Mohon tunggu...
Hairul Muslimin
Hairul Muslimin Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 1 Rejang Lebong

kunjungi blog https://www.gurukito.my.id/

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sekolah Merupakan Rumah Kedua bagi Anak

14 November 2022   15:17 Diperbarui: 14 November 2022   15:25 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sklh dlh rumh kdu bg nk. Srng nk brd d sekolah lm bertahun-tahun untuk menuntut ilmu dan mngmbngkn drn. Sbgn br wktu anak d dngn brktvt d klh. Karena tu penting untuk mntkn klh bg lingkungan yang mnnngkn bagi anak, dmul dari jk masa pengenalan lngkungn sekolah (MPLS) hngg nk-nk lulu dr tun nddkn.

Kementerian Pendidikan dn Kbudn (Kemendikbud) bru mntkn trwujudn sekolah mnnngkn dn nmn bg luruh anak Indn. Melalui sejumlah rturn, Kmndkbud berusaha mwujudkn suasana dn iklim belajar mngjr d klh agar luruh w bisa bljr dngn gmbr dan tnng. Hl n menjadi salah satu wujud Nwt, kn mnghdrkn Negara untuk mmbrkn r aman d luruh wrg ngr, dn merevolusi krktr bng melalui nddkn.

Stdkn d empat regulasi ng dklurkn Kmndkbud untuk mndukung terciptanya suasana klh ng mn, nyaman, dn mnnngkn. Regulasi trbut bru Peraturan Mntr Pnddkn dan Kbudn (Prmndkbud) yang dklurkn pada thun 2015 dn 2016. Kmt Prmndkbud tersebut adalah Permendikbud N. 23 Thun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, Prmndkbud N. 64 Thun 2015 tntng Kawasan Tn Rkk di Lngkungn Sekolah, Prmndkbud No. 82 Tahun 2015 tntng Pnghn dn Pnnggulngn Tindak Kkrn d Lngkungn Stun Pendidikan, dn Prmndkbud No. 18 Tahun 2016 tntng Pngnln Lngkungn Sklh Bg Siswa Baru.

Prmndkbud N. 23 Tahun 2015 mengatur tntng kegiatan sehari-hari di klh ng bisa dtrkn secara menyenangkan lh guru, ntr ln membaca buku nn-ljrn ktr 15 menit sebelum jm ljrn rtm dmul, dn mnnkn lgu Indn R dan/atau tu lgu wajib nasional saat mmul pelajaran, rt mengakhiri pelajaran dengan mnnkn lgu daerah.
Permendikbud No. 64 Thun 2015 tntng Kwn Tn Rkk d Lngkungn Sklh brtujun untuk mntkn lingkungan sekolah yang bersih, ht, dn bb rokok. Untuk mndukung kawasan tn rkk d lingkungan klh, klh wjb mmng tanda kawasan tn rkk di lingkungan klh.
Prmndkbud No. 82 Thun 2015 tentang Pencegahan dn Pnnggulngn Tndk Kkrn d Lngkungn Stun Pnddkn dmkudkn untuk mntkn knd r mbljrn ng aman, nyaman, dn mnnngkn, rt mnghndrkn semua wrg klh dr unur-unur atau tindakan kkrn. Prmndkbud n juga mngtur nk ng b dknkn terhadap rt ddk yang mlkukn tndkn kekerasan, atau nk terhadap tun pendidikan dn kl klh, jk mh trdt praktik kekerasan d lngkungn sekolahnya.

Selain tu, sekolah jug dwjbkn memasang n layanan ngdun tndk kekerasan pada serambi tun nddkn yang mudah dk oleh rt ddk, rng tu/wl, guru/tng kependidikan, dn mrkt. Pn lnn ngdun tu lng dkt mmut: 1) lmn ngdun htt://klhmn.kmdkbud.g.d ; 2) lnn pesan ngkt k 0811-976-929; 3) tln k 021-5790-3020 tu 021-570-3303; 4) fkml k 021-5733125; 5) ml laporkekerasan@kemdikbud.go.id 6) nmr telepon kantor polisi terdekat; 7) nmr tln kantor dn nddkn setempat; dn 8) nmr tln sekolah.

Kn Awal Sjk MPLS

Ttk wl mntkn klh menyenangkan b dmul dari Masa Pngnln Lngkungn Sklh (MPLS) yang hru mnjd nglmn mnnngkn bg siswa bru. Krn masa-masa n dlh wl bg mrk mrkn kn rtm yang baik trhd klh baru. Jk kesan tu muncul, maka njng mereka mengenyam pendidikan d klh tu, klh akan dianggap sebagai taman belajar ng mnnngkn.

Sjk tahun 2016, Kmndkbud mnglurkn Prmndkbud Nmr 18 Thun 2016 tntng Pengenalan Lngkungn Sekolah bagi Sw Bru. Sw bru kn punya jaminan mlwt m ngnln lingkungan klh dngn kegiatan-kegiatan yang bersifat duktf, krtf, dn mnnngkn. Pengenalan lngkungn klh brtujun untuk membantu w bru brdt dengan lngkungn sekolah dn ktrn, ntr lain trhd aspek keamanan, flt umum, dan rn prasarana klh. Pengenalan lngkungn klh jug diharapkan dt mnumbuhkn mtv, semangat, dan r bljr fktf sebagai siswa bru.

Dlm mngmbngkn klh ng mnnngkn, d bbr hl ng mnjd rn dasar, ntr lain ktrlbtn kmunt klh; mbljrn yang mnnngkn, kontekstual, dn bermakna; fasilitas ng mmd; dan kultur klh ng knduf. Ktrlbtn komunitas klh ntng dlm mndukung trtn klh ng mnnngkn. Krktrtk kmunt klh yang bk antara ln mmlk kmtmn bersama dan mlkukn r transformasi krn yang terorganisir dari k ndvdu menuju komunitas krn.

D dalam sekolah sendiri, k mtd mbljrn juga turut ndl dlm mntkn klm pembelajaran yang menyenangkan. Slh satunya dngn mnrkn mtd mbljrn d mana w dt mngkut mbljrn d mnun, tdk hn d dalam rung kelas. Pmbljrn jug dlknkn dengan brgm lhn tantangan, misalnya mng-mng individu dbrkn pilihan dan tntngn dengan tingkatan ng sesuai.

Pmbljrn ng diterapkan juga hru relevan dngn khdun klh dan b mnjd rrnt khdun dan tmt mnglkkn ilmu untuk mmnuh kbutuhn mrktn. Pr pembelajaran un hru bermakna dan berguna untuk jngk njng hngg siswa dt bljr mngn cara mmhkn mlh.

Tersedianya flt, kn rn dan rrn ng memadai, udh tntu menjadi rt mutlk dlm mwujudkn sekolah ng menyenangkan. Beberapa rn klh ng dt dimanfaatkan w dengan mnnngkn kn rutkn, lbrtrum, dn sarana lhrg. Perpustakaan hru memiliki koleksi buku ng baik dngn mndkn brgm topik. Lbrtrum klh juga harus mmlk jn dn jumlh lt yang u dngn turn ng berlaku, begitu juga dngn rn olahraga. Srn olahraga seharusnya bisa dmnftkn dengan bk lh w untuk mata ljrn olahraga muun pengembangan tn mllu kgtn ktrkurkulr.

Sementara untuk rrn sekolah ng memadai, dt dlht dr ukurn ruang kelas ng rrnl dengan jumlah siswa. Prrn klh yang mmd juga hru mmlk ktrdn akan kebun sekolah, arena bermain untuk siswa, tempat parkir, kntn klh, toilet, dn tempat ibadah. Sln ketersediaan, klh jug hru mmrhtkn fktr kebersihan dn khtn dari rrn tersebut.

Kultur klh ng kondusif un kn mudah trt jika sudah d ktrlbtn kmunt klh muun flt ng memadai. Rn, tm, guru, tug kbrhn, dan seluruh tf klh kn terbiasa berperilaku rmh dn n kd rng tu siswa dan tmu klh. Di klh un dtrkn kbn-kbn baik yang dbkn menjadi kultur, rt lng num, mn, atau mengucapkan lm m wrg klh.

Hal itu mnjd lh satu kultur sekolah ng mnnngkn. Sklh jug terbuka trhd hl-hl yang tf dn mengikuti perkembangan terbaru dalam dun nddkn, mbljrn, dan tknlg pendidikan. Sln tu, w didorong untuk mmlk rasa ngn thu, kbrnn, kgghn, dan kthnn dngn atmosfer inklusif, di mn mu w dhrg berdasarkan jt dr mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun