Mohon tunggu...
habibullah rabbani
habibullah rabbani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

senang keluar dari zona nyaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksistensi Korean Wave dalam Fanatisme dan Gaya Hidup pada Generasi Millenial di Indonesia

30 Juni 2022   05:04 Diperbarui: 30 Juni 2022   05:11 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini kita berada di era globalisasi dimana semua teknologi berkembang sangat pesat dimana dalam fase ini semua hal serba instan dan mengalami perkembangan, salah satunya dibidang teknologi. 

Teknologi informasi pun akan semakin meningkat seiring berjalannya zaman. Media massa pun memberikan informasi terkini kepada masyarakat dengan cepat dan mudah.

Hal ini bisa menimbulkan munculnya budaya yang disukai banyak orang, yakni budaya populer. Contoh budaya populer yang mendapat perhatian dunia adalah budaya musik dan dramanya. Industri musik Korea berkembang pesat di seluruh dunia. Boyband dan girlband telah menjadi sangat komersial untuk industri hiburan Korea. 

Sebagian besar industri musik Korea didominasi oleh boyband dan girlband. 

Demikian pula, drama Korea menjadi lebih dan lebih luas dan dapat bersaing dengan hiburan lain di dunia. Hingga akhirnya muncul lah perkembangan fenomena Korean wave. 

Mayoritas penggemar antusias Korean wave sendiri adalah kalangan remaja, termasuk Generasi Millenial. Fenomena Korean wave yang secara tidak langsung membuat para penggemar antusias juga membentuk gaya hidup para penggemar itu sendiri.(Putri & Purnomo, 2019)

Dalam fenomena ini, biasanya penggemar Korea mengkonsumsi produk budaya diwujudkan dalam gaya hidup. salah satu produk Korean wave yang sangat diminati kaum milenial adalah musik pop. Musik pop Korea atau yang sering disebut kpop merupakan salah satu sektor hiburan yang menggerakkan perekonomian Korea. 

Kehadiran artis K-POP saat ini telah mempengaruhi selera millenial dalam banyak hal. Misalnya, mempopulerkan produk perawatan kulit dan make-up Korea, gaya Korea, konsumsi makanan Korea, dll.

Fenomena budaya populer Korea atau biasa dikenal dengan istilah Korean Wave yang saat ini sedang berkembang pesat di kalangan remaja Indonesia layak menjadi banyak perhatian masyarakat. Demam budaya kpop ini sudah merembet ke seluruh kalangan remaja. 

Terutama didunia permusikan yakni musik kpop. Dilihat dengan penjualan album musik Korea yang sangat melejit di Indonesia. Salah satu "online shop di media sosial Instagram yang menjual album musik Korea yaitu KpopSale, dapat menjual lebih dari 500 keping album musik hanya untuk 1 artis Korea. 

Penyebaran demam budaya Korea ini juga cukup merata, artinya tidak hanya di kota-kota tertentu di Indonesia. Hal ini dikarenakan penyebaran Korean Wave hampir 100% melalui media massa seperti internet dan televisi yang mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Namun memang, di Indonesia, budaya populer Korea lebih menjamur di kalangan anak muda.
(Putri, 2019)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun