APA SIH Â YANG DIMAKSUD DENGAN PASAR MONOPOLISTIK ?Â
Pasar monopolistik adalah sebuah bentuk pasar dimana ada banyak produsen yang saling
berkompetisi dengan produk yang hampir serupa namun memiliki beberapa perbedaan.Â
Perbedaan ini yang menjadi ciri khas dari produk yang di jual oleh masing - masing produsen.
APA SAJA CIRI - CIRINYA ?
Ciri - ciri pasar monopolistik adalah sebagai berikut :
1. Memiliki jumlah produsen yang sangat banyak.
2. Adanya diferensiasi produk.
3. Masing - masing produsen bersaing dari segi kualitas, harga, serta cara pemasaran produk mereka.
4. Produsen bebas untuk keluar dan masuk ke dalam pasar.
APA SAJA SIH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI PASAR MONOPOLISTIK ?
Kelebihan pasar monopolistik :
1. Produsen dapat bebas keluar dan masuk pasar karena tidak ada hambatan yang berarti (tidak ada BARRIERS TO ENTRY).
2. Banyaknya produsen dalam pasar sehingga konsumen memiliki banyak alternatif produk.
3. Banyak inovasi yang dapat di lakukan, mulai dari proses produksi atau mengembangkan cara baru untuk menarik konsumen.
Kekurangan pasar monopolistik :
1. Banyaknya produsen dalam pasar membuat persaingan yang ketat.
2. Karena produsen harus selalu mengembangkan inovasi agar dapat bersaing, akan muncul biaya inovasi yang akhirnya akanÂ
di bebankan kepada konsumen melalui harga produk.
3. Besarnya biaya persaingan yang harus di keluarkan seperti iklan dan insentif.
APA SAJA CONTOH PASAR MONOPOLISTIK :
Dalam kehidupan sehari - hari pasar monopolistik dapat kita temui seperti : sampo, sabun, tv, sepatu, air mineral dan lain - lain.
Sekian artikel yang saya buat, ini adalah artikel pertama saya.Â
Mohon maaf jika ada kesalahan kata, dan terima kasih sudah berkunjung...
By : HAFID FADILAHÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H