Mohon tunggu...
hamdani kurniawan
hamdani kurniawan Mohon Tunggu... Freelancer - aku adalah manusia

jejak pikiran

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bonus Demografi di Indonesia

29 Januari 2020   20:21 Diperbarui: 29 Januari 2020   20:17 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejarah menyatakan bahwa pemuda adalah salah satu pilar terwujudnya  kemerdekaan di Indonesia, Termasuk peranan pentingnya dalam menciptakan perdamaian dunia. Golongan muda Indonesia  menjadi aktor penting dalam  membangun ide keindonesiaan merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan.  

Ide tentang perdamaian dunia muncul karena situasi global dunia  sedang dilanda pertarungan besar 2 negara adikuasa yang menamai dirinya sebagai blok barat dan blok timur. Sedangkan di sisi lain terdapat negara-negara yang ingin bebas  terhadap pengaruh pengaruh dan intimidasi dari negara adikuasa seperti Indonesia, India, Mesir dll. 

Negara-negara yang dianggap sebagai negara ke 3  ingin menciptakan satu kekuatan baru, dalam upaya melepaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme dalam bentuk apa pun. 

Indonesia berhasil menjadi salahsatu pelopor terselenggaranya Konferensi Asia Afrika di Bandung,  yang melahirkan Spirit Of bandung memberikan semangat negara-negara yang ada di Asia dan Afrika untuk melepaskan diri dari belenggu kolonialisme dan imperialisme. 

Semua itu tidak lepas dari peran pemuda Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian dunia. Terciptanya Dasasila Bandung mempunyai aroma pekat mengenai Humanisme, Persatuan, Perdamaian, Keadilan dan Soliditas. 

Titik tolaknya berasal dari penghargaan terhadap hak-hak setiap manusia.  Kebebasan manusia adalah anugrah terbesar yang diberikan tuhan kepada manusia. 

Kebebasan untuk hidup berpendapat kedamaian dan keadilan adalah hal yang fundamental  dan negara wajib menjaga itu.  Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia harus lepas dari pemaksaan politik atau  benturan kepentingan dunia internasional. Nilai-nilai kemanusiaan adalah urat nadi dasasila.  

Krisis kemanusiaan disebut sebagai krisisi yang yang paling berbahaya di dunia. Sebab manusia yang kehilangan nilai-nilai kemanusiaan dalam dirinya mampu melaksanakan tindakan-tindakan yang destruktif yang dapat menyakiti  dan membahayakan orang lain tanpa rasa bersalah. 

Korupsi, Pembunuhan, pembantaian, terorisme, pembakaran Hutan adalah beberapa contohnya. Dibandingankan dengan krisiskrisis yang lain, krisis kemanusiaan adalah krisis yang paling mengancam peradaban manusia. 

Nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, perdamaian, persatuan menjadi hal yang utopis jika krisis kemanusiaan masih tetap berlangsung. Bahwa krisis peradaban manusia berasal dari krisis kemanusiaan.

Demi mendulang dan mengejar pertumbuhan ekonomi, manusia dibombardir oleh semangat materialisme dan konsumerisme dengan mengindahkan esensi kemanusiaan yang sudah jelas tidak sejalan dengan nilai-nilai spritual agama apapun.  

Arus modernisasi yang berisi sains dan teknologi hanya menjadi alat untuk mengeksploitasi. Di indonesia dengan pertumbuhan industri yang besar saat ini bermasalah dengan teknologi pendaur ulangan limbah , efeknya adalah pencemaran lingkungan. 

Kejahatan yang kian meningkat baik dikalangan elit negara ini dengan kasus korupsi, pertengkaran dimasyarakat, ujaran kebencian, berita hoax, dan banyak penyakit kemanusiaan lainnya. Semua hal tersebut berdampak buruk terhadap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dalam sektor manapun, karena nilai kemanusian kita yang sudah mulai luntur dan menipis kita ketahui, pahami, dan lakukan dalam setiap gerak aktivitas kehidupan.  

Di sisi lain hari ini sudah memasuki pasar bebas, dimana persaingan negara sudah terbuka dan indonesia kian tertinggal. Kedepan kita akan menghadapi bonus demografi yang kita harus mempersiapkan banyak hal agar bonus demografi mempunyai dampak yang positif terhadap pembangunan dan kemajuan negara Indonesia.

Dan hari ini ada hal yang sangat substansial yang harus kita benahi, yaitu perihal nilai-nilai kemanusiaan, yang dahulu kita berjaya sebagai pelopor gerakan non blok, menyelenggarakan KAA di Bandung dan melahirkan dasasila bandung.   Esensi Dasasila Bandung mengandung nilai-nilai yang hari ini menjadi bias. 

Nilai kemanusiaan, keadilan, persatuan bias sebab gelombang moderanisasi. Dasasila Bandung harusnya menjadi pengingat sekaligus teguran bagi kita semua bahwa hari ini kita sedang mengalami krisis kemanusiaa. Atas dasar semua itulah maka BADKO HMI Jawa Barat berkeinginan untuk kembali menggaungkan Spirit Dasasila ban

Mahasiswa adalah bagian dari sturuktur yang berpengaruh terhadap perubahan sosial.  Peran mahasiswa sebagai agent of change menjadi tanda bahwa mahasiswa adalah alat pendistribusian kritik dari rakyat kepada pemerintah. salah satu sifat mahasiswa yang paling penting yaitu Konstruktif.  

Mahasiswa biasa disebut sebagai orang yang mempunyai kapasitas intelektual yang berfungsi penerang bagi orang-orang yang berada di kegelapan. Konsep Rushan Fikr menurut Ali Syariati memberikan 2 makna, yaitu intelektual dan "Nabi" Sosial.  Rushan Fikr menurutnya adalah individu-individu yang memiliki tanggung jawab dan misi sosial.  Selanjutnya Syariati menerangkan bahwa mereka adalah orang yang sadar akan keadaan manusia, mereka mengajarkan kebenaran dan menentang kedzaliman. 

Mereka juga sebagai manusia yang sadar akan adanya pertentangan sosial dengan sebenarnya, mengetahui kebutuhan-kebutuhan zaman dan generasinya, menerima tanggung jawab untuk memberi solusi dalam upaya membentuk dan mendefiniskan cita-cita dan tujuan bersama, mereka ikut serta dalam menggerakkan dan mendidik masyrakatnya yang statis dan bodoh. 

Dengan kata lain orang yang tercerahkan masa kini harus melanjutkan langkah yang telah dirintis oleh para nabi Selanjutnya mahasiswa sebagai Rushan Fikr mempunyai tanggung jawab dan peranan-peranan para nabi. 

Mahasiswa harus menciptakan semboyan-semboyan baru, memproyeksi pandangan-pandangan baru, memulai gerakan-gerakan baru dan energi-energi baru yang bisa masuk kedalam jantung kesadaran masyarakat. Negara adalah salah satu faktor penentu terciptanya kebaikan bersama. 

Pada umumnya negara dipandang memiliki kewenangan yang sah untuk mempertahankan sistem dominasi  sosial. Negara merupakan alat dari masyrakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat. 

Sebagai komponen terciptanya kebaikan bersama , kebaikan bersama itu haruslah bertumpu kepada pengahargaan terhadap hak-hak mereka sebagai manusia. Negara mempunyai peran sebagai pencipta kedamaian serta keadilan sesama manusia.

 Paham Humanisme selalu disangkut pautkan dengan hak hak manusia serta keperimanusiaan. Humanisme sendiri di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti aliran yang bertujuan menghidupkan rasa perikemanusiaan dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik. 

Dalam kehidupan sehari-hari kita diatur oleh undang undang yang bernama Pancasila. Pancasila mengatur bagaimana humanisme bisa berlangsung di kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pancasila tidak hanya mengatur badan-badan milik negara saja, bahkan setiap masyarakat yang berada di Indonesia harus mematuhi aturan tersebut. Di dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia, kita tidak pernah lepas dari  perbedaan di masyarakat.     

Untuk menciptakan nilai humanisme maka harus ada nilai-nilai yang harus ditanam disetiap benak masyarakat.  Kebebasan berpendapat , menghargai hak-hak setiap manusia, mendapatkan keadilan adalah bagian dari paham Humanis yang disemai dalam pikiran manusia. 

Humanisme perlu dimiliki untuk dapat menghormati perbedaan karena perbedaan adalah Sunnatullah. Teori-teori humanistik merupakan suatu teori yang bertujuan memanusiakan manusia. Artinya perilaku tiap orang orang ditentukan oleh tiap individu. Humanisme muncul dengan misi menempatkan dan memandang manusia sebagai makhluk yang merdeka dan unik dengan berbagai potensi yang dimilikinya. Sistem demokrasi dianggap pelopor tegaknya nilai-nilai ini dalam sebuah negara. 

Kitab Suci Al-Qur'an banyak menyebutkan masalah keadilan itu dalam berbagai konteks. Selain perkataan adil (Arab; ad'l) untuk makna keadilan kitab suci juga menggunakan qisth dan wasth. Para ahli tafsir juga ada yang memasukan sebagian dari pengertian Mizan  kedalam pengertian a'dl. Semua pengertian berbagai kata-kata itu bertemu dalam suatu ide umum sekita "sikap tengah yang berkeseimbangan dan jujur."

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun