BIOGRAFI PENULIS
Nama: AHMAD HABUDIN, S.E
Tempat, Tanggal Lahir: Tangerang, 05 Agustus 1982
Alamat: Kp. Benda Baru, Desa Pondok Jaya, Kec Sepatan, Kab Tangerang
Email: ahmadhabudin30@gmail.com
Asal sekolah: SMAS AL MULTAZAM SEPATAN
Alamat Sekolah: Kp. Benda Baru, Desa Pondok Jaya, Kec Sepatan, Kab Tangerang
Jabatan: Guru Mata Pelajaran Ekonomi
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kuasa yang  diberikan-Nya,  sehingga  penulis  dapat  menyelesaikan  Best Practice Karya tulis ini berjudul " Penerapan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) Dengan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas X " Dengan Materi " PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG ".Materi kelas XI Semester Genap  pada BAB 4 : TEORI UANG, INDEKS HARGA, DAN INFLASI, di SMAS AL MULTAZAM SEPATAN.
Tujuan yang dibuatkannya adalah  meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini peserta didik. Dalam Best Practice ini memuat langkah-langkah pembelajaran, dan kegiatan di dalam kelas yang menyenangkan.
Dengan ini  Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membatu dan berkontribusi positif untuk terselesaikannya Best Practice ini. Penulis juga menyadari dalam pembuatan Best Practice ini masih banyak kekurangannya karena keterbatasan waktu dan pengetahauan, oleh karena itu saya sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan karya tulis ini. Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing sehingga karya ini saya selesaikan.
Tangerang, Â Januari 2024
PENYUSUN
BAB I
Pendahuluan
A. LATAR BELAKANG
Sekolah kami yang berada  di  daerah dekat lingkungan industri dengan latar belakang orang tua siswa secara umum dengan mata pencarian karyawan pabrik  dan  pedagang,  dengan tingkat kesibukan yang banyak menyita waktu mereka, sehingga kondisi tersebut berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dan mempengaruhi kondisi siswa dalam belajar di sekolah.
 "Masalah utama yang dihadapi saat ini adalah kemampuan guru dalam pemanfaatan IT atau ICT untuk kegiatan pembelajaran belum merata. Selain itu juga masih adanya kesenjangan literasi TIK antar wilayah di satu sisi dan perkembangan internet yang juga membawa dampak negatif terhadap nilai dan norma masyarakat sehingga perlu dilakukan upaya secara aktif dari semua stakeholder sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada kegiatan pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru untuk membuat bahan ajar pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada di sekolah mitra dalam pemanfaatan Teknologi Informasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran". R. Ceha, dkk ( 2016)
"Model PjBL berpengaruh positif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif, hasil belajar dan prestasi, efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, kritis dan kreatif, dan meningkatkan sikap kepercayaan diri, motivasi belajar dan keaktifan peserta didik pada peningkatan sekolah menengah atas pada kurikulum merdeka. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu memperluas ukuran sampel untuk memperoleh visualisasi yang lebih lengkap tentang efektivitas model PjBL dalam pembelajaran ekonomi di berbagai tingkatan, evaluasi dalam kaitannya dengan model pembelajaran yang berbeda, dan menentukan unsur-unsur yang berkontribusi terhadap efektivitas model PjBL". Nova Pratiwi, dkk ( 2023)
Dalam  kegiatan Praktek ini saya sebagai  Guru   yang   memiliki  tanggung  jawab dalam  menciptakan  proses  pembelajaran  yang inovatif, variatif dan menarik dengan cara memilih dan memanfaatkan metode dan media belajar  yang   tepat   agar   tujuan   pembelajaran dapat  tercapai sesuai  harapan. Oleh karena itu, Saya Sebagai Guru Dan penulis akan memperbaiki pembelajaran yang selama ini diterapkan dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) yang dituangkan dalam Best Practice dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) Dengan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas XI
Â
B. Jenis Kegiatan
Adapun Kegiatan yang dilaporkan dalam laporan Best Practice ini adalah kegiatan pembelajaran Ekonomi Kelas XI Â semester GENAP dalam pokok bahasan Kegiatan Ekonomi " PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG ".
- Manfaat Kegiatan
Manfaat penulisan Best Practice yang di lakukan adalah meningkatkan kemampuan guru dan siswa untuk memanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada di sekolah dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran khususnya pelajaran ekonomi
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
Â
A. TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan penulisan Best Practice ini adalah untuk mendeskripsikan Best Practice. saya sebagai penulis akan menerapkan pembelajaran Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL).
Sasaran pelaksanaan Best Practice ini adalah siswa kelas XI IPS Semester  Genap    Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMAS AL MULTAZAM SEPATAN.
B. Materi Kegiatan
Bahan yang digunakan dalam Best Practice pembelajaran ini adalah  Dengan Materi " PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG ".Materi kelas XI Semester Genap  pada BAB 4 : TEORI UANG, INDEKS HARGA, DAN INFLASI, dengan rincian kompetensi awal sebagai berikut:
- peserta menguasai konsep dasar matematika yaitu memahami konsep perhitungan persentase maupun konsep statistik. Apabila sudah memahami konsep dasar perhitungan,
- peserta didik mampu menghitung indeks harga dan inflasi.
- pelaksanaan Kegiatan
menerapkan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL). Ada beberapa hal yang perlu dilakukan Dalam persiapan praktik pembelajaran yaitu, Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk penunjang proses belajar mengajar seperti leptop, proyektor, jaringan internet, dan aplikasi yang mendukung untuk mengerjakan projek siswa seperti aplikasi powerpoint di gunakan untuk media presentasi
PERTEMUAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
- Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa
- Guru menanyakan kabar dan kesiapan belajar peserta didik
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya dengan pertanyaan, apa itu uang?
- Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan
- Guru menyampaikan  Sintak dalam Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL)
Kegiatan Inti (70 Menit)Â
Sintak 1
Guru Mengajukan Pertanyaan:
1. Apa yang dimaksud dengan permintaan uang?
2. Apa faktor yang memengaruhi permintaan uang?
3. Apa motif masyarakat memegang uang?
Guru Memberikan Materi
" Permintaan Dan Penawaran Uang"
- materi tersedia melalui power point
- https://docs.google.com/presentation/d/1T1Teq0Tl4FYcenAiEYW1XUV05TPAMGi6/edit?usp=drive_link&ouid=116694481157105483303&rtpof=true&sd=true
- melalui vidio
link 1:
https://www.youtube.com/watch?v=oW8_ZFY92_w
link 2:
https://www.youtube.com/watch?v=SOollvk4CY4
Sintak 2
Mendesain perencanaan proyek
- Guru memberi tugas lewat LKPD yang di siapkan dan di bagikan perkelompok untuk membuat bahan presentasi mengunakan powerpoint disertai vidio dengan materi tugas
Sejarah uang
Jenis jenis uang
Kegunaan uang
Pengaruh uang pada kegiatan usaha
- Siswa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan projek
- Siswa menyiapkan dan mengumpulkan bahan materi bisa lewat buku dan internet
- Setelah menyaksikan video guru dan siswa saling bertanya dan menanggapi tentang apa yang terjadi dalam video tersebut
- Guru memberi apresiasi kepada siswa yang mampu menaggapi atau menyimpulkan isi tayangan videokuis dari guru (Repetition)
Sintak 3
- Menyusun  Jadwal Pembuatan Projek
- Guru dan siswa menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Aktifitas pada tahap ini yaitu agar :
- menyelesaikan proyek selama 30 menit
- Mengarahkan siswa agar menggunakan aplikasi powerpoint untuk melakukan pengerjaan tugas
- Membuat urutan presentasi kelompok
Sintak 4
- Guru Memonitoring keaktifan siswa dan memperhatikan perkembangan proyeknya
- Guru bertanggung jawab memantau kegiatan siswa selama melaksanakan proyek,
- Guru memantau perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan dalam pengerjaan menguanakan aplikasi powerpoint
- Guru memberi intruksi mengerjakan proyek harus sesuai dengan arahan guru, dengan tugas yang di berikan masing masing
Kegiatan Penutup (10 Menit)
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi pada pertemuan kali ini
- Guru memberikan penguatan pada  peserta didik
- Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan
- Guru menyampaikan materi ajar yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya
- Guru menutup pertemuan dan mengucapkan salam
PERTEMUAN KE-2
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
- Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa
- Guru menanyakan kabar dan kesiapan belajar peserta didik
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya dengan pertanyaan, apa itu uang?
- Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan
- Guru menyampaikan  Sintak dalam Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL)
Kegiatan Inti (70 Menit)
Sintak 5
- Guru memeriksa hasil proyek sudah sejauh mana hasilnya yang telah dibuat oleh siswa
- Siswa mempresentasikan hasil pembuatan tugas yang di berikan berupa powerpoint tiap kelompoknya
- Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk saling memberikan tanggapan dan masukan
- Guru melakukan penilaian tentang keaktifan kelompok dan individu siswa
- Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa dalam mengerjakan proyek
Sintak 6
- Guru dan siswa menyimpulkan hasil presentasi
- Guru memberikan masukan kepada siswa, atas kemampuan siswa
- Guru meminta siswa mengumpulkan LKPD dan hasil proyek yang berupa file
- Guru memberikan evaluasi kepada siswa
Â
Kegiatan Penutup (10 Menit)
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi pada pertemuan kali ini
- Guru memberikan penguatan pada  peserta didik
- Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan
- Guru menyampaikan materi ajar yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya
- Guru menutup pertemuan dan mengucapkan salam
Â
C. Media dan Instrumen
Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah video pembelajaran dan peralatan teknologi seperti leptop, proyektor, jaringan internet, dan aplikasi yang mendukung untuk mengerjakan projek siswa seperti aplikasi powerpoint
D. Waktu dan Tempat Kegiatan
adapun penerapan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) ini saya gunakan pada saat masuk semester 2. Di SMAS AL MULTAZAM SEPATAN
BAB III
HASIL KEGIATAN
Â
Â
A. HASIL KEGIATAN
Model Project Based Learning (PJBL) ini membantu siswa untuk mengembangkan  pengetahuannya  dan  memunculkan rasa tanggung jawab karena berusaha mencari dan memecahkan  penyebab  dari  kesulitan  belajar  secara mandiri, dan merangsang untuk belajar secara kontinyu. Penggunaan peralatan teknologi leptop, proyektor, jaringan internet, dan aplikasi yang mendukung seperti media powerpoint/PPT, video, gambar, dan aplikasi-aplikasi dari internet dapat menumbuhkan semangat dan minat siswa untuk belajar ekonomi sehingga  sangat  membantu  siswa  untuk  cepat memahami materi.
Â
B. Masalah yang Dihadapi
Adapun Masalah yang saya  dihadapi selama proses pembelajaran dengan Model Project Based Learning (PJBL) adalah beberapa siswa yang masih belum terbiasa untuk mencari informasi yang secara mandiri mengunakan fasilitas yang ada terutama internet. Selain itu pengelolaan alokasi waktu juga masih belum berjalan dengan baik di tahap pengerjaan proyek, dimana proyek yang seharusnya diselesaikan di sekolah namun ternyata siswa tidak dapat menyelesaikan tepat waktu sehingga pengerjaan proyek dianjutkan di luar jam pelajaran sekolah.
Â
C. Cara Mengatasi Masalah
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi, saya sebagai gusru dan penulis masih perlu memberikan bimbingan secra ekstra ketika siswa mencari berbagai informasi . Bimbingan tersebut mencakup informasi apa saja yang perlu dan tidak perlu disampaikan atau keakuratan sumber informasi. Selain itu, untuk pengelolaan alokasi waktu penulis perlu menginformasikan batas waktu pengerjaan dan memonitoring pelaksaan pengerjaan proyek agar tetap berjalan kondusif dan tepat waktu.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
Â
A. KESIMPULAN
Berdasarkan kegiatan yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Project Based Learning (PJBL) layak dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. serta menumbuhkembangkan ide ide kereatif pada siswa.
B. SARAN
Pada akhir dari bagian karya tulis ini, saya sebagai guru dan penulis akan menyampaikan saran-saran,yaitu:
- Peran guru sebaiknya mampu menerapkan dan memanfaatan teknologi sehingga bisa dijadikan sebagai inovasi dalam pembelajaran. Terutama mata pelajaran ekonomi yang bervariasi sehingga siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan.
- berikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dengan cara mencari sendiri informasi yang dibutuhkan terkait materi yang diberikan serta mempresentasikan hasil yang mereka dapat.
Daftar Pustaka
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., & Bachtiar, I. (2016). Peningkatan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi pada kegiatan pembelajaran. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, 131-138. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/1693
- Pratiwi, N., & Ahman, E. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Ekonomi SMA pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 143-154.
- https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/article/view/14313
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H