Jalur lembaga pendidikan formal
Disusun oleh :HANACE HELEMBO
1.. pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan keterampilan dan kebiasaan sekelompok
   Orang yg di turunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaranÂ
  Pelatihan atau penelitian, pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain tetapiÂ
  Juga memungkinkan secarah ototidak,
  Nomor 20 THN 2003 pasal 13 ayat 1 di nyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri dari
  Pendidikan formal non formal dan informal , apa itu jalur pendidikan ?
 Jalur pendidikan adalah wahana yang di lalui peserta didik untuk mengembangkan potensi
 Diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan,
 Berdasarkan undang undang sistem pendidikan nasional THN 1989 pendidikan di laksanakan dalem bentuk bimbingan pengajaran dan latihan,,
1,, yg pertama pendidikan formal merupakan pendidikan yang di selenggarakan di sekolahÂ
Sekolah pada umumnya menurut pasal 1 ayat 6 peraturan pemerintah nomor 17 THNÂ
 2010 tenang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan jalur pendidikan ini mempunyaiÂ
Jenjang pendidikan yang jelas mulai dari pendidikan dasar pendidikan menengah sampaiÂ
Pendidikan tinggi jalur pendidikan ini adalah yang paling umum dan sering di tempuh diÂ
Indonesia, mengingat sifatnya secara nasional baik internasional,
2,, pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat diÂ
   Laksanakan secara terstruktur dan berjenjang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan
   Peserta didik tertentu untuk mendapatkan informasi pengetahuan latihan dan
  Bimbingan sehingga mampu bermanfaat bagi keluarga masyarakat dan negaraPendidikan non formal paling banyak terdapat pada usia dini misalnya saja taman Â
  Pendidikan yang banyak terdapat di gereja selain itu ada juga berbagai kursus diÂ
 Antaranya kursus musik bimbingan belajar dan sebagainya,
 Pendidikan non formal adalah setiap kegiatan pendidikan yang terorganisasi yang diÂ
 Selengkarakan di luar sistem formal, baik tersendiri maupun merupakan bagian dariÂ
 Suatu kegiatan yang luas yang di maksudkan layanan kepada sasaran didik tertentu
 Dalam mencapai tujuan - tujuan belajar ,
3, jalar pendidikan informal merupakan jalur pendidikan keluarga dan lingkunganÂ
  Berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang di lakukan secara sadar danÂ
  Bertanggungjawab pendidikan ini biasa kita temui lewat sekolah rumah atauÂ
  Jg pusat kegiatan belajar mengajar terdapat beberapa alasa. Pemerintah menjagaÂ
  Pendidikan informal yaitu yang pertama pendidikan di mulai dari keluarga yang ke duaÂ
 Informal di undangkqn jg karena untuk mencapai tujuan pendidikan nasional di mulai dariÂ
 Keluarga ketika homesholing pendidikan formal tapi di laksanakan secara informal danÂ
 Yang ke empat anak harus didik dari lahir itulah pengertian mengenai pendidikan. FormalÂ
     Non formal dan informal anak anak,,
      Berbedaan antara formal non formal dan informalÂ
     pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah yang di peroleh secara teraturÂ
        Sistematis bertingkat atau berjenjang dan dengan mengikuti syarat- syarat yang
         Jelas  adapun beberapa karakteristik dari pendidikan formal adalah  yang keÂ
1: memiliki kurikulum yang jelasÂ
2: memberlakukan syarat tertentu bagi peserta didik
3: materi pembelajaran yang di gunakan bersifat akademisÂ
4: proses pendidikannya cukup lamaÂ
5: tenaga pengajar harus memenuhi klasifikasi tertentuÂ
6: penyelenggaraan pendidikan perasal dari pihak memerintah maupun suastaÂ
7: peserta didik mengikuti ujian formal
8: adanya pemberlakuan administrasi yang seragam
9: kredensial ijasa dan sebagainya pendidikan yang lebih tinggiÂ
Â
 Yang ke dua pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang di mana ruang lingkupnya adalah masyarakat adapun beberapa karakteristik pendidikan non formal antara lainÂ
 1: pertujuan memperoleh keterampilan yang segera akan di pergunakan pendidikan nonÂ
   Non formal menegakkan pada belajar yang fungsional yang sesuai dengan kebutuhanÂ
   Dalam kehidupan peserta didikÂ
2: berpusat pada peserta didik dalam pendidikan non formal dan belajar mandiri peserta didikÂ
   Adalah pengambilan inisiatif dan mengontrol kegiatan belajar
3: waktu penyelenggaraanya relatif singkat dan pada umumnya tidak perkesinambunganÂ
4: menggunakan kurikulum kafetaria kurikulum bersifat fleksibel di musyawarahkan secaraÂ
   Terbuka dan banyak
5: di tentukan oleh peserta didik mengunakan metode pembelajaran yang partisipasi belajar
   MandiriÂ
6: hubungan pendidikan dengan peserta didik dengan bersifat mendatar hubungan di antaraÂ
   Kedua pihak bersifat informal dan akrap peserta didik memandang fasilitator sebagaiÂ
   Nara sumber dan bukan sebagai instruktur
7:   mengingat sumber sumber untuk  pendidikan sangat langka,  maka di usahakan  sumber
Sumber lokal di gunakan seoptimal mungkin,
8: gredensial umumnya kurang memekang peran penting terutama bagi penerimaanÂ
   Siswa,
9: pendidikan informal merupakan jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk
    Kegiatan belajar secara mandiri yang di lakukan secara sadar dan bertanggung jawab
     Adapun beberapa karakteristik pendidikan informal antara lainya,
1: dapat di selenggarakan di mana saja khususnya pada lingkungan keluarga
2: tidak terdapat persyaratan khusus yang harus di lengkapi
3: peserta didik tidak perlu mengikuti ujian tertentuÂ
4: proses pendidikan di lakukan oleh keluarga dan lingkungan
5: tidak terdapat kurikulum tertentu yang harus di jalankan
6: tidak terdapat jenjang dalam proses pendidikan nyaÂ
7: proses pendidikan di lakukan secara terus menerus tambah mengenalÂ
    Ruang dan waktuÂ
8: orang tua merupakan guru bagi anak didik
9 : tidak dapat manajemen yang jelas dalam proses pembelajaran
10: tidak perlu adanya kredensial,
Itulah perbedaan pendidikan formal non formal dan informal ,
    Â
 Â