Pada masa lalu, di setiap pintu keluar rumah makan padang tertulis  kurang lebih "Bila anda puas katakan kepada kawan, bila anda tidak puas katakan kepada kami". Sebuah closing marketing yang sangat bagus, memberikan kesempatan pelanggan memberikan penilaian atau kepuasan pelayanan dan kenikmatan.Â
Makna pernyataan tersebut menunjukkan bahwa setiap manusia berkecenderungan untuk disampaikan kepada khalayak tentang kebaikan. Sedang kejelekan atau kekurangan  cukup dirinya dan orang-orang tertentu yang boleh tahu.
HUJAT SECARA PERSONAL PUJI SECARA MASAL
Sebenarnya pernyataan hujat secara personal dan puji secara masal adalah konsep kepemimpinan, bagaimana seorang pemimpin memperlakukan bawahannya, cara yang elegan untuk memberi saran dan kritik serta memberi penghargaan.Â
Cara tepat berkomunikasi dengan anak buah, akan menghasilkan hubungan harmonis di lingkungan kerja dan dapat meningkatkan produk. Kewenangan atau otoritas pimpinan tidaklah harus dilakukan secara otoriter atau semena-mena, harus mengedepankan sisi humanis, karena karyawan juga manusia.
Sama halnya di bidang bisnis, seseorang tidak ingin produk-produknya sampai ke telinga publik hanya  tentang kekurangan atau kejelekannya saja, bila memungkinkan tutup rapat-rapat bau busuknya. Sebaliknya aroma yang diharapkan adalah seperti minyak wangi yang harum semerbak, seperti bunga melati.
Komunikator yang baik adalah memahami tentang t3mpat (ruang) dan waktu. (Sebagaimana teori 5 Wn1 H)
ANGKAT KEHORMATAN ORANG LAIN
Kunci komunikasi yang efektif adalah meletakkan komunikan atau orang yang diajak bicara sebagai orang yang terhormat, ditinggikan statusnya, apalagi posisinya yang bersangkutan memiliki otoritas atau menentukan nasibnya.Â
Seperti halnya pelaksanaan akreditasi kunci pokok hasilnya adalah penilaian (verivikasi) asesor setelah melakukan  visitasi, di samping data dan fakta yang disajikan pihak lembaga.
Mempertahankan kesalahan (pendapat) dengan perbedaan fakta yang tersaji adalah kebohongan yang diperjuangkan. Maka kejujuran menjadi kunci utama komunikasi dengan orang yang mempunyai otoritas atau penentu kebijakan.
Dalam akreditasi atau penilaian-penilaian lainnya, pihak yang dinilai ingin mendapatkan pujian sempurna dan tidak menghendaki terungkapnya kekurangan. Sisi lain asesor harus obyektif dan tidak dalam tekanan.
Siapapun yang sedang dinilai selalu ingin mendapatkan terbaik dengan usaha maksimal, dan tidak kalah menegangkan adalah ketika sedang berhadapan dengan asesor, semua yang dipersiapkan dan ditata rapi hilang ingatan, karena stres.
Dunia pendidikan, adalah bagian penguat sendi bangsa dan karakter anak bangsa karenanya perlu ada penialian yang outentik dari proses yang sesuai dengan standar operasional prosedurnya. Sehingga hasil yang diperoleh sangat selaras, karena hasil tak pernah mengingkari proses.
Secara berkelakar kami menyampaikan kepada tim asesor bu Ruly dan Bu Eky "Bila ada yang tidak baik sampaikan kepada kami dan akan kami perbaiki segera, bila menemukan kebaikan masukkan nilai" pernyataan ini diamini dan dibetulkan oleh hadirin.
Akreditasi Taman Kanak-Kanan (TK) Quba (Qur'an Bahrusysyifa) atau populer  dengan sebutan TKNTAAM QUBA Lumajang melaksanakan akreditasi, pada hari Jumat tanggal 5 Mei 2023. Pesan kami kepada tim TK "jujurlah, karena asesor akan senang, bila berbohong semakin membuat situasi tidak nyaman". Akreditast, adalah memotret, maka berposelah secantik mungkin
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H