Mohon tunggu...
Hamzah AliSekhan
Hamzah AliSekhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fotografi dan Videografi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Media Sosial dalam Promosi Pariwisata

16 Mei 2024   02:08 Diperbarui: 16 Mei 2024   02:39 580
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh : Hamzah Ali Sekhan 422231085

(Mahasiswa Destinasi Pariwisata, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga)

"Siapa sih yang ga suka dengan berwisata??" 

Berwisata atau healing adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh seseorang yang jenuh dengan pekerjaannya, termasuk mahasiswa. Mahasiswa juga cenderung menyukai berwisata atau healing dikarenakan postingan media sosial yang unik. Postingan media sosial tentang branding wisata atau jalan - jalan cenderung sangat memikat hati para mahasiswa. Mari kita bahas kenapa pentingnya media sosial dalam promosi wisata mahasiswa.

Media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam industri pariwisata. Berbagai faktor membuat media sosial penting, mulai dari jumlah pengguna, interaksi dan komunikasi yang mudah, hingga keberadaan fitur iklan yang membantu lebih luas target pasar. Media sosial dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti promosi tempat wisata, mengiklankan produk dan layanan, serta membantu tempat wisata dalam berinteraksi dengan pelanggan potensial.

Dalam industri pariwisata, media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan tempat wisata digital, mengiklankan produk dan layanan, serta membantu tempat wisata dalam berinteraksi dengan pelanggan potensial. Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi pariwisata dapat menjadi pilar utama dalam menyampaikan informasi dan meningkatkan daya tarik bagi para konsumen untuk ke tempat wisata.

Aplikasi media sosial apa saja yang sangat mempengaruhi hati mahasiswa dalam berwisata??

  • Instagram 

Siapa sih yang ga tau tentang Instagram ini? Aplikasi yang sering digunakan oleh kalangan gen Z untuk mencari atau melihat video menarik di fitur Reels di Instagram ini. Mari kita bahas kelebihan dan fitur Instagram dalam promosi pariwisata berikut : 

Kelebihan 

  1. Visual yang Menarik

Instagram adalah platform berbasis gambar dan video, sehingga sangat efektif dalam menampilkan keindahan destinasi pariwisata. Gambar-gambar yang menarik dapat menarik perhatian mahasiswa dan mendorong mereka untuk ingin mengunjungi tempat tersebut.

  1. Pemilihan Target yang Tepat

Dengan fitur targeting yang canggih, pengiklan dapat menargetkan iklan mereka secara spesifik kepada pengguna Instagram yang sesuai dengan profil mahasiswa, seperti usia, minat, dan lokasi geografis.

Fitur 

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto dan video yang bersifat sementara selama 24 jam. Fitur ini sangat cocok untuk promosi pariwisata karena pengguna dapat menambahkan musik, teks, lokasi wisata, atau tautan ke dalam Stories mereka untuk memungkinkan interaksi yang lebih besar dengan audiens. Hal ini dapat digunakan untuk mengundang mahasiswa untuk berpartisipasi dalam jajak pendapat atau memilih tujuan perjalanan selanjutnya.

  • Tiktok

Apalagi TikTok, pasti semua orang tahu aplikasi ini, dari anak kecil sampai ibu - ibu pun menggunakannya. TikTok adalah aplikasi yang sudah pasti semua tahu bagi kalangan Gen Z. Aplikasi mudah yang tinggal nge-swipe saja sudah bisa menonton video secara mudah dan efektif. Kita bisa mengetahui destinasi wisata apa saja yang ada di dunia ini. Ayooo kita bahas kelebihan dan fitur dari TikTok dalam promosi pariwisata ini.

Kelebihan

  1. Fokus pada Video Pendek

TikTok merupakan platform yang didominasi oleh video pendek dengan durasi maksimal 60 detik. Fitur ini memungkinkan destinasi pariwisata untuk dipromosikan dengan cara yang kreatif dan menarik, sehingga dapat menarik perhatian pengguna dengan cepat.

  1. Penyebaran Konten yang Kuat

TikTok menggunakan algoritma yang canggih untuk menyebarluaskan konten yang menarik secara organik. Video promosi pariwisata yang menarik perhatian memiliki potensi untuk menjadi viral dengan cepat mencapai audiens yang lebih luas di seluruh dunia.

Fitur 

  • Hashtags

Penerapan: Ciptakan hashtag unik untuk kampanye atau gunakan hashtag yang sudah populer untuk meningkatkan visibilitas konten terkait destinasi.

  • TikTok Ads

Menggunakan iklan in-feed untuk menunjukkan keindahan destinasi atau pengalaman unik yang ditawarkan, menarik minat pengguna untuk berkunjung.

  • Short Video

Format video pendek TikTok sangat cocok untuk menangkap perhatian cepat pengguna, ideal untuk memperkenalkan destinasi dengan klip yang menarik dan efektif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun