Pada kegiatan akademik Mahasiswa AM UM Prodi Pendidikan Sejarah di SMKN 1 Batu diawali dengan melakukan observasi didalam kelas yang akan digunakan penulis untuk mengajar, yaitu kelas X dan XI. Saat Observasi berlangsung, penulis dan rekan rekan mengamati bagaimana cara menjelaskan materi, kemudian media apa saja yang digunakan, dan bagaimana guru memberikan tugas ke peserta didik. Guru pamong Sejarah juga memberikan contoh RPP yang biasa digunakan guru-guru di sekolah ini dan diberikan penjelasan sedikit tentang karakteristik dan kemampuan sebagian besar peserta didik di kelas tersebut setelah observasi dikelas tersebut. Hasil Observasi yang kamu lakukan didalam kelas bersama guru pamong akan kami jadikan acuan untuk melakukan kegiatan pembelajaran di SMKN 1 Batu dan juga membuat progam kerja.
Kegiatan utama mengajar penulis dimulai dari kelas X DPB 2, XI Perhotelan 1 dan Kuliner 3 di semester ganjil. Sebelum mengajar, penulis mempersiapkan RPP untuk beberapa pertemuan kedepan, lebar kerja peserta didik, kriteria penilaian, serta materi yang harus penulis sampaiakan dalam bentuk PPT ataupun bentuk lain. Semua perangkat pembelajaran akan di diskusikam bersama guru pamong terlebih dahulu agar penulis tahu apakah cocok dan sesuai dengan kelas yang akan diajar.
- PenyusunanaÂ
Kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran dilakukan bersama-sama dengan tim mahasiswa Sejarah lainya dengan dibimmbing oleh guru pamong. Perangkat pembelajaran yang disusun antara lain adalah RPP, media pembelajaran dan bahan ajar.
- RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan acuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP yang disusun di antaranya adalah pada bab ancaman integrasi, persatuan dan kesatuan, wawasan nusantara, memperkukuh persatuan dan kesatuan.
- Modul Ajar
Media pembelajaran dan bahan ajar merupakan perangkat pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Adapun media dan bahan ajar yang digunakan oleh mahasiswa dalam proses mengajar antara lain berupa powerpoint, video pembelajaran, wordwall, educaplay dan LKPD. Selain itu, tim mahasiswa membuat soal-soal untuk ulangan harian yang dilaksanakan saat setiap bab yang diajarkan telah selesai.
- Mengajar Kelas X DPB 2
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas X DPB 2 SMKN 1 Batu dilakukan selama kurang lebih 13 minggu atau selama kurang lebih 3,5 bulan namun hanya 10 pertemuan karena terdapat kegiatan lain yang melibatkan siswa kelas X DPB 2. Adapun materi yang diajarkan meliputi materi di semester ganjil yaitu Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan Kerajaan Islam di Indonesia. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun pemaparan pelaksanaan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
- Materi Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
Pada materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia kelas X, terdapat 5 pertemuan dengan materi indikator kerajaan Hindu-Buddha dan bukti peninggalan kerajaan Hindu-Buddha. Sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas, dilaksanakan persiapan dengan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan teman satu prodi untuk menyusun rancangan pembelajaran, powerpoint, dan LKPD. Setelah semua telah dibuat, maka dilakukan konsultasi dengan guru pamong mengenai RPP, powerpoint, video pembelajaran, LKPD, kuis. Setelah melalui konsultasi dan persetujuan guru pamong selanjutnya dilaksanakan pembelajaran di kelas.
Model pembelajaran yang digunakan dalam materi ini adalah Pembelajaran aktif yang lebih banyak melibatkan peran peserta didik dan kontektual yang menyangkutkan kondisi dalam penayangan video dengan kondisi saat ini. Pada awal pembelajaran penulis menjelaskan terlebih dahulu dengan media pembelajaran ceramah dan menuliskan di papan tulis karena keterbatasan dalam penggunana powerpoint sedangkan untuk powerpoint yng telah dibuat di-share langsung kepada peserta didik kemudian diakhir materi pembelajaran dilakukan pemberian tugas mandiri dengan mengerjakan LKPD kemudian pada pertemuan selanjutnya melanjutkan dengan meng-share video pembelajaran kepada peserta didik yang kemudian peserta didik diminta untuk mencari peningglan yang telah dijelaskan dalam video. selesai meteri pada bab ini dilakukan ulangan harian.
- Materi Kerajaan Islam di Indonesia
Pada materi kerajaan Islam di Indonesia kelas X, terdapat 5 pertemuan dengan materi indikator Masuknya agama Islam ke Indonesia, Jalur masuknya agama Islam, dan kerajaan Islam di Indonesia. Sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas, dilaksanakan persiapan dengan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan teman satu prodi untuk menyusun rancangan pembelajaran, powerpoint, dan LKPD sekaligus konsultasi kepada guru pamong. Setelah melalui konsultasi dan persetujuan guru pamong selanjutnya dilaksanakan pembelajaran di kelas.
Model pembelajaran yang digunakan dalam materi ini adalah Berdiskusi aktif bersama peserta didik. Setelah penyampaian materi, peserta didik diminta untuk mengerjakan LKPD secara berkelompok.
- Mengajar Kelas XI Kuliner 3 dan Perhotelan 1
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas XI Kuliner 3 dan Perhotelan 1 SMKN 1 Batu dilakukan selama kurang lebih 13 minggu atau selama kurang lebih 3,5 bulan namun tiap kelas berbeda jumlah pertemuannya dikarenakan adanya kegiatan sekolah yang kebetulan berada di hari mengajar dua kelas ini juga kegiatan TEFA kelas XI Kuliner yang mengharuskan fokus pada pratikum selama 2 minggu. Adapun materi yang diajarkan meliputi materi di semester ganjil yaitu kolonialisme bangsa eropa, perlawanan terhadap kolonialisme, pergerakan bangsa hingga Proklamasi. Namun, pembelajaran dianggap tidak tuntas karena hanya bisa sampai pada materi perlawanan terhadap kolonialisme saja. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.
- Mendapingi Pembelajaran Kelas di Saat Guru Berhalangan Hadir
Kegiatan ini dilakukan saat tim mahasiswa mendapatkan tugas baik dari guru piketatau guru mata pelajaran untuk membantu mendampingi siswa saat pembelajaran di kelas ketika guru berhalangan hadir. Biasanya guru piket memberikan tugas dari guru matapelajaran yang berhalangan hadir dan menyampaiakan langsung tugasnya kepada ketua kelas atau menyampaiakn langsung kepada mahasiswa. Kemudian tim mahasiswa bertugas untuk mendampingi siswa saat mengerjakan tugas dikelas. Selain itu, tim mahasiswa juga membantu guru mata pelajaran untuk mengisi kelas sesuai dengan progam studi mahasiswa seperti membantu mendampingi saat ulangan harian, dan menuliskan materi.
Non-Akademik
Berikut kegiatan non-akademik yang dilaksanakan penulis di SMKN 1 Batu selama Asistensi Mengajar adalah dengan membantu kegiatan sekolah yang telah dijadwalkan pada semester ganjil. Adapun kegiatan non-akademik yang dilaksanakan tersebut antara lain yaitu kegiatan Job Fair, Maulid Nabi, Keputrian setiap hari Jum'at, LDKS, Bulan Bahasa, dan Hari Guru.
- Keputrian
Keputrian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para siswi perempuan di hari Jum'at ketika siwa laki-laki melaksanakan shalat Jum'at. Pada kegiatan keputrian ini, penulis beserta rekan AM yang lain berkesempatan untuk mwngisi kegiatan keputrian dua kali. Dengan pertemuan pertama menayangkan sebuah film pendek berjudul "Terlambat Makasar (Kayla)" dan pada pertemuan yang kedua juga menayangkan film pendek berjudul "Dua Detik".
- Maulid Nabi
Pada acara Maulid Nabi yang diadakan pada hari Jum'at, 20 September 2024, mahasiswa AM membantu pemasangan dekorasi bersama osis dan sebagian guru sarpras. Dan pada hari H, mahasiswa AM turut mengkondisikan para siswa dan membantu mendokumentasikan kegiatan untuk mahasiswa AM yang piket humas.
- Job Fair
Kegiatan Job Fair merupakan kegiatan P5 yang diadakan pada hari selasa-rabu tanggal 16-17 Oktober 2024. Pada kegiatan ini, mahasiswa AM hampir sama seperti pada saat kegiatan Maulid Nabi. Mahasiswa AM juga membantu mengisi instansi mitra yang berhalangan hadir pada hari tersebut.
- Bulan Bahasa
Bulan bahasa merupakan kegiatan osis yang di selenggarakan pada tanggal 28-29 Oktober 2024. Pada kegiatan ini, mahasiswa AM juga menjadi panitia dalam acara tersebut untuk membantu osis. Rapat bersama dengan osis dilaksanakan pada tangga 24 Oktober 2024 untuk membicarakan teknis kegiatan Bulan Bahasa. Pada kegiatan ini, penulis masuk pada panitia Musikalisasi Puisi.
- LDKS
LDKS merupakan latian dasar kepemimpinan siswa bagi anggota osis 2024-2025 yang diadakan pada tanggal 13-15 November 2024. Dimana pada tanggal 13 atau pembukaan dilakukan di aula lantai 3, dan dua hari pada tanggal 14-15 dilaksanakan di Rampal, Malang. Pada kegiatan ini, mahasiswa AM turut mendampingi anggota osis secara bergilir.
- Hari Guru
Pada hari guru tanggal 25 November 2024, mahasiswa AM dan osis berkolaborasi untuk membuat acara surprise kepada guru SMKN 1 Batu.
Administrasi Sekolah
Kegiatan adminitrasi sekolah yang dilakukan di SMKN 1 Batu adalah dengan membantu melaksanakan kegiatan piket pagi dan piket mendata absensi siswa dan Piket presensi shalat dzuhur. Piket pagi yaitu kegiatan menyambut siswa yang datang ke sekolah dengan harapan siswa yang baru datang mendapatkan semangat dan motivasi saat memulai kegiatan pembelajaran. Piket pagi ini dilaksanakan setiap pagi pada pukul 06.30 WIB dan melaksanakan piket hingga pukul 07.30 WIB. Kemudian kegiatan piket mendata absensi siswa dilaksanakan oleh mahasiswa AM yang bertugas dengan berkeliling sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kegiatan ini dilakukan pada jam kedua pelajaran atau jam istirahat dengan mengecek kehadiran guru yang mengajar pada setiap kelas di SMKN 1 Batu pada jam tersebut. Penulis juga melaksanakan piket kulikurum yang di antaranya Humas yang membuat video aftermovie saat Bulan Bahasa, Kesiswaan dengan mendampingi sekaligus melatih upacara, dan Keperpustakaan dengan merapikan buku-buku yang selesai di beri kode dan menjaga perpustakaan jika ada siswa yang ingin meminjam buku.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H