KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN RONGTENGAH
KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG
Oleh: Habybil Mahbub
ADMINISTRASI PUBLIK
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurhan Rongtengah Kecamatan Sampang Kota Kabupaten Sampang dan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurhan Rongtengah Kecamatan Sampang Kota Kabupaten Sampang. Data di analisis secara kualitatif deskriptif untuk memberikan gambarkan mengenai permasalahan penelitian. Dalam pengumpulan data, metode yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan melalui kuisioner. Hasil penelitian mengenai 5 indikator yang ada pada kualitas pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Rongtengah Kecamatan Sampang Kota Kabupaten Sampang adalah Bukti fisik, Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Perhatian. Selain itu yang menjadi faktor- faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Rongtengah adalah Sumber daya manusia dan kedisiplinan petugas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Rongtengah belum optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyararakat karena masih terdapat pelayanan yang masih kurang baik sehingga masih perlu ditingkatkan. Â
Â
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik
Abstract
The aim of the study was to determine the quality of public services at the Rongtengah Village Office, Sampang District, City of Sampang Regency and to determine the factors that influence the quality of public services at the Rongtengah Village Office, Sampang District, City of Sampang Regency. The data were analyzed qualitatively descriptively to provide an overview of the research problems. In collecting data, the methods used are observation, interviews, and through questionnaires. The results of the study regarding the 5 indicators that exist in the quality of public services at the Rongtengah Village Office, Sampang District, City of Sampang Regency are Physical Evidence, Reliability, Responsiveness, Assurance, Attention. In addition, the factors that influence the quality of public services at the Rongtengah Village Office are human resources and the discipline of service workers. Based on the results of the study it can be concluded that the quality of public services at the Rongtengah Village Office is not optimal in providing services to the community because there are still services that are still not good enough so that they still need to be improved.