Sertifikat elektronik yang selanjutnya disebut sertifikat-el adalah sertifikat yang diterbitkan melalui Sistem Elektronik dalam bentuk Dokumen Elektronik. Dan juga Sertifikat elektronik merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para Pengusaha Kena Pajak (PKP).Â
Secara sederhana, sertifikat tersebut adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan identitas atau status subjek hukum para pihak yang ada di dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh DJP atau penyelenggara.
Pengertian ini dapat Anda temukan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor : PER-04/PJ/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Administrasi Nomor Pokok Wajib Pajak, Sertifikat Elektronik, dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Dalam dunia perpajakan, sertifikat ini merupakan identitas wajib pajak yang dikeluarkan DJP.
Langkah pertama - Â Anda harus mebuka google drive dengan akun anda jika anda belum memiliki akun maka buatlah akun gmail anda.
Langkah kedua - Â Â Â Buatlah folder khusus untuk sertifikat anda.
Langkah Ketiga -    Buatlah Forum Baru Dengan memasukan sesuai yang di perlukan saja Pada setifikat yang ingin anda buat Ambil saja                      Data email dan nama dan juga Pekerjaan yang ada di Responden.
Langkah Keempat -Setelah itu Coba Anda mengisi satu data  Untuk contoh saja dan anda masuk ke dalam tab Responses setelah itu klik                       spreadsheet pada gambar hijau di sebelah kanan agar nanti otomatis terbuatnya file pada folder setifikat Sebagai                          tempat data Responden.
Langkah Kelima -   Selanjutnya  Yaitu Upload file template sertifikat Yang telah anda bikin pada langkah kedua tadi  ke folder sertifikat
Langkah keenam -  Buka file docx yang anda upload tadi kemudian klik file - save as google docs, setelah itu Lanjutkan dengan                               memasukan Tag Nama lengkap yang ada di sertifikat.
Langkah Ketujuh -  Pengetikan TAG pada template sertifikat harus sama dengan input data pada google form, pada google form saya                       buat Memasukan data Nama Lengkap, maka TAG yang dimasukan pada template sertifikat adalah <>. Hal ini perlu diperhatikan, agar setiap sertifikat yang dibuat memiliki data nama yang berbeda-beda,                       sesuai dengan data yang di inputkan responden pada google form.
Langkah Kedelapan- Instal autocrat terlebih dahulu setelah selesai menginstal buka menggunakan akun email anda seperti anda                               membuka akun google drive di langkah pertama tadi.
Langkah Kesembilan - Setelah plugins AutoCrat berhasil di install, tahapan selanjutnya adalah melakukan konfigurasi untuk                                   sertifikat online, lalu buka file spreadsheet klik menu Add-ons - AutoCrat - Open lanjut dengan klik New Job                           kemudian isi Job name sesuai dengan keinginan anda contoh "Sertifikat Online" Klik Next lalu pilih template                           dari Drive pilih file template yang telah anda buat sebelumnya, klik Select pada bagian Map source data to                              template pilih Form Responses 1 kemudian klik Next setelah itu pada bagian File Setting isi File name dengan                           nama Sertifikat <>.
Langkah kesepuluh -  Pada bagian Choose destination folder(s) klik saja Next, lalu Pada bagian Add dynamic folder reference                                 (Optional) klik saja Next setelah itu Pada bagian Set merge condition (Optional) Klik saja Next Kemudian Pada                          bagian Share docs & send emails anda harus melakukan pengaturan untuk : nanti bakal ada tulisan Share doc ?                         ketik yes, Share doc as pilih ketik pdf, Allow collaborators to re-share Ketik yes, Send form generic no - reply                           address ketik yes.
Langkah kesebelas - Pada bagian Add/remove job triggers anda atur yes untuk Run on from trigger dan No untuk Run on timer triger. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â lalu Pada bagian Existing Jobs klik tombol play, Nanti bakal muncul kayak gini :
                     -Merge Doc ID.....
                     - Merge Doc URL...
                     - Link To Merged Doc...
                     - Document Merge Status...
Langkah Terakhir - Lakukan pengecekan di google drive pada folder Sertifikat, seharusnya sudah ada file Sertifikat dalam format pdf, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â begitupun pada email responden akan terkirim berikut attachment sertifikat dalam file pdf.
Sekian Dari Saya Terima Kasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H