005 silam tentunya memiliki pengalaman dalam melayani anak usia dini dari berbagai macam karakter dan latar belakang anak usia dini.
Dibawah naungan Yayasan Wening Ati Pancaniti KB-TK Rumah Tumbuh berada, saya pribadi khususnya belajar dan terus belajar menjadi pamong / pengasuh / pendidik dan praktisi PAUD yang lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini di sekolah.
Mau belajar dan terus belajar dari berbagai metode pembelajaran dari manapun sekaligus mengkolaborasikan dan meneliti tahapan stimulasi aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini di satuan pendidikan.
Hasil yang didapatkan tidak melulu berupa hasil karya namun anak usia dini yang memiliki sikap dan karakter positif seperti mulai santun dan mengingatkan temannya, khususnya kita sebagai pendidik adalah hal yang utama.
Memiliki pengembangan sikap dan perilaku yang lebih baik setingkat jenjang anak usia dini adalah bonus bagi seorang pendidik, melalui rasa empatinya muncul ketika seorang guru melakukan 'Acting' pura-pura terjatuh, atau membawa setumpuk barang-barang mainan/APE.
Dengan melihat respon mereka sebagai peserta didik pasti akan terkesima sekali dengan berbagai ragam respon, seperti 'kenapa ibu?', 'boleh dibantu?' dan 'ibu hati-hati' juga lebih banyak lagi respon-respon lainnya.
Meskipun demikian banyak hal yang saya dapatkan, banyak hal yang saya pelajari dari peserta didik yang saya layani, kepada mereka seharusnya saya berterima kasih sudah memberikan pemahaman dan arti energi dan karakter positif yang dialami secara nyata, bukan hanya sekedar cerita.
Terima kasih IHF, terima kasih bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta sudah memfasilitasi kami semua  untuk terus lebih baik lagi dalam belajar meningkatkan kapasitas dan kualitas diri dan satuan pendidikan dalam melayani tumbuh kembang anak usia dini di sekolah.
Ini adalah awal kita mulai belajar secara daring selama enam bulan ke depan bersama IHF dalam WAG dengan sekolah kordinator, semua sekolah mitra mulai belajar Meningkatkan Kualitas Guru untuk Membangun Tumbuh Kembang dan Karakter Siswa PAUD/TK/RA dengan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter.
Salam Cinta Anak Usia Dini
Bale Pancaniti, 25 Oktober 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H