Disusun Oleh :
Anselma Merista Purek Muli (191011200543}
Haddad Alwi Poerba Tama (191011202138)
Prams Trinofanni Pamungkas (191011202143)
PENDAHULUAN
Kehidupan sehari-hari tidak pernah terlepas dari segala hal yang berhubungan dengan manajemen. Manajemen sendiri berasal dari bahasa berarti pemimpin, direksi, pengurus, dan memerintah. Sedangkan menurut Dr. Hadari Nawawi manajemen berarti kegiatan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam mengatur organisasi, lembaga maupun perpustakaan. Dalam praktiknya manajemen, terdapat banyak istilah yang sangat penting. Sebagai contoh, Delegasi. Delegasi adalah pelimpahan wewenang dari atasan kepada bawahan dalam lingkungan tugas tertentu dengan kewajiban untuk mempertanggung-jawabkannya kepada yang menugasi. Pendelegasian wewenang pun merupakan sesuatu yang penting di sebuah kantor atau organisasi.
Atasan perlu melakukan pendelegasian wewenang agar mereka bisa menjalankan proses manajemen dengan baik. Selain itu, pendelegasian wewenang adalah konsekuensi logis dari semakin besarnya organisasi. Bila seorang atasan tidak mau mendelegasian wewenang maka sesungguhnya organisasi itu tidak butuh siapa-siapa selain dia sendiri. Bila atasan menghadapi banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan oleh satu orang maka ia perlu melakukan delegasi. Pendelegasian juga di lakukan agar manajer dapat mengembangkan bawahan sehingga lebih memperkuat organisasi, terutama di saat terjadi perubahan susunan manajemen. Yang penting adalah saat kita mendelegasikan wewenang kita memberikan otoritas pada orang lain, namun kita sebenarnya tidak kehilangan otoritasorisinilnya. Ini yang sering dikhawatirkan oleh banyak orang. Mereka takut bila mereka melakukan delegasi, mereka kehilangan wewenang, padahal tidak, karena tanggung jawab tetap berada pada sang atasan. Di dalam fungsi pengorganisasian, seorang atasan berdasarkan posisinyamempunyai hak ataupun wewenang untuk menjalankan atau memberikan perintah kepada bawahannya untuk menjalankan wewenangnya. Wewenang adalah hal untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Wewenang ini marupakan hasil delegasi atau pelimpahan wewenang dari pisisi atasan ke bawahan dalam organisasi.
PEMBAHASAN
Pengertian Delegasi
Delegasi adalah suatu pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal kepada orang lain untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Delegasi secara singkat dapat dikatakan sebagai pemberian tangungjawab dan kewajiban kepada orang lain. Pendelegasian dilakukan dengan cara membagi tugas, kewenangan, hak, tanggung jawab, kewajiban, serta pertanggung jawaban, yang ditetapkan dalam suatu penjabaran atau deskripsi tugas dalam organisasi. Berikut adalah definisi atau pengertian dari Delegasi oleh beberapa pakar :
Drs. H. Malayu S. P Hasibuan
Pendelegasian wewenang adalah memberikan sebagian pekerjaan atau wewenang oleh delegator kepada delegate untuk dikerjakannya atas nama delegator.
Raplh C. Davis
Pendelegasian wewenang adalah suatu tahapan dari suatu proses ketika kita menyerahkan wewenang, berfungsi melepaskan kedudukan dengan melaksanakan pertanggung jawaban
Delegasi merupakan teknik yang harus dikuasai oleh setiap orang diperusahaan yang memiliki anak buah. Baik itu direktur utama, presiden direktur,kepala bagian, kepala seksi, ataupun mandor dan supervisor. Harapannya dengan menguasai teknik delegasi secara efektif, semua tugas yang dibebankan kepadanyabisa diselesaikandengan baik. Bawahan merasa dihargai dan dikembangkan. Dengan demikian tercipta suasana kerja yang menyenangkan dan menguntungkan bagi perusahaan, anak buah, maupun atasan.
Pendelegasian (pelimpahan wewenang) merupakan salah satu elemen penting dalam fungsi pembinaan. Sebagai manajer, menerima prinsip-prinsip delegasi agar menjadi lebih produktif dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Delegasi wewenang adalah proses dimana manajer mengalokasikan wewenang kepada bawahannya
Pembagian Delelegasi
Dalam bukunya yang berjudul "the 7 Habits of Highly Effective People", Stephen R. Covey manyatakan bahwa ada 2 jenis pendelegasian, yaitu:
Pendelegasian suruhan berprinsip pada metode, yaitu semua didikte secararinci dan spesifik cara melakukannya. Pendelegasian dengan cara ini banyak digunakan oleh manajer karena mereka berfikir metode yang dilakukan pastitidak akan keluar dari jalur, minim kesalahan dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Tapi kelemahannya adalah bahwa mereka tidak melatih anak buah mereka dan bila terjadi kesalahan si anak buah akan merasa tidak bertanggung jawab kepada hasil yang didapat
Pendelegasian pengurusan
Pendelegasian pengurusan berfokus pada hasil dan bukan pada metode,dan memberikan secara rinci hasil yang diinginkan, bukan memberikan secara rinci apa yang harus dilakukan. Pendelegasian ini memberi pilihan metode kepada anak buah dan membuat mereka bertanggung jawab atas hasil. Pendelegasian metode pengurusan memberi kepercayaan penuh kepada anak buah dan kepercayaan ini adalah bentuk tertinggi dari motivasi manusia. Kepercayaan menghasilkan yang terbaik dari diri manusia. Tetapi, dibutuhkan waktu dan kesabaran dan tanpa mengesampingkan kebutuhan untuk melatih dan mengembangkan orang sehingga kecakapan mereka dapat meningkat ketingkat kepercayaan itu. Bila pendelegasian pengurusan dilakukan dengan benar, kedua pihak akan mendapatkan keuntungan dan akhirnya jauh lebih singkat.
Pemanfaatan Delegasi
Manfaat pendelegasian, antara lain:
Kemampuan membebaskan diri dari tugas-tugas lainnya: dengan pendelegasian maka manajer dapat berfokus pada pekerjaan yang lebih penting
Pemanfaatan keterampilan khusus yang dimiliki karyawan : setiapkaryawan memiliki kelebihandan kekurangan. Dengan pengetahuan akan kemempuannya, atasan dapat memanfaatkan kelebihan keryawannya..
Untuk melatih karyawan: ini dapat disebut on the job training. Atasan diuji kemampuannya dalam melatih karyawan apakah sukses atau tidak sehingga karyawan menjadi terampil.
Keterampilan memecahkan masalah: memecahkan masalah membutuhkan keterampilan. Oleh karena itu, karyawan dilatih mulai dari masalah-masalah yang ringan lalu sedang dan seterusnya.
Pengganti sementara: jika atasan sakit, atau berhalangan,maka pekerjaan tidak terganggu karena ada karyawan yang dapat menggantikannya sementara waktu karena sudah dilatih.
Untuk menguji kemampuan karyawan dan membagi pekerjaan di antara karyawan: selama ini karyawan mampu berkerja karena ada petunjuk karena atasannya yang mendampinginya. Jika atasan tidak ada, maka karyawan pun akan mampu. Untuk itu, perlu diberi pendelegasian agar dapat diuji.
Meningkatkan rasa penting dalam diri karyawan: apabila atasan mendelegasikan wewenangnya maka akan timbul perasaan penting di mata karyawan.
Menghemat waktu: atasan dapat menggunakan waktunya untuk hal-halyang lebih penting.
Mengurangi tekanan: banyaknya pekerjaan membuat atasan mengalami tekanan dan untuk itu dia harus mampu melakukan koordinasi kerja dengan baik.
Meningkatkan hasil: dengan delegasi maka kesibukan rutin atasan dapat terselesaikan
.Pendelegasian membantu meningkatkan kenerja karyawan: membantu karyawan terampil mengambil keputusan.
Mengembangkan organisasi: jika pendelegasian berlangsung baik, maka semua karyawan bekerja secara maksimal.
Pendelegasian meningkatkan hubungan antara atasan dengan bawahan.
Memberikan standar prestasi.
Pendelegasian membantu atasan untuk bekerja lebih efisien.
Menciptakan komunikasi.
Melaksanakan delegasi tidaklah mudah. Pelaksanaan delegasi memerlukan waktu, upaya dan motivasi. Jika anda tidak yakin akan adanya manfaat dalam pelaksanaan delegasi, anda tidak akan termotivasi untuk melaksanakannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan besar yang dapat dipertimbangkan:
Memiliki lebih banyak waktu untuk melaksanakan fungsi manajerial Oleh para manajer seharusnya menjalankan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, pengendalian dan inofasi. Namun sebaliknya,tanpa adanya delegasi mereka akan terperangkap kedalam berbagai pekerjaanyang remeh, mengatasi kesulitan-kesulitan, menanggapi gangguan, danmemperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.
Meringankan tekanan Kebanyakan manajer berorientasi kepada tindakan-
tindakan (action oriented). Mereka lebih senang berada ditengah kegiatan,lebih senang bertindak ketimbang mengawasi. Tidak adanya pelaksanaan delegasi menyebabkan kecendrungan tersebut tidak dapat di kndalikan.
Mengembangkan manusia Pelaksanaan delegasi juga memungkinkan mereka untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar secara perlahan-lahan dalam lingkungan yang penuh pengertian, untuk mempersiapkan mereka bagi perkembangan lebih lanjut. Pelaksanaan delegasi mendorong mereka untuk lebih kreatif dan menggunakan bakat yang mereka miliki untuk mmpraktekkan keterampilan dalam menyelesaikan persoalan.
Menciptakan suasana penuh motivasi Motivasi hanyalah membantu orang lainuntuk meraih apa yang dapat mereka capai. Karena pelaksanaan delegasi memerlukan pengetahuan tentang tujuan, kemampuan, dan keinginan pribadi karyawan, maka akan lebih baik jika manajer dapat memberikan peluang kepada para individu untuk menonjol dalam bidang yang sesuai dengan kemampuan mereka khususnya.
Tujuan Delegasi
Delegasi merupakan teknik yang harus dikuasai oleh setiaporang diperusahaan yang memiliki anak buah. Baik itu direktur utama, presiden direktur, kepala bagian, kepala seksi, ataupun mandor dan supervisor. Harapannya dengan menguasai teknik delegasi secara efektif, semua tugasyang dibebankan kepadanya bisa diselesaikan dengan baik. Bawahan merasadihargai dan dikembangkan. Dengan demikian tercipta suasana kerja yang menyenangkan danmenguntungkan bagi perusahaan, anak buah, maupu natasan.
Pelaksanaan delegasi memberikan peluang kepada karyawan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya dalam mengambil keputusan. Hal ini untuk mempersiapkan mereka bagi pengembangannya lebih lanjut, karena tidak ada pendidikan diluar kerja yang dapat mengembangkan seorang karyawan secara lebih cepat dan praktis selain pengalaman langsung. Tanpa pelaksanaan delegasi suatu perusahaan tidak akan maju karena perusahaan yang organisasinya kuat itu yang akan maju dan keberhasilan suatu organisasi terletak kepada pimpinan.
Pendelegasian (pelimpahan wewenang) merupakan salah satu elemen penting dalam fungsi pembinaan. Sebagai manajer, menerima prinsip-prinsip delegasi agar menjadi lebih produktif dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Delegasi wewenang adalah proses dimana manajer mengalokasikan wewenang kepada bawahannya.
Kegiatan Delegasi
Sebelum mengadakan delegasi, seorang pimpinan harus memperhatikan hal-hal penting berikut, yaitu:
Prioritas
Prioritas merupakan kegiatan penting dalam pencapaian sasaran pimpinanpribadi maupun sasaran perusahaan. Kegiatan ini mencakup perencanaan,pemberian, motivasi, dan pelaksanaan evaluasi bagi karyawan,pendelegasian, penetapan, sasaran, pengembangan professional dan pemeliharaan hubungan bisnis yang penting.
Kegiatan yang memerlukan waktu
Ini merupakan kegiatan yang relative penting yang memang berkonstribusi terhadap pencapaian sasaran, walaupun tidak sepenting prioritas. Sebagian besar rapat, pembicaraan telepon, perjalanan dinas, pembuatan laporan dan bahan tertulis termasuk dalam kategori ini.
Kegiatan yang ingin dilakukan
Kegiatan semacam ini berguna,dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih nyaman, misalnya, tidaklah terlalu perlu bahwa jendela-jendela diberishkan, arsip disusutkan, tetapi memang hal semcam itu ingin dilakukan oleh siapun. Namun demikian, kegiatan itu tidak sepenting seperti kegiatan yang memerlukan waktu, dan akibatnya tidak begitu besar jika dilaksanakan dengan tidak begitu baik.
Kegiatan yang memboroskan waktu
Ini merupakan kegiatan remeh dan tidak penting yang sama sekali tidak berkonstribusi kepada pencapaian sasaran pribadi atau sasaran perusahaan, seperti mencari barang yang salah taruh, membolak-balik kertas, mendapat gangguan, mengingat-ingat kembali karena lalai,menunda-nunda dan sebagainya, memboroskan waktunya.
Peroses Pelaksanaan Delegasi
Memutuskan Apa yang harus Didelegasikan
Salah satu langkah utama yang harus diambil bila memutuskan apayang harus didelegasikan ialah mengadakan suatu analisis lengkap tentang kegiatan pekerjaan.
Analisis Kegiatan
Untuk setiap yang akan dilakukan perkirakanlah waktu yang diperlukan tiap bulan untuk mengerjakannya. Hal tersebut akan membuat kita mengerti berapa biaya atau nilai kegiatan tersebut bagi kita dan perusahaan.
Mengklarifikasi Penugasan Anda
Pada saat memberikan tugas kepada seorang karyawan seorang pemimpin haruslah semua informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas itu.
Kesimpulan
Pendelegasian (pelimpahan wewenang) merupakan salah satu elemen penting dalam fungsi pembinaan. Sebagai manajer,menerima prinsip-prinsip delegasi agar menjadi lebih produktif dalam melakukan fungsi fungsi manajemen lainnya. Delegasi wewenang adalah proses dimana manajer mengalokasikan wewenang kepada bawahannya. Manajer pada seluruh tingkatan dapat menyiapkan tugas-tugas yang dapat didelegasikan. Delegasi mencakup kewenangan untuk persetujuan, rekomendasi atau pelaksanaan. Tugas-tugas seharusnya dirangking dengan waktu yang diperlukan untuk melaksanakannya dan sebaiknya satu kewajiban didelegasikan pada satu waktu.
Pendelegasian tugas kepada anak buah sangatlah penting baik bagi atasan maupun anak buah itu sendiri. Bagi atasan pendelegasian dapat mengurangi tugas-tugas yang di bebankan kepadanya dan mempunyai banyak waktu untuk memenuhi tanggung jawabnya serta dapat mengembangkan keterampilannya yang berguna untuk perusahaan. Bagi anak buah pendelegasian tugas dapat memberikan peluang untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Juga merupakan motivasi untuk lebih baik bekerja. Apabila suatu perusahaan seluruh pimpinannya baik dari direktur sampai dengan pimpinan yang paling rendah dapat melaksanakan pendelegasian tugas pada bawahannya, maka dapat diharapkan perusahaan itu akan maju.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H