Mohon tunggu...
Kemara Gumilang
Kemara Gumilang Mohon Tunggu... Penulis - Hanya seorang penulis biasa...

suka baca tulis

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Cermat Pilih Ekspedisi Surabaya Denpasar, Demi Pengalaman Terbaik Mengirim Barang

14 Desember 2021   22:57 Diperbarui: 3 Januari 2022   08:29 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menggunakan jasa dari perusahaan pengiriman barang atau ekspedisi adalah hal yang lumrah untuk dilakukan pada masa sekarang. Sejalan dengan banyaknya kebutuhan untuk mengirimkan barang, tidak hanya antar kota, melainkan antar pulau.  

Dengan menggunakan jasa dari perusahaan pengiriman barang, maka kita bisa menghemat waktu dan biaya, karena proses pengiriman barang akan sepenuhnya diurus oleh perusahaan yang profesional.

Namun tidak semua penyedia jasa ekspedisi memiliki kualitas yang bagus untuk dipercaya dalam  melakukan pengiriman barang. Semua akan terasa percuma jika barang yang rencana kita kirimkan harus rusak atau mengalami sesuatu yang buruk sebelum sampai ke alamat tujuan.

Sebelum benar benar menjatuhkan pilihan kepada penyedia jasa ekspedisi, yang akan mengirimkan barang Anda, sebaiknya Anda jeli untuk menentukan mana yang paling tepat. Karena sekali lagi, semua akan percuma jika kegiatan ekspedisi Anda ditangani oleh pihak yang salah.

Oleh sebab itu berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda untuk menentukan bagaimana seharusnya memilih perusahaan jasa ekspedisi yang tepat untuk keperluan kegiatan pengiriman barang Anda.


•Validasi Website & Media Sosial
Perusahaan jasa ekspedisi yang profesional, akan melengkapi informasinya, baik memiliki sebuah website atau media sosial. Dengan mengakses website atau media sosial penyedia jasa ekspedisi, kita bisa mendapatkan informasi lengkap, terkait pengiriman yang bisa dilakukan, biaya pengiriman, hingga estimasi pengiriman.


Tidak hanya itu, melalui sebuah website dan media sosial, kita juga bisa langsung menghubungi perusahaan jasa tersebut, tidak hanya untuk mendapatkan layanan yang diberikan, tapi sekedar bertanya kepada customer servicenya pun akan dimudahkan dengan website dan media sosial.


Penyedia jasa ekspedisi yang baik, biasanya juga akan melengkapi berbagai data penting lainnya, seperti alamat perusahaan, nomor telepon yang bisa dihubungi atau informasi penting lainnya di website dan sosial media mereka, dan itu merupakan bentuk validasi yang mampu meningkatkan kepercayaan kita terhadap sebuah penyedia jasa.


•Layanan yang Diberikan
Perusahaan jasa ekspedisi juga akan memberikan berbagai layanan yang ditujukan untuk mempermudah kegiatan pengiriman barang. Semakin banyak layanan yang mampu diberikan oleh penyedia jasa ekspedisi, maka akan lebih ringan beban kita untuk melakukan kegiatan pengiriman barang

Seperti contoh untuk kegiatan ekspedisi Surabaya Denpasar, biasanya layanan yang paling umum yang akan diberikan oleh penyedia jasa ekspedisi adalah door to door service, dimana barang kiriman akan dijemput oleh penyedia jasa ekspedisi dan dikirimkan tepat didepan pintu rumah penerima.


Jadi Anda atau penerima tidak perlu repot repot ke kantor atau gudang penyedia jasa ekspedisi. Namun alangkah lebih menyenangkan kalau penjemputan barang tidak dibebani tambahan tarif, atau GRATIS. Karena tidak banyak penyedia jasa ekspedisi yang mampu memberikan penjemputan barang secara cuma-cuma.


Selain itu Anda juga bisa melihat perusahaan jasa tersebut bisa melakukan kiriman melalui jalur apa saja. Kemudian barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dikirimkan, dan layanan lainnya seperti penjemputan barang, survey barang, layanan tracking, asuransi, atau layanan khusus lainnya.


•Pengalaman Dari Penyedia Jasa
Jika contohnya adalah ekspedisi Surabaya Denpasar maka sebaiknya pilihlah perusahaan yang telah berpengalaman. Informasi ini juga bisa didapatkan dari situs dan media sosial perusahaan.
Dari pengalaman yang telah dijalani oleh perusahaan, diharapkan perusahaan penyedia jasa dapat melalui dan bertanggung jawab atas beberapa kendala yang dihadapi. Termasuk ketika proses pengiriman barang mengalami beberapa permasalahan.

Bentuk dari bertanggung jawab pun beragam, termasuk ketika harus memberikan penjelasan, mengenai pengemasan barang, perhitungan harga, dan yang paling krusial adalah penjelasan terkait kerusakan barang.

Dengan penjelasan yang masuk akal dan jelas, maka hubungan baik antara Anda dan penyedia ekspedisi akan terus berjalan.


•Testimoni & Review Orang Lain
Gunakan testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan jasa sebelumnya. Testimoni ini bisa Anda dapat secara personal ataupun melalui situsnya. Dari informasi tersebut, Anda bisa mengetahui apakah jasa tersebut mampu atau tidak menangani pengiriman  barang yang akan Anda lakukan.

Dengan adanya testimoni diharapkan Anda tidak salah pilih penyedia jasa ekspedisi, review atau testimoni terbaik adalah dari orang terdekat, jadi kemungkinan untuk berbohong sangatlah kecil, dan perjalanan dan pengalaman perusahaan penyedia jasa ekspedisi merupakan testimoni alami. Karena kita perusahaan yang mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama akan sejalan dengan kualitas jasa mereka.
 
 
 
 
 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun