Mohon tunggu...
M Hadiputra Azhar
M Hadiputra Azhar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa biasa

Undergraduated Management Student

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peran Kepemimpinan dalam Organisasi

30 November 2021   21:30 Diperbarui: 30 November 2021   21:52 672
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Leadership merupakan hal yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis dan organisasi. Skill atau keterampilan ini juga wajib dimiliki semua orang agar tetap dapat bersaing dan bekerja secara maksimal. Leadership sangat mempengaruhi kinerja suatu organisasi dan bisnis khususnya dalam mencapai suatu target. Pada umumnya kepemimpinan dalam suatu perusahaan harus dipegang oleh atasan. Namun, seringkali setiap karyawan juga harus memiliki kepemimpinan untuk meningkatkan kinerjanya. kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja sama dalam suatu rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan

Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari manajemen.

Dalam Harvard Business Review, kepemimpinan adalah pencapaian tujuan melalui arahan dan dukungan orang. Seseorang yang berhasil dalam berorganisasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu adalah seorang pemimpin. Seorang pemimpin  hebat adalah seseorang yang dapat melakukannya setiap hari, setiap bulan, dan setiap tahun dalam keadaan apa pun. Pemimpin juga harus memiliki rasa sosial dan kemanusiaan yang tinggi untuk memahami rekan kerja dan hubungan, serta tujuan yang ingin dicapai oleh setiap individu dan kelompok.

Seorang pemimpin berbeda dengan manajer. Pemimpin mempunyai kekuasaan atas pengikutnya bukan karena jabatannya tetapi karena kemampuan personality. Sikap, tingkah laku yang kemudian memunculkan wibawa. Sedangkan manajer memiliki kekuasaan karena jabatan yang dimilikinya. Dia bisa memberi komando karena struktur dan birokrasi, tetapi saat dia sudah tidak lagi menjabat maka tidak satupun "bekas" bawahanya mau dia perintah.

Kepemimpinan bukan hanya tentang memahami orang lain, bersikap baik kepada orang lain, atau memotivasi orang lain untuk mencapai sesuatu. Namun, kepemimpinan dalam bisnis bersifat demokratis, yang berarti menciptakan peluang bagi semua pekerja, tanpa kecuali, dan tidak menciptakan anarki. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus memiliki kemampuan perilaku yang luar biasa. Berikut adalah beberapa sikap lain yang perlu Anda miliki untuk menjadi pemimpin yang baik:

Kebijaksanaan

Banyak orang  akan dikaitkan dengan grup, organisasi, bisnis, atau proyek yang  Anda pimpin. Semakin banyak orang, semakin banyak  ide, pandangan, dan pendapat yang ada. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus selalu terbuka untuk menerima dan memilih  ide dan sudut pandang.

Keberanian

Sebuah tim akan menghadapi rintangan, tantangan, dan permasalahan kedepannya. Maka dari itu, pemimpin harus memiliki sikap berani dalam memutuskan langkah dan juga tahu kapan waktu yang tepat untuk bersikap mengatasi permasalahan tersebut.

Keterampilan sosial

Sebuah tim akan menghadapi rintangan, tantangan dan masalah di masa depan. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki sikap berani ketika memutuskan langkah dan juga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Kedisiplinan tinggi

Sikap ini juga harus dimiliki  seorang pemimpin. Jika seorang pemimpin sangat disiplin, bawahannya juga akan mengikuti sikap ini karena pemimpin juga merupakan  panutan.

Mampu membuat keputusan

Suatu masalah pasti membutuhkan solusi untuk menyelesaikannya. Seorang pemimpin harus mampu memutuskan kapan dan tindakan atau solusi apa yang diambil untuk memecahkan suatu masalah. Keputusan pemimpin juga harus mengutamakan kepentingan kelompok, bukan individu.

Manfaat kepemimpinan:

Alasan yang paling utama mengapa sebuah leadership sangat penting adalah untuk membangun tim yang solid. Visi dan tujuan tim harus dicapai dengan kerja keras. Dengan kepemimpinan yang baik, kekuatan dan kerjasama tim juga akan terbentuk dengan baik. dengan begitu tim dapat mengatasi rintangan dengan baik

Alasan yang kedua fungsi kepemimpinan adalah sangat berpengaruh dalam mengatasi perbedaan karater yang ada.

Dalam mewujudkan visi dan tujuan tentu ada rintangan yang menghadang. Rintangan pun terus berkembang menjadi semakin sulit. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan analisa dan perhitungan yang baik untuk menemukan arah yang tepat. Contoh kepemimpinan yang baik adalah melakukan hal itu dan bertahan dalam menghadapi rintangan.

Leadership bukan hanya tentang menguntungan sebuah kelompok atau perusahaan. Seorang pemimpin pun akan mendapatkan keuntungannya. Mereka yang menjadi  pemimpin akan memiliki ketekunan, kreativitas, dan kesabaran. Karena mereka terbiasa memimpin dan mengambil keputusan untuk kelompoknya.

Cara Menumbuhkan Leadership Skill

Siapa pun dapat mempelajari keterampilan kepemimpinan untuk memaksimalkan pekerjaan. Selain menguntungkan bisnis untuk mencapai tujuannya, kepemimpinan juga menguntungkan individu. Kemampuan ini pula yang menjadikan individu kuat dan mampu mengatasi kesulitan dalam hidupnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan Anda:

Berlatih untuk disiplin pada waktu

Salah satu cara  menerapkan kepemimpinan adalah dengan melatih disiplin waktu. Menjadi orang yang disiplin  meningkatkan kredibilitas orang lain kepada diri Anda. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan menerapkannya pada setiap individu. Jika Anda kesulitan melakukan ini, cobalah mulai dengan hal-hal kecil seperti berolahraga setiap pagi, membersihkan kamar secara teratur, dan mulai  dari yang kecil hingga yang besar.

Menginspirasi orang lain

Menjadi seorang pemimpin  secara tidak langsung membuat Anda menjadi bagian dari sebuah tim. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk melakukan kerja sama sebaik mungkin. Ketika seorang anggota tim membutuhkan motivasi atau dorongan, berikan kepada mereka. Terkadang yang dibutuhkan seseorang hanyalah pendengar yang baik dan seseorang yang berempati dengan mereka.

Berdayakan rekan tim

Memberdayakan rekan tim sangat membantu dalam mencapai tujuan dengan lebih efisien dan mudah. Akan terasa berat dan lama jika Anda mengerjakannya sendiri. Memberdayakan rekan satu tim juga berarti memaksimalkan pekerjaan dan juga mengasah keterampilannya. Seperti yang diketahui oleh para pemimpin sukses, banyak pekerja atau karyawan melihat atasan mereka sebagai musuh alami mereka.

Oleh karena itu, mari kita belajar menerapkan bagaimana proses Leadership atau kepemimpinan bekerja agar aktivitas atau kegiatan dan rencana yang sudah kita tetapkan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan arah tujuan yang kita inginkan. Leadership sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dikarenakan seseorang yang mempunyai semangat atau jiwa leadership yang matang mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi pada setiap amanah atau aktivitas yang sudah menjadi tanggung jawab.

Semoga bermanfaat,

Terima kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun