Masih banyak masyarakat-masyarakat yang menganggap bahwasannya pasar bisnis dengan pasar konsumen ialah sama, tidak ada bedanya. Namun kenyataannya ialah berbeda. Keduanya sama-sama memasarkan sesuatu hal tetapi pada dasarnya memiliki peran, tujuan dan manfaat yang berbeda.
Hal tersebutlah yang harus dipahami oleh masyarakat agar memiliki pengetahuan yang lebih baik sehingga dapat menjalankan perekonomiannya sebaik mungkin. Namun untuk masuk ke pembahasan tersebut, Kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian, ciri – ciri dan contoh dari pasar bisnis dengan pasar konsumen.
Apa itu Pasar Bisnis?
Pasar bisnis atau lebih kerap dipanggil dengan istilah B2B (Business to Business) merupakan sarana transaksi organisasi yang membeli barang atau jasa yang nantinya akan digunakan untuk memproduksi produk atau dengan tujuan yang lain seperti di perjual sewakan kepada seseorang sehingga mendapatkan laba dari transaksi tersebut.
Ciri - ciri umum pasar bisnis :
- Produk bersifat perusahaan
- Proses pasar emporografis
- Targer pasar global
- Hubungan jual beli kemitraan
- Memiliki nasabah utama
- Biasanya nasabah memiliki pendidikan yang tinggi
- Siklus barang atau jasa cenderung pendek
- Kebutuhan tersedia baik sebelum maupun setelah transaksi
- Memiliki wawasan pasar lebih luas
- Menerapkan strategi pemasaran laba
- Memiliki media pemasaran yang lebih lengkap
- Â
Contoh transaksi pada pasar bisnis.
Ada sebuah perusahaan bernama PT.Lancang. Di perusahaan tersebut memproduksi kertas. Namun untuk memproduksi barang tersebut tentu harus mempunyai bahan baku yaitu kayu. Tapi karena tidak mempunyai bahan bakunya mau tidak mau PT.Lancang harus membeli kayu di PT.Kuning yang dimana perusahaan tersebut mempunyai bahan baku kayu. Sehingga kedua perusahaan tersebut sudah melakukan transaksi dalam lingkup pasar bisnis, karena dalam transaksi tersebut mempertemukan dua organisasi/perusahaan dan tidak menjual kepada konsumen akhir.
Apa Itu Pasar Konsumen?
Pasar konsumen atau lebih kerap dipanggil B2C (Business to Costumer) merupakan transaksi jual beli sekelompok konsumen yang membeli barang atau jasa untuk mereka gunakan secara pribadi. Itu artinya barang atau jasa yang sudah dibeli oleh konsumen tidak lagi untuk dijual kembali guna mendapatkan laba. Sehingga bisa disimpulkan pelaku dari transaksi pasar konsumen ialah pembeli rumah tangga.
Ciri – ciri umum pasar konsumen :
- Produk bersifat perindividu
- Proses pasar demografis
- Targer pasar nasional
- Hubungan jual beli transaksional
- Tidak memiliki nasabah utama
- Biasanya nasabah memiliki pendidikan yang rendah
- Siklus barang atau jasa cenderung panjang
- Kebutuhan barang atau jasa belum tentu tersedia
- Memiliki wawasan pasar yang masih rendah
- Menerapkan strategi pemasaran pangsa pasar
- Memiliki media pemasaran yang masih kurang
- Â
Contoh transaksi pasar konsumen