Mohon tunggu...
Habib Fatrian Kesuma Akhmaja
Habib Fatrian Kesuma Akhmaja Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiswa aktif di perguruan tinggi Universitas Potensi Utama Medan, saya mahasiswa Dari Prodi Manajemen.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Personal Branding Dalam Sebuah Bisnis

29 Desember 2024   21:42 Diperbarui: 29 Desember 2024   21:42 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di era digital yang semakin berkembang dan dinamis seperti sekarang ini, personal branding menjadi salah satu aspek yang paling 

penting dalam membangun citra diri dan mencapai kesuksesan. Baik itu dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Hal tersebut bukan lagi sekedar sebuah istilah yang terdengar futuristik. Namun sebaliknya, hal tersebut menjadi suatu keharusan 

yang diperlukan bagi setiap individu yang ingin memiliki suatu identitas yang baik ditengah keramaian media sosial yang semakin 

padat. 

Apa itu Personal Branding?

Personal Branding merupakan suatu proses yang membangun dan mengelola citra atau reputasi diri seseorang. Dengan kata lain 

proses membentuk persepsi masyarakat akan diri seseorang yang meliputi kepribadian, pengetahuan, kemampuan dan aspek lainnya 

yang menjadi persepsi positif dibenak masyarakat serta dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

Personal branding berbicara tentang bagaimana cara menjadikan diri kalian sebagai suatu merk/ brand yang banyak dikenali dan 

mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Penting nya Personal Branding dalam sebuah bisnis

Pentingnya personal branding dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

1.  Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas 

Personal branding membantu membangun kepercayaan konsumen terhadapmu sebagai individu. Ketika pelanggan memiliki 

keyakinan terhadap karakter dan integritasmu, mereka lebih mungkin mempercayai produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

2. Membangun Jaringan (Networking)

Personal branding dapat memudahkan proses networking. Dengan memiliki identitas yang kuat, kamu akan lebih mudah dikenali dan 

diingat oleh orang-orang dalam industri atau lingkungan bisnismu.  

3. Mempermudah Pemasaran

Personal branding membantu membedakan kamu dari pesaing. Jika kamu berhasil membangun citra yang positif dan kuat, ini dapat 

menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian pelanggan.

4. Menarik Pelanggan dan Peluang Kerja  

Membangun personal branding yang positif dapat membuatmu menarik perhatian pelanggan potensial dan peluang kerja. Orang-

orang cenderung lebih tertarik bekerja sama dengan individu yang memiliki citra profesional yang baik.

5. Meningkatkan Daya Saing

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, memiliki personal branding yang kuat dapat menjadi keunggulan kompetitif. Citra 

yang positif dapat membuatmu lebih diingat dan diakui di pasar.

 6. Menghadapi Krisis dengan Lebih Baik

Ketika terjadi krisis atau tantangan dalam bisnis, memiliki personal branding yang kuat dapat membantumu mengatasi situasi 

tersebut. Kepercayaan dan dukungan yang telah kamu bangun sebelumnya dapat menjadi modal untuk menghadapi masalah tersebut.

7. Memperjelas Misi dan Nilai

Personal branding membantumu memahami dan menyampaikan misi serta nilai-nilaimu dengan jelas. Ini menciptakan konsistensi 

dalam tindakan dan komunikasimu, yang dapat meningkatkan kepercayaan dari pihak lain.

Melalui personal branding, kamu dapat membentuk citra yang autentik dan kuat yang mencerminkan nilai-nilai dan 

kepribadianmu.Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola personal branding dengan hati-hati dan konsisten.

Salah Satu Influencer yang kita kenal  ialah Dr.Richard Lee, dia membangun citra diri dengan pengetahuan nya 

tentang seputar skincare kecantikan. Dan diperkuat dengan latar belakang profesi nya sebagai seorang dokter sehingga membangun 

citra positif dimasyarakat, maka dari itu masyarakat dapat menjadikan nya patokan/kiblat untuk produk skincare.

Dr. Richard Lee  memulai karier sebagai dokter umum di Sinarmas Group. Setelah beberapa tahun, ia mendirikan Klinik Athena di 

Palembang, yang kini berkembang dengan cabang di berbagai kota di Indonesia. Klinik ini menjadi salah satu tempat perawatan 

kecantikan terkemuka. 

Pada 2018, ia mulai aktif di YouTube dengan konten edukasi tentang skincare. Berkat penyampaiannya yang lugas dan berbasis ilmu, 

ia berhasil menarik jutaan pengikut. Kini, akun TikTok-nya memiliki lebih dari 6 juta pengikut, sementara YouTube-nya diikuti oleh 

lebih dari 5 juta subscribers.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun