Mohon tunggu...
hafif rahman
hafif rahman Mohon Tunggu... -

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Digital Marketing, Cara Promo Bisnis Online yang Murah, Cepat, dan Terjangkau

22 November 2018   11:16 Diperbarui: 22 November 2018   11:22 2832
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Anda punya bisnis dan bingung bagaimana cara untuk mempromosikan karena waktu Anda terlalu sibuk? Mungkin strategi digital marketing ini akan membantu Anda dalam membantu promo bisnis secara online dengan cepat, terukur, dan yang paling penting harganya yang terjangkau.  

Pada umumnya dalam promosi bisnis secara online perlu ditekankan adalah "ada budget yang dikeluarkan", sehingga sebagai pemilik bisnis harus menyiapkan dana khusus. 

Penasaran bukan apa saja strategi digital marketing yang biasa digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda? Mungkin ini beberapa diantaranya

Google Ads

Google Ads merupakan salah satu tools digital marketing yang kini banyak dipilih para pemilik bisnis di dunia khususnya Indonesia. Sebelum resmi berubah nama menjadi Google Ads, dulunya banyak advertiser dan juga optimiser menyebutnya Google Adwords. 

Menggunakan Google Ads ini, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda seperti Google Display Networks, dan Paid Search atau biasa disebut PPC (pay per click). Ke-2 strategi ini bisa dijalankan dengan berbagai metode lagi seperti GDN Remarketing dan lain-lain.

Memang untuk menggunakan tools dari Google ini, ada budget yang harus dikeluarkan. Namun memang besar kecilnya budget yang nantinya dikeluarkan itu tergantung dari strategi yang digunakan. 

Dalam menjalankan Google Ads, ada 2 point yang harus diperhatikan yaitu Quality Score (Website), dan jenis keyword (broad match, phare match, dan exact match) yang dipilih.

SEO - Search Engine Optimization

SEO sendiri merupakan salah satu strategi di dunia digital marketing yang bisa membantu meningkatkan pengenal terhadap sebuah website atau brand di mesin pencarian Google sehingga bisa berada di halaman pertama dengan harapan bisa mendapatkan traffic secara organik. Untuk SEO ini ada 2 teknik yang harus dilakukan, yaitu :

SEO On Page

Proses optimasi yang memperbaiki dai dalam website dengan mengimplementasi elemen-elemen SEO On Page yang sudah diinformasikan baik oleh Google, Moz, SearchEngineJournal dan lainnya. 

Yang terpenting dalam proses ini, langkah awalnya Anda harus mencari dan memilih keyword yang relevan dengan jenis bisnis Anda dan baru kemudian elemen lain diimplementasi ke dalam website yang akan dioptimasi

SEO Off Page

Proses optimasi yang dilakukan dari luar website untuk meningkatkan posisi keyword yang ditargetkan. Teknik yang bisa dilakukan bisa dengan menulis artikel yang relevan seperti informasi, tips, bahkan review mengenai brand yang sedang dioptimasi dan mempublikasi artikel tersebut di blog baik blog berbayar ataupun blog gratisan seperti .blogspot, .wordpress atau blog free lainnya.

Perlu diingat proses optimasi website dengan teknik SEO ini butuh proses karena ini tergantung bagaimana google bot dalam indexing website tersebut.

Iklan Advertorial

Iklan advertorial sendiri strategi promo bisnis online di mana menggunakan portal media online yang terkenal di Indonesia, seperti Liputan6.com, Detik.com, Tribunnews, dan portal media ternama lainnya.

 Selain portal media online ternama, akan lebih terukur dan spesifik jika Anda memilih untuk beriklan advetorial di portal media kawasan seperti Infonitas (dari Info Gading Group) dan PingPoint.co.id di mana Anda bisa memasukkan iklan untuk promosi bisnis Anda sesuai dengan area wilayah bisnis Anda dan ini merupakan strategi yang cukup relevan.

Untuk sistem kerjanya iklan advertorial menggunakan artikel yang ditulis dengan menempatkan nama brand atau bisnis Anda akan disisipkan di dalam sebuah artikel yang relevan dengan jenis bisnis Anda dan kemudian artikel tersebut akan diboost di social media media online penyedia layanan iklan advertorial tersebut.

Untuk kisaran budget tentunya cukup beragam, di mana jika Anda beriklan advertorial di media online ternama tentu budget yang dibutuhkan pasti akan lumayan besar karena sudah jelas cakupan mereka adalah skala Nasional atau seluruh wilayah di Indonesia.

 Sedangkan untuk beriklan di portal media kawasan seperti Infonitas dan PingPoint.co.id akan jauh lebih terjangkau.

Social Media

Ini dia neh yang sedang jadi trend dan booming di dunia khususnya di Indonesia, di mana Anda akan bisa lebih mudah mempromosikan bisnis Anda hanya menggunakan social media baik Facebook dan juga Instagram.

 Cara promosi melalui social media cukup terjangkau, karena cukup menggunakan desain gambar yang menarik dengan wording text yang unik. 

Selain dengan gambar, Anda juga bisa menggunakan activation seperti foto kontes, kuis dengan berbagai hadiah namun tetap syaratnya harus "follow" akun social media Anda.

Di atas cara yang tanpa menggunakan budget, namun tetap harus ada creatifitas yang baik untuk menciptakan gambar dan wording text yang bisa menarik orang. Nmaun Social Media (Facebook atau Instagram) juga bisa loh menggunakan ads atau iklan yang berbayar sesuai budget yang Anda bisa tentukan sendiri. Social Media Ads ini konsepnya kurang lebih sama dengan Google Ads namun beda karena di dalam social media ads ini kita akan lebih bermain dengan visual gambar yang menarik.

Itu dia beberapa cara promo bisnis online yang mudah dan juga terjangkau. Anda lebih condong memilih yang mana? Atau ada masukkan lain strategi promosi bisnis online yang lebih powerfull apa, sehingga di sini kita sama-sama belajar dan berbagai informasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun