Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jangan Menjadikan Hari Kartini Sebatas Hafalan dan Tradisi

29 April 2021   19:55 Diperbarui: 29 April 2021   19:59 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi(KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Saya mengira peringatan hari Kartini akan berbeda di tahun ini. Ternyata, anggapan saya keliru. Hari Kartini tetap menjadi tradisi yang identik dengan tahun-tahun sebelumnya.

Gunawan (bukan nama sebenarnya), salah seorang murid les yang berstatus siswa kelas enam SD yang sebentar lagi menyandang predikat baru sebagai peserta didik di kelas VII SMP, mendapat pesan singkat WA dari guru kelasnya (tentu saja guru kelas VI di SD) pada hari Senin malam, 19 April 2021.

Ada lomba dalam rangka memperingati hari Kartini. Dan seperti yang sudah saya sangka, salah satunya adalah lomba dimana peserta didik berpakaian daerah kemudian memfoto diri, lalu foto dikirim ke guru untuk dinilai.

Lebih lengkapnya, berikut adalah informasi tentang berbagai lomba dalam rangka memperingati hari Kartini di salah satu SD swasta di Samarinda dimana Gunawan bersekolah.

Informasi tentang berbagai lomba untuk memperingati hari Kartini di salah satu SD swasta di Samarinda | Dokumentasi Pribadi
Informasi tentang berbagai lomba untuk memperingati hari Kartini di salah satu SD swasta di Samarinda | Dokumentasi Pribadi
Secara pribadi, saya menganggap lomba-lomba tersebut sah-sah saja untuk dilakukan, namun terasa seperti tradisi dimana hari Kartini pasti selalu identik dengan pakaian daerah.

Untuk puisi, menurut saya, itu sudah bagus. Lomba menulis biografi Kartini, ada catatan tersendiri di benak saya. Lomba berpakaian daerah? Seperti kebiasaan rutin yang seakan-akan tidak bisa lepas dari peringatan hari Kartini.

Saran untuk Sekolah

Tidak ada maksud untuk menyerang kebijakan adanya lomba berpakaian daerah dalam rangka peringatan hari Kartini. 

Dalam hal ini, izinkan saya memberikan saran untuk sekolah-sekolah dimana pun berada, bukan hanya SD dimana murid les saya, Gunawan, bersekolah.

Ada 3 (tiga) saran dari saya untuk sekolah berkenaan dengan peringatan hari Kartini di masa yang akan datang.

1. Jangan selalu mengaitkan hari Kartini dengan pakaian daerah

Saya jadi ingat dengan pengalaman dua puluh tahun mengabdi sebagai guru di berbagai sekolah. Peserta didik berpakaian daerah di hari Kartini.

Apa hubungannya hari Kartini dengan berpakaian daerah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun