Mohon tunggu...
Halo Diarahma
Halo Diarahma Mohon Tunggu... Administrasi - avid reader

A Journey of a thousand miles begins with a single step, with write

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Penting untuk Mengembangkan Karier! Ini 10 Cara Membangun Hubungan Akrab dengan Atasan di Tempat Kerja

30 Oktober 2023   18:08 Diperbarui: 30 Oktober 2023   18:32 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : freepik.com

Di tempat kerja, hubungan yang baik dengan atasan bisa menjadi faktor kunci untuk sukses dalam perjalanan karirmu. 

Ketika kamu memiliki hubungan yang akrab dan positif dengan atasan, kamu dapat lebih mudah bekerja sama, memahami harapan mereka, dan memperoleh dukungan yang diperlukan.

Lantas bagaimana cara membangun hubungan yang akrab dengan atasan di kantor?

Lewat artikel ini, akan dibahas tips menjalin hubungan akrab dengan atasan di tempat kerja.

Berikut 10 cara yang bisa kamu terapkan.

1. Miliki Pola Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang baik adalah pondasi dari setiap hubungan yang sukses, termasuk hubungan dengan atasan kamu di kantor. Cobalah untuk selalu berkomunikasi secara jelas dan efektif. Dengarkan dengan baik ketika atasan sedang berbicara, ajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami. Jika diperlukan berikan umpan balik yang konstruktif. Ketika kamu berbicara, pastikan pesan yang ingin kamu utarakan mudah dimengerti dan relevan dengan pekerjaan yang tengah dikerjakan.

2. Jadilah Proaktif

Atasan cenderung akan menghargai ketika kamu proaktif dalam pekerjaan yang tengah dilakukan. Ini berarti kamu tidak hanya menunggu instruksi, tetapi juga mengambil inisiatif untuk mencari tugas tambahan atau menyelesaikan masalah tanpa harus diminta. Ketika kamu menunjukkan keinginan untuk membantu dan memberikan kontribusi lebih, ini akan membantu membangun hubungan yang kuat dengan atasan. Namun jangan lakukan secara berlebihan. Jadilah proaktif tanpa harus menjatuhkan orang lain.

3. Coba Pahami Prioritas Atasan

Setiap atasan memiliki prioritas dan tujuan yang berbeda. Cobalah untuk memahami apa yang benar-benar penting bagi atasan. Ini bisa mencakup tugas-tugas yang harus diselesaikan, target yang harus dicapai, atau bahkan masalah yang sedang dihadapinya. Dengan memahami prioritas atasan, kamu dapat lebih efektif dalam membantu mereka mencapai tujuannya.

4. Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Tempat Kerja

Seringkali, kita memiliki masalah pribadi yang dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku kita di tempat kerja. Penting untuk memisahkan masalah pribadi dari pekerjaan. Jangan membawa emosi atau ketegangan dari rumah ke tempat kerja. Ini akan membantu kamu tetap fokus dan profesional dalam berinteraksi dengan atasan maupun rekan kerja di kantor.

5. Tawarkan Solusi, Bukan Hanya Masalah

Ketika kamu  menghadapi masalah atau tantangan di tempat kerja, cobalah untuk tidak hanya melaporkan masalah tersebut kepada atasan. Sebaliknya, tawarkan solusi yang kamu pikir dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Atasan akan menghargai sikap konstruktif dan melihat kamu sebagai seseorang yang berpikir kritis.

6. Hormati Waktu Mereka

Waktu adalah sumber daya yang berharga di tempat kerja. Selalu datang tepat waktu untuk pertemuan atau tugas yang diberikan oleh atasan. Selain itu, hindari mengganggu mereka tanpa alasan yang penting. Hormati waktu mereka dan pastikan bahwa kamu menghargai keterbatasan waktu yang mereka miliki.

7. Berikan Pengakuan dan Apresiasi

Setiap orang suka dihargai. Jangan ragu untuk memberikan pengakuan dan apresiasi kepada atasan ketika mereka mencapai sesuatu atau memberikan bimbingan yang berarti bagi kamu. Hal ini juga akan bisa membantu memperkuat hubungan antara kamu dengan atasan. Jika sudah begini, atmosfer yang tercipta di tempat kerja pun jadi lebih positif.

8. Jaga Profesionalisme

Meskipun kamu memiliki hubungan yang akrab dengan atasan, penting untuk tetap menjaga batas-batas profesional. Hindari terlalu banyak berbicara tentang urusan pribadi atau masalah di luar pekerjaan. Pertahankan etika kerja yang tinggi dan tetap fokus pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu.

9. Terus Belajar dan Berkembang

Jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengembangkan diri. Atasan akan menghargai upaya kamu untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Ini juga dapat membantu kamu menjadi pribadi yang lebih berharga.

10. Jadilah Konsisten

Konsistensi dalam berperilaku dan kinerja akan sangat penting di lingkungan kerja profesional. Dengan tetap konsisten dalam berperilaku dan kinerja, atasan tahu bahwa mereka dapat mengandalkan kamu dalam jangka panjang.

Membangun hubungan akrab dengan atasan di tempat kerja adalah investasi yang berharga dalam perjalanan karir seseorang.

Tentu saja hubungan yang baik dengan atasan akan membantu kamu meraih kesuksesan dalam berkarir.

Diharapkan dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membangun hubungan yang lebih baik, kuat dan saling menguntungkan dengan atasan di kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun