Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ini Kartuku Mana Kartumu?

25 Oktober 2022   10:58 Diperbarui: 25 Oktober 2022   11:07 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 4 sedang memainkan Permainan yang telah diciptakan bersama kelompok (dokpri)

Pagi ini penulis membersamai siswa dalam belajar di kelas mapel IPS kelas 7E , dan 7G. Mereka akan bermain dengan game atau permainan yang mereka ciptakan dengan masing - masing kelompok terdiri dari 6 dan 7 siswa.

Permainan edukasi ini adalah hasil proyek kelompok yang saya berikan tugas dua pekan sebelumnya dan hari ini mereka akan memainkan permainan hasil karya kelompoknya dan akan memainkan permainan kelompok lain, sehingga semua kelompok akan merasakan permainan sekaligus belajar materi yang ada dalam setiap permainan.

Materi IPS Tema 02 Keberagaman Lingkungan Sekitar dibagi menjadi 5 subtema yaitu

1. Kelompok 1 Subtema Manusia Zaman Praaksara menghasilkan permainan Remi Zaman Purba

img20221025081711-63575a83633ebc12a16c8f43.jpg
img20221025081711-63575a83633ebc12a16c8f43.jpg

Kelompok 1 sedang asyik bermain kartu (dokpri)

2. Kelompok 2 Subtema Nenek Moyang Bangsa Indonesia menghasilkan permainan "Kartu Nenek Moyang" 

Kelompok nenek moyang sedang bermain kartu (dokpri)
Kelompok nenek moyang sedang bermain kartu (dokpri)

3. Kelompok 3 subtema Pembangunan Berkelanjutan dengan judul permainan Angka Ajaib dalam Pembagian

img20221025081748-63575c534addee7ad76634e3.jpg
img20221025081748-63575c534addee7ad76634e3.jpg

Kelompok 3 asyik bermain dengan kartu ajaib  (dokpri)

4. Kelompok 4 subtema Pencernaan Lingkungan dengan permainan Monopoly with Questions

img20221025081638-63575cf808a8b5382b064712.jpg
img20221025081638-63575cf808a8b5382b064712.jpg

Asyik dan menyenangkan kelompok 4 (dokpri)

5. Kelompok 5 subtema Interaksi Sosial dengan judul Play while Learning UNO stacko

img20221025081655-63575da74addee4bbf2114b2.jpg
img20221025081655-63575da74addee4bbf2114b2.jpg

Permainan kelompok 5 asyik menegangkan (dokpri)

Manfaat Belajar sambil Bermain

1. Suasana belajar menyenangkan

2. Menimbulkan kreativitas di antara sesama anggota

3. Adanya kepemimpinan dan kerja sama dalam bekerja dan belajar

4. Kejujuran dan sportivitas dalam menjawab pertanyaan dalam permainan

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Madrasahku, 25-10-2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun