Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

3 Hal Menarik yang Bisa Kita Petik dari Lagu "Ayo Mama"

27 Maret 2020   15:34 Diperbarui: 27 Maret 2020   15:40 432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : www.centralfloridalifestyle.com

"Itu lagu apa, Pak?"

Saya kaget waktu mendengar pertanyaan dari salah satu murid les saya, sebut saja Dewi, setelah saya memainkan lagu "Ayo Mama" dalam versi fingerstyle di gitar saya (masih belum lancar waktu itu). Dia murid kelas enam SD, dan selama bersekolah, dia tidak pernah mendengar lagu ini dipelajari di sekolah! 

Begitu juga dengan beberapa murid saya yang lain. Mereka tidak pernah menyanyikan dan guru-guru mereka tidak pernah mengajarkan lagu "Ayo Mama" di sekolah! 

Mungkin kasus ini hanya ada di beberapa sekolah dimana murid-murid les privat saya belajar. Saya harap tidak terjadi di sekolah-sekolah lain, karena sangat disayangkan kalau anak hanya disuruh menghafal nama-nama lagu daerah dan asalnya, tapi tidak menyanyikan lagu-lagu tersebut! 

Saya pernah menanyakan judul lagu dari video di bawah ini, tapi ada beberapa anak murid yang tidak tahu judul lagunya! 

Saya berharap, semoga Pak Nadiem Makarim, mendikbud kita saat ini, bisa sesegera mungkin merombak total kurikulum yang ada sekarang, sehingga jangan hanya berpusat pada aspek kognitif saja, tapi juga aspek afektif dan psikomotor. Dalam teori, ketiga aspek dilibatkan, tapi dalam praktik di lapangan tidak seperti teori yang dituangkan.

Kembali ke topik awal, kebetulan saya melihat permainan gitar fingerstyle dari Bapak Ari Hakim di Youtube, dan video permainan gitar beliau yang berjudul "Ayo Mama" menarik perhatian saya.

Beliau menyertakan link partitur atau aransemen dalam bentuk gitar fingerstyle di caption-nya. Saya jadi tertarik untuk memainkan lagu ini di gitar kesayangan.

Dari bulan Januari 2020, saya mempelajari, berlatih, memainkan, dan akhirnya, pada awal Maret 2020, setelah merekam videonya, saya memberanikan diri mengunggah di Youtube, meskipun saya akui, banyak sekali kekurangan dalam penjarian dan pemetikan dawai gitar. Namun, tak apa. Seiring waktu, saya akan meningkatkan kemampuan gitaran saya ^_^.

Hasil latihan gitaran lagu "Ayo Mama" dapat Anda tonton di bawah ini ^_^.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun