Mohon tunggu...
Halia Umayah
Halia Umayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang sedang belajar di semester 3. Saya lulusan SMK dengan jurusan Teknik Komputer dan jaringan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Marketing Mix 4P untuk Meningkatkan Bisnis dengan Menggunakan Sosial Media

7 November 2023   20:38 Diperbarui: 14 November 2023   13:27 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDAHULUAN 

Banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan bisnis, baik mahasiswa, ibu rumah tangga hingga karyawan dan modal sering menjadi alasan utama batalnya niat untuk memulai usaha. Padahal dalam merintis sebuah usaha tidak sepenuhnya bergantung pada aspek permodalan karena pada kenyataannya banyak orang memiliki modal namun bingung untuk menetukan investasi yang akan dijalani dalam dunia kewirausahaan.

Kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta berani menaggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan hasil karya tersebut. Keberanian mengambil resiko sudah menjadi milik seorang wirausahawan karena ia dituntut untuk berani dan siap jika usaha yang dilakukan tersebut belum memiliki nilai perhatian di pasar.

Peter F. Drucker dalam Kasmir mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Olehnya modal bukanlah jadi penghambat seseorang dapat menjalankan sebuah usaha, dengan membangun bisnis.

Dalam melakukan bisnis seseorang dapat memiliki tujuan untuk mencapai laba, di era teknologi ini pembisnis bias memanfaatkan fasilitas promosi menggunakan social media untuk meningkatkan bisnis. Dalam penggunaan social media setiap kalangan pasti memiliki maka kita dapat mempromosikan bisnis kita dengan luas ke setiap kalangan.

Menurut Kotler Armstrong (1997), pengertian marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Unsur di dalamnya meliputi 4P yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi yang kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan.

PEMBAHASAN

Sesuai dengan pernyataan menurut Kotler, bauran pemasaran adalah strategi yang terdiri dari empat elemen utama yaitu produk (Product), harga (Price), tempat (Place) dan promosi Promotion).

Konsep bauran pemasaran terdiri dari empat unsur utama yaitu produk, harga, promosi dan tempat (distribusi). Semua elemen bauran pemasaran, yang dikenal sebagai 4P, saling terkait dan bila digabungkan akan menghasilkan strategi pemasaran yang efektif.

Dengan demikian, tujuan penggunaan strategi bauran pemasaran adalah untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Dengan berfokus pada elemen pemasaran 4P, perusahaan juga dapat merespon dan keinginan konsumen dengan lebih baik.

Misalnya, suatu perusahaan dapat mengembangkan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, kemudian mengiklankan produk tersebut dengan cara yang menarik dan efektif serta mendistribusikannya melalui saluran yang tepat.  Dengan mengadaptasi dan mengoptimalkan setiap elemen, suatu merek dapat meningkatkan daya saingnya dan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Product (Produk)

Produk mengacu pada barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Unsur ini juga dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik dalam bentuk jasa, barang, atau produk virtual. Di era digital, Tidak hanya barang dan jasa, bisa mendapatkan peluang besar untuk menawarkan produk virtual seperti membuat artikel, website, aplikasi, dan sebagainya. Yang perlu Anda ingat dalam membuat suatu produk adalah Anda perlu membuat produk tersebut sesuai dengan target pasar Anda. Inilah mengapa Anda perlu melakukan riset produk untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa Anda tawarkan.

Price (Harga)

Strategi penetapan harga dari suatu produk atau jasa yang dikerjakan ditentukan berdasarkan modal produksi. Untuk strategi penerapan harga ini memberikan diskon atau potongan harga kepada konsumen yang membeli produk banyak. Untuk memikat konsumen perlu melakukan promosi atau pemberitahuan di sosial media agar pelanggan tertarik dengan promo ini. Hargapun termasuk strategi marketing yang sangat penting untuk memikat pelanggan agar tertarik. Setiap pelanggan yang membeli banyak akan mendapat potongan harga. Maka hasil penjualan akan meningkat.

Place (Tempat)

Strategi tempat, Lokasi penempatan bisnis di daerah yang cukup banyak penduduknya dan ditempat keramaian yang memiliki potensi pasar yang besar untuk melakukan bisnis. Selain itu juga dipusat kota yang memiliki akses jalan mudah terjangkau, lalu memiliki tempat yang bersih, rapi, dan memiliki lahan parkir yang besar itupun potensi besar untuk memikat target pasar. Karena memudahkan konsumen untuk berkunjung. Selain itu juga kita perlu menyantumkan alamat dan tempat usaha kita pada gmap, website, facebook, instagram, tiktok, dll. Selain itu apabila membuka usaha makan juga dicantumkan perlu cantumkan pada Grab, shopefood, gojek, dll. Agar konsumen mudah mecari dan berkunjung tempat usaha. Itulah strategi dari tempat.

Promotion (Promosi)

Promosi adalah segala upaya untuk meningkatkan Brand dan penjualan produk. Promosi penjualan mencakup kegiatan yang dimaksud untuk memperkenalkan dan mengkomunikasikan produk atau jasa kepada konsumen.

Menurut ocbcnips.com Social media marketing adalah cara pemasaran produk menggunakan media sosial. Di era digital ini, social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa menguntungkan perusahaan. Pasalnya, dibanding cara pemasaran konvensional, strategi ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

Perlu diketahui potensi besar bagi pengusaha bahwa sosial media dapat menghasilkan laba yang besar. Untuk itu bisnis yang dibangun harus menggunakan sosial media dengan lebih rajin untuk mengupload kegiatan-kegiatan usaha yang dilakukan. Selain itupun kita lebih sering mempromosikan usaha kita seperti membuat vidio menarik, foto produk yang menarik, tentunya yang membuat tertarik konsumen adalah strategi diskon .

Digital marketing yang perlu dilakukan untuk promosi rutin unggah pada media Instagram,tiktok dan Facebook, yakni feeds produk, feeds testimoni, feeds edukasi, serta feeds quotes yang masing- masing feeds nya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Selain instagram, tiktok dan facebook tentunya kita bisa melakukan iklan di website

KESIMPULAN

Menurut pernyataan  Kotler, bauran pemasaran adalah suatu strategi yang terdiri dari empat unsur utama: produk, harga, tempat  dan promosi. Konsep bauran pemasaran mencakup empat unsur utama: produk, harga, promosi dan tempat (distribusi). Semua elemen bauran pemasaran, yang dikenal sebagai 4P, saling terkait dan bila digabungkan akan menghasilkan strategi pemasaran yang efektif. Oleh karena itu, tujuan penggunaan strategi bauran pemasaran adalah untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Dengan berfokus pada 4P pemasaran, bisnis juga dapat lebih memenuhi keinginan konsumen. Misalnya, suatu perusahaan dapat mengembangkan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, kemudian mengiklankan produk tersebut secara menarik dan efektif serta mendistribusikannya melalui saluran yang tepat. Dengan menyesuaikan dan mengoptimalkan setiap elemen, merek dapat meningkatkan daya saingnya dan memenangkan kepercayaan konsumen.

Social media marketing adalah cara pemasaran produk menggunakan media sosial. Di era digital ini, social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa menguntungkan perusahaan. Pasalnya, dibanding cara pemasaran konvensional, strategi ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Selain itupun kita lebih sering mempromosikan usaha kita seperti membuat vidio menarik, foto produk yang menarik, tentunya yang membuat tertarik konsumen adalah strategi diskon . Digital marketing yang perlu dilakukan untuk promosi rutin unggah pada media Instagram,tiktok dan Facebook, yakni feeds produk, feeds testimoni, feeds edukasi, serta feeds quotes yang masing- masing feeds nya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda.

PENUTUP 

Demikian artikel ilmiah ini kami buat dengan kesungguhan. Bila ada kata yang salah atau tidak sesuai fakta yang ada, kami meminta maaf yang setulus-tulusnya. Saya ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing telah mendukung dan memberi dorongan atas pembuatan artikel ilmiah ini dan saya juga berterimakasih kepada para pembaca yang mau dan bersedia membaca artikel ilmiah ini. Semoga ini dapat menjadi alat yang bisa menambah ilmu pengetahuan anda.

DAFTAR PUSTAKA

Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi*, Wahyudhi Sutrisno, Chancard Basumerda Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol 7 No 2 Desember 2021, 121-128p-ISSN 2407-781X, e-ISSN 2655-2655

Warni Lestari*,Sitti Musyahidah , Rabaniah Istiqamah, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol.1 No. 1 Tahun 2019, 10-2-10-20191023

Susanti1,Riska Tyas Prahesti2, JURNAL LOCUS: Penelitian & Pengabdian Volume 2 No. 5 Mei 2023 E-ISSN 2829-7334| P-ISSN 2829-5439

https://info.populix.co/articles/marketing-mix-adalah/

https://www.niagahoster.co.id/blog/marketing-mix/

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/08/14/social-media-marketing-adalah#:~:text=Social%20media%20marketing%20adalah%20cara,efektif%20untuk%20meningkatkan%20penjualan%20produk

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun