Mohon tunggu...
Guruinovatif Id
Guruinovatif Id Mohon Tunggu... Guru - Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

"Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat dari GuruInovatif dengan trainer guru berpengalaman."

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

GuruInovatif Menjadi Solusi Transformasi Kualitas Guru Masa Kini

3 Februari 2021   14:04 Diperbarui: 3 Februari 2021   14:09 982
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GuruInovatif Menjadi Solusi Transformasi Kualitas Guru Masa Kini 

Begitulah kurang lebih percakapan yang terjadi saat membicarakan tentang cita-cita bersama aku dimasa kecil. Maklum masih kelas 1 SD dan baru saja perpisahan TK, pun berpisah juga dengan Bu Endang. Sosok Bu Endang bak malaikat serba tahu yang dengan sabar mengajari anak-anak TK satu per satu.

deenatalia.com
deenatalia.com
Masih terngiang kebaikan hatinya saat itu, sampai-sampai menginspirasiku untuk menjadi seorang guru. Inspirasi itu datang dari sosok seorang guru TK yang mampu bermanifestasi dipikiran anak umur 5 tahun. Apa yang membuat kejadian 23 tahun silam masih terbayang dipikiranku hingga saat ini? Memori akan pengajaran yang sungguh berkesan, rasanya menjadi salah satu alasan.

Walaupun sekarang aku tidak berprofesi sebagai guru, namun secuil pengalaman menjadi guru telah aku geluti saat masa kuliah. Menjadi guru les privat untuk seorang anak SMP merupakan pekerjaan sampinganku selama menjadi mahasiswa. Walau tidak cukup sabar, tetapi aku selalu berusaha menjadi pengajar yang tidak barbar. Sungguh tak terbayang jika pengajarnya barbar, pasti anak didik jadinya ambyar.

Kira-kira bagaimana metode mengajar yang tepat untuk anak didik? Terlebih lagi harus disesuaikan dengan pendidikan Indonesia serta kondisi pandemi yang terjadi saat ini. Ruang kelas bukan lagi pilihan, namun teknologi dan internetlah yang menjadi kawan dalam mencerna pelajaran. Sebelum membahas tentang metode yang tepat, mari kita telisik kondisi guru dan pendidikan Indonesia terlebih dahulu.

Peran Guru dan Potret Pendidikan Indonesia 

Modal utama bagi pembangunan nasional adalah sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas. Untuk itulah, kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan agar mampu memberikan daya saing yang baik. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan Indonesia. Pembangunan nasional pada bidang pendidikan secara jelas tertuang dalam Nawacita butir kelima, meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia.

Guru memegang peranan penting dan sangat krusial dalam pembangunan kualitas pendidikan, melalui pengajaran kepada para anak didik. Pahlawan tanpa tanda jasa memang layak disematkan bagi seluruh guru di Indonesia bahkan di dunia. Mercerdaskan bangsa adalah moto hidup bagi seorang guru. Moto inilah yang harus tertanam dalam diri seorang guru guna memajukan pendidikan Indonesia yang bermutu.

Namun sayangnya penyebaran guru di wilayah Indonesia belum merata. Menilik data yang disajikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019, jumlah guru di Indonesia sebanyak 2.936.893 orang, dimana 852.180 orang diantaranya atau sekitar 37,43% merupakan guru honorer. Sebanyak 77,23% guru honorer berada di daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia, berbanding terbalik dengan daerah perkotaan.

blog-peserta-2-2-601a4939838cc678c3360d92.png
blog-peserta-2-2-601a4939838cc678c3360d92.png
Masih banyak wilayah pedalaman yang kekurangan tenaga pengajar bahkan minim fasilitas pengajaran. Selain penyebaran guru dan fasilitas pendidikan, kualifikasi guru pun juga perlu ditingkatkan. Kualitas guru sebagai tenaga pengajar dinilai sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Peningkatan kualitas pendidikan berjalan seiring dengan peningkatan kualitas guru sebagai tenaga pengajar.

Perlunya Peningkatan Kualitas Guru di Indonesia 

UNESCO melaporkan dalam Global Education Monitoring (GEM) tahun 2016, mutu pendidikan Indonesia berada pada peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang, sementara kualitas guru Indonesia menempati peringkat ke-14 dari 14 negara berkembang. Jujur, data ini membuatku cukup teriris melihat pendidikan Indonesia yang miris.

blog-peserta-2-3-601a4944838cc67b3f3a12c2.png
blog-peserta-2-3-601a4944838cc67b3f3a12c2.png
Faktanya lagi, sebanyak 75% sekolah di Indonesia dinilai tidak memenuhi standar layanan minimal pendidikan. Tidak sampai hati melihat pendidikan Indonesia masih tertinggal jauh dari negara berkembang lainnya. Masa iya, Indonesia mau terus menerus berada di bawah? Bukannya tidak mampu, aku yakin pendidikan Indonesia masih cukup layak untuk diperjuangkan peningkatan kualitasnya.

Coba bayangkan, seorang anak TK, seperti aku pada masa kecil, bisa terinspirasi dari gurunya. Padahal kalau dipikir-pikir, apalah yang dimengerti oleh anak usia 4 tahun? Namun andai kata banyak anak didik yang terinspirasi dari guru mereka sehingga kian juga bercita-cita menjadi guru, dapat dipastikan Indonesia tidak akan kekurangan tenaga pengajar.

Segelintir faktor di atas menunjukkan bahwa perlunya peningkatan kualitas guru di Indonesia. Mengingat tantangan yang dihadapi kian berat dari waktu ke waktu. Metode pengajaran zaman dahulu pasti berbeda dengan zaman sekarang atau istilah kerennya zaman now. Itulah alasannya diperlukan peningkatan kualitas guru di Indonesia.

Transformasi Pendidikan Indonesia 

BERUBAAAAHHH!!! Ala-ala power ranger atau sailormoon, serial kartun pada saat aku kecil dahulu, anak 90an, pasti tahu deh hehe! Kurang lebih, begitulah yang dirasakan pendidikan Indonesia di masa pandemi ini, berubah atau bertransformasi. Transformasi pendidikan telah terjadi walaupun memang secara terpaksa, ya terpaksa karena pandemi ini. Mau tidak mau, suka atau tidak, memang sudah saatnya pendidikan Indonesia berubah.

Semua orang pasti paham bahwasanya transformasi bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang tak ayal menjadi kendala bagi proses pengajaran. Apalagi di masa pandemi, tantangannya akan semakin berat dan butuh strategi ekstra dalam melakukan pengajaran.

blog-peserta-2-4-601a4953d541df331b432f32.png
blog-peserta-2-4-601a4953d541df331b432f32.png
Tantangan Guru di Masa Pandemi 

Awal tahun 2020, perjumpaan anak didik dan guru masih berlangsung normal di ruang kelas, pengajaran langsung, dan terkontrol dengan baik oleh orang tua dan sekolah. Namun, semuanya serasa berbalik 180 derajat sejak pandemi melanda Indonesia bahkan dunia.

Tidak ada lagi pertemuan tatap muka, semua harus tetap di rumah demi terhindar dari virus sumber malapetaka. Mau tidak mau, pengajaran harus dilakukan secara virtual di rumah masing-masing. Wah, rasanya hal ini menjadi tantangan baru dunia pendidikan tanah air, terlebih tantangan bagi para guru dalam proses pengajaran. Apa saja hal-hal yang menjadi tantangan guru dalam proses pengajaran di masa pandemi?

blog-peserta-2-5-601a499d8ede4869bd62cdd2.png
blog-peserta-2-5-601a499d8ede4869bd62cdd2.png
1. Terbatas Ruang dan Waktu 

Keterbatasan ruang, yang dulunya di sekolah dengan fasilitas pendidikan yang mumpuni, menjadi di rumah yang minim fasilitas. Waktu belajar di sekolah tentu berbeda rasanya jika dibandingkan dengan waktu belajar di rumah. Tidak ada teman-teman, tanpa kelas ruangan, dan berjuang mempelajari bahan pelajaran sendirian.

Jika dibiarkan berlarut-larut, keterbatasan ruang dan waktu ini dapat menjadi kendala besar bagi dunia pendidikan. Berat? Pasti! Apalagi jika mengingat kondisi rumah masing-masing anak didik dan guru berbeda-beda. Namun, tantangan ini tidak boleh menjadi hambatan, guru dan sekolah hendaknya berinovasi guna menciptakan kegiatan belajar dan mengajar secara virtual.

2. Teknologi dan Internet 

Bersyukur dewasa ini teknologi dan internet sudah banyak membantu kita ditengah hiruk pikuk pandemi yang tidak karuan. Teknologi dan internet sedikit banyak telah membantu proses pengajaran secara virtual atau daring.

Namun sayangnya, tidak semua guru dan anak didik yang familiar dengan kemajuan teknologi, beberapa masih dapat dibilang gagap teknologi alias gaptek. Belum lagi perkara gadget yang sering kali tidak support dengan aplikasi pembelajaran. Sebut saja gadget yang jadul. Jaringan internet yang tidak stabil, serta kuota internet yang perlahan membengkak, mungkin dapat juga menjadi tantangan pengajaran di masa pandemi ini.

3. Keluhan Orang Tua 

Banyak orang tua yang mulai kewalahan menghadapi pembelajaran virtual. Belum kelar urusan dapur, si anak sudah merengek minta dinyalakan laptop. Laptop menyala pun tidak menjadi jaminan anak fokus mengikuti pelajaran, orang tua harus turut serta mengawasinya.

Bagaimana orang tua tidak mengeluh? Dampaknya juga dirasakan sang guru karena keluhan orang tua ini pasti disampaikan kepada gurunya. Disamping orang tua yang harus siap mendampingi, guru juga harus pintar-pintar menjawab keluhan orang tua dan memutar otak untuk meminimalisir berbagai keluhan.

4. Penyampaian Materi 

Siapa yang pernah mengantuk saat belajar di kelas? Aku salah satunya hehe, karena materi yang disampaikan guru terlalu monoton. Saat raga berada dalam satu ruang dengan guru, rasa kantuk bisa saja datang mengerang. Apalagi sekarang, saat tatapan bertemu secara maya melalui layar laptop.

Sebab itu, penyampaian materi kepada anak didik saat pembelajaran virtual harus efektif dan menarik. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi guru yang tidak terbiasa membuat bahan tayang untuk disajikan secara online.

Namun, tidak perlu khawatir karena dengan modal internet, guru dapat berlatih membuat bahan tayang melalui kelas online pada platform GuruInovatif.id. Guru dapat mengikuti kursus online untuk melatih kemampuan guru dengan berbagai strategi di GuruInovatif.id. Mau tau seluk beluk GuruInovatif.id yuk baca terus tulisanku sampai selesai!

5. Kualitas Guru 

Kualitas dan kompetensi guru kian menjadi kunci dalam pembelajaran virtual. Jika tidak ada inovasi dan kreatifitas, bagaimana bisa pembelajaran diserap dengan baik oleh anak didik? Tantangan ini harus dijawab dengan inovasi dan kreatifitas dari guru dalam kegiatan pembelajaran.

Bukan hanya murid yang belajar secara virtual, guru pun dapat belajar mengembangkan kualitas ajarnya secara virtual melalui platform online yang dapat membantu guru mengasah kemampuannya. Coba deh intip GuruInovatif yang bisa dijadikan tempat belajar guru secara online, bahkan menyediakan sertifikasi guru dan pelatihan guru.

Strategi Pengajaran di Masa Pandemi 

Menjawab berbagai tantangan dalam proses pembelajaran jarak jauh secara virtual atau online, diperlukan strategi jitu dalam memecahkannya. Umpama sebuah senapan, pasti butuh amunisi untuk dapat bereaksi.

Banyaknya tantangan tidak boleh menggerus semangat kita untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan Indonesia. Terkhusus bagi para guru sebagai tenaga pengajar yang mempunyai peran sangat vital. Guru harus punya strategi untuk meningkatkan mutu kualitas pengajarannya agar dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan.

blog-peserta-2-6-601a4987838cc61bfe6ea8e2.png
blog-peserta-2-6-601a4987838cc61bfe6ea8e2.png
1. Manajemen Waktu dengan Baik 

Kondisi sekolah dan rumah memang jauh berbeda, begitu pula dengan vibesnya. Kalau di rumah bawaannya ingin bersantai atau mengerjakan pekerjaan rumah. Eits, tapi ingat ya walaupun di rumah namun seorang guru harus dapat memosisikan dirinya saat jam pelajaran.

Nah, mulailah disiplin diri dengan membuat jadwal pengajaran setiap harinya. Buatlah lesson plan untuk anak didik setiap harinya. Usahakan sama seperti jadwal sekolah, sisipkan pula waktu istirahat untuk rileks sejenak. Sampaikan jadwal yang sama kepada anak didik melalui orang tuanya, dengan tujuan agar jam pelajaran tidak terganggu dengan aktivitas rumah.

2. Manfaatkan Kemajuan Teknologi 

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai sarana dan media pembelajaran di masa pandemi ini. Selain itu, juga dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas pengajaran. Guru dapat menggunakan aplikasi chatting untuk berkonsultasi, aplikasi video, dan media online lainnya untuk upgrade kemampuannya.

Manfaatkan platform online seperti GuruInovatif dalam mengasah kemampuan guru. Bagaimana mengajar secara virtual? Bagaimana teknik pengajaran yang tepat dalam pengajaran online? Apa saja media yang dapat digunakan dalam pembelajaran virtual? Apa metode yang cocok dalam proses pengajaran?

Semuanya itu dapat dipelajari oleh guru hanya lewat genggaman, tentunya dengan bantuan teknologi yang semakin mutakhir. Inilah salah satu peran GuruInovatif dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru. Menciptakan ruang belajar maya untuk guru agar semakin terpacu meramu ilmu baru dari waktu ke waktu.

3. Komunikasi dengan Anak Didik 

Walau tidak bertemu secara tatap muka, namun hendaknya guru tetap melakukan komunikasi dengan anak didik dan orang tuanya. Guru harus memantau perkembangan belajar anak didik selama di rumah. Boleh sesekali guru mengunjungi rumah anak didik jika diperlukan, tapi ingat tetap utamakan protokol kesehatan ya.

Komunikasi ini penting, agar anak didik merasa diperhatikan oleh gurunya sehingga menciptakan suatu hubungan yang dekat dan harmonis. Terciptanya komunikasi yang baik ini dapat membantu anak didik dalam menerima materi pembelajaran.

4. Inovasi Teknik Pengajaran 

Rasanya jika guru tidak melakukan inovasi dalam pengajaran, maka pembelajaran terasa sangat membosankan. Bahkan bisa saja anak didik merasa enggan atau mengantuk saat belajar. Tentunya hal ini tidak diharapkan oleh para guru, kan?

Sebab itu, perlunya inovasi pada teknik pengajaran yang digunakan oleh guru. Apalagi di masa pandemi seperti ini, guru harus kreatif menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. GuruInovatif hadir untuk berbagi materi serta inovasi supaya pembelajaran berlangsung efektif.

GuruInovatif menjadi tempat belajar guru yang paling mudah diakses, guru dapat menyaksikan materi pembelajaran gratis, mengikuti webinar dari para ahli, membaca artikel tentang pendidikan dan lainnya. Menarik bukan?

Selain itu, guru juga harus memiliki kompetensi untuk bisa mengajar dengan efektif atau disebut juga Teaching Mastery Framework (TMF). Eits, jangan bingung dulu, TMF merupakan metode yang digunakan oleh HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Service), lembaga yang aktif berperan dalam transformasi pendidikan Indonesia dalam hal peningkatan kompetensi pengajaran guru. Nah, pelan-pelan nanti akan aku jelaskan detailnya.

5. Bahan Ajar yang Mudah dimengerti 

Selama proses pengajaran virtual, perlu diperhatikan bahan aja dan materi yang disajikan. Jangan monoton dan upayakan dibuat sekreatif mungkin sehingga mudah dimengerti oleh anak didik. Tetapi aku sadar betul, kemampuan setiap guru dalam pembuatan bahan ajar berbeda satu dengan lainnya.

Untuk itulah, seorang guru penting untuk mengikuti suatu pembelajaran (course) guna menambah kemampuannya dalam pembuatan bahan ajar. GuruInovatif menyediakan banyak mini course gratis yang dapat dijadikan dasar pembelajaran bagi para guru.

Bagaimana nih, apakah para guru sudah memahami strateginya? Atau malah semakin khawatir dalam mengeksekusi strategi pengajaran di masa pandemi? Tenang, GuruInovatif akan membantu para guru dalam meningkatkan mutu kualitas pengajarannya dengan berbagai peran aktif dan strategi jitu ala GuruInovatif.

Kenalan dengan GuruInovatif

Dari tadi, aku selalu saja menyebutkan GuruInovatif, sebenernya apa sih itu? Terdengar asing ya? Nih, kenalin guys, GuruInovatif merupakan platform online baru yang menjadi Tempat Belajar Guru untuk melatih ketrampilan dan kemampuan guru dalam proses pengajaran.

Oh jelas dong, yang belajar bukan hanya anak didik saja, tetapi guru juga harus terus menurus mengasah kemampuannya agar dapat menciptakan proses pengajaran yang lebih berkualitas. GuruInovatif.id tersedia untuk seluruh guru di Indonesia, bisa diakses kapan pun dan dimana pun dengan sangat mudah.

Fitur yang ditawarkan GuruInovatif pun sangatlah beragam, mulai dari kursus online (online course), webinar, sertifikasi guru, pelatihan guru, sampai ke berbagai tutorial dalam pengajaran yang tentu saja memudahkan guru dalam kegiatan mengajar.

Seperti yang telah aku sampaikan sebelumnya, GuruInovatif merupakan salah satu kelas online yang digarap oleh HAFECS yang tentu saja sudah sangat berpengalaman dalam berkecimpung didunia pendidikan. Sebagai salah satu pelopor transformasi pendidikan Indonesia, HAFECS mengusung metode pembelajaran mutakhir, yaitu Teaching Mastery Framework (TMF) yang sangat efektif untuk meningkatkan mutu kualitas pengajaran bagi seorang guru.

TMF akan berfokus pada 4 aspek meliputi afeksi, behavior, engagement, dan cognitive. Para guru dapat melakukan inovasi teknik pengajaran dengan mengimplementasikan TMF dalam metode pengajaran yang diberikan kepada anak murid.

blog-peserta-2-7-601a49f18ede48327728a493.png
blog-peserta-2-7-601a49f18ede48327728a493.png
Terobosan baru yang digarap oleh HAFECS melalui GuruInovatif diharapkan mampu membantu transformasi dunia pendidikan Indonesia. Menggunakan konsep pengajaran teranyar dengan memanfaatkan teknologi masa kini, diharapkan mampu mendorong para guru untuk terus menggali potensi diri.

GuruInovatif sangat berperan dalam peningkatan mutu kualitas pengajaran guru dan pendidikan Indonesia. Sudah saatnya pendidikan Indonesia bertransformasi menjadi lebih baik lagi, dimulai dari kesadaran para guru untuk aktif mengasah kemampuannya, sehingga dapat memberikan pengajaran yang efektif kepada setiap anak didiknya.

GuruInovatif Terobosan Baru untuk Guru Menimba Ilmu 

Pada masa pandemi ini, GuruInovatif hadir bak oase yang menyegarkan dahaga para guru yang kebingungan atau kehabisan ide untuk mengembangkan metode pembelajaran jarak jauh. Guru belajar mengajar di GuruInovatif merupakan suatu gagasan cemerlang untuk menjawab segala tantangan dunia pendidikan ditengah pandemi ini.

blog-peserta-2-8-601a49c6838cc61b7d000cf2.png
blog-peserta-2-8-601a49c6838cc61b7d000cf2.png
Tidak perlu bingung memikirkan caranya, sudah ada GuruInovatif yang siap sedia menemani para guru dengan setia. Untuk itulah GuruInovatif hadir, untuk berperan dalam peningkatan mutu kualitas pengajaran guru. Jadi, aku mengajak para guru untuk tidak lelah belajar serta menggali pengetahuan lebih lagi.

Online Certification 

GuruInovatif menyediakan berbagai macam kursus online yang dapat diikuti oleh guru dengan berbagai pilihan. Tentu saja dengan metode TMF yang pastinya membantu guru meningkatkan kompetensinya.

blog-peserta-2-9-601a49e3d541df55a734b352.png
blog-peserta-2-9-601a49e3d541df55a734b352.png
Guru dapat mengambil sertifikasi online dengan 32 jam pelatihan (JP) dalam berbagai macam paket modul yang disediakan HAFECS pada platform GuruInovatif. Paket modul tersebut terdiri dari berbagai video dilengkapi dengan dokumen materi.

Pemateri atau trainer yang akan melatih para guru, tentu saja profesional dan berpengalaman dalam penerapan TMF melalui aspek-aspek pada metode Pedagogical Content Knowledge (PCK), Higher Order Thingking Skill (HOTS), dan lainnya.

Untuk dapat mengikuti kelas ini, para guru harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan memilih kelas apa yang akan diikuti. Ada kelas yang gratis ada pula kelas berbayar, tapi tenang saja harganya sangat ekonomis mulai dari Rp 65.000 saja.

Setelah selesai mengikuti kelas, guru akan mendapatkan sertifikat online dan dokumen materi. Ada tugasnya juga loh, jangan lupa untuk dikerjakan ya. Kursus online ini dapat diakses selama 30 hari, jadi tidak perlu terburu-buru ya sesuaikan saja dengan jadwal sang guru.

Mini Course 

Kalau online certification terdiri dari 32 JP, mini course ini hanya 8 atau 16 JP. Namanya juga mini hehe jadi jam pelajarannya pun tidak terlalu padat. Diisi oleh pemateri atau trainer HAFECS yang tidak diragukan kemampuannya.

blog-peserta-2-10-601a49f7d541df535c01a2f2.png
blog-peserta-2-10-601a49f7d541df535c01a2f2.png
Mengusung metode TMF yang pastinya dapat meningkatkan kualitas guru dalam memberikan pengajaran. Metode TMF dengan konsep PCK diadaptasi pada mini course dari HAFECS, tujuannya adalah untuk memudahkan pengajaran guru sehingga materi disampaikan dengan baik serta mencapai tujuan pembelajaran.

Walaupun mini course ini tidak dilengkapi dengan dokumen materi, tapi tenang saja tetap ada video pengajaran yang dapat diakses selama 30 hari. Paket ini murah meriah, ada diskonnya pula, jadinya hanya sekitar Rp 25.000 saja bahkan ada yang gratis juga, lho. Setelah selesai, guru akan diberikan online certification.

Productivity Course

Tujuan productivity course adalah meningkatkan produktivitas pengajaran dengan menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia. Pembelajaran online, kerap kali menggunakan aplikasi tambahan untuk memaksimalkan pengajaran. Nah, productivity course ini berisi tutorial atau tips untuk mengembangkan kemampuan guru memanfaatkan aplikasi yang tersedia.

blog-peserta-2-11-601a4a438ede484cce372cc2.png
blog-peserta-2-11-601a4a438ede484cce372cc2.png
Asiknya lagi, kelas ini gratis loh dan bisa diakses selama 365 hari alias 1 tahun. Keuntungan lainnya, selesai mengerjakan kelas ini, guru tetap akan mendapat online certification. Mantap banget kan? Gak hanya mengasah otak saja, tapi HAFECS melalui GuruInovatif juga menyediakan kelas untuk mengasah ketrampilan guru.

Webinar 

Dalam dashboard akun pada website GuruInovatif, akan ada menu webinar yang dapat diikuti oleh para guru. Setiap webinar hadir dengan beragam tema menarik dan pembicara profesional. Webinar ini dikemas dalam bentuk Pelatihan Guru secara online dengan 32 atau 64 JP sesuai dengan pilihan guru.

blog-peserta-2-12-601a4a14d541df635c2d4e92.png
blog-peserta-2-12-601a4a14d541df635c2d4e92.png
Webinar ini diadakan dalam suatu waktu tertentu dan mengusung tema tertentu, jadi pastikan tidak kelewatan ya. Untuk mengecek apa saja webinar baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat, guru bisa masuk dalam laman dashboard kemudian pilih menu Webinar Baru. VOILA! Semuanya tersedia dengan berbagai pilihan.

Innovation School Leaders and Teachers (ISLTF) 

ISLTF merupakan suatu inovasi yang dicanangkan oleh HAFECS sebagai persembahan bagi guru Indonesia dari Sabang sampai Merauke. ISLTF dihadirkan sebagai program kelas online ditujukan untuk seluruh jenjang guru Indonesia.

blog-peserta-2-13-601a4a22d541df657e564722.png
blog-peserta-2-13-601a4a22d541df657e564722.png
Tujuannya tidak lain adalah untuk membagikan ilmu diikuti dengan metode pembelajaran terbaru khas HAFECS secara GRATIS! Iya, betul secara GRATIS! Seluruh guru swasta atau negeri dari tingkat PAUD sampai SMA boleh berpartisipasi dalam ISLTF.

Sampai saat ini ISLTF telah diikuti oleh lebih dari 45.000 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. WOW! Andai kata aku seorang guru, aku fix akan ikut ISLTF ini sih. Udah gratis, dapat sertifikat pula. Ada juga fasilitas ISLTF VVIP dengan investasi hanya Rp 19.500 per peserta, sudah termasuk berbagai fasilitas menarik, seperti voucher diskon pelatihan, elektronik modul, dll.

7 Keunggulan GuruInovatif 

GuruInovatif merupakat paket lengkap antara tempat belajar guru, sertifikasi guru, pun juga pelatihan guru. Guru belajar mengajar di GuruInovatif tidak akan rugi deh karena ada banyak banget keunggulan yang menarik hati.

Banyak Pilihan Kursus 

Jangan khawatir, pilihan kursus online yang tersedia di GuruInovatif sangat beragam. Kursus terkait mata pelajaran? Checked. Kursus terkait softskill? Checked. Kursus untuk TK, SD, SMP, SMA? Checked juga dong. Apa yang guru butuhkan, GuruInovatif pasti sediakan.


Melatih Kemampuan Guru 

Menggunakan metode terbaru yang telah terbukti dapat membantu guru untuk melakukan pengajaran kepada anak didiknya. Metode TMF dalam bentuk PCK, HOTS, assessment dan lainnya merupakan keunggulan HAFECS yang bisa didapatkan guru melalui GuruInovatif.

Trainer Berpengalaman 

Pengajar pada setiap materi adalah pengajar yang berpengalaman dan profesional di bidang pendidikan. Terbukti dengan banyaknya kepercayaan yang didapat dari 50.000 guru dan pegiat pendidikan yang bergabung dalam berbagai kegiatan HAFECS dan GuruInovatif.

Kursus Bersertifikasi 

Semua kursus yang ditawarkan oleh HAFECS dan GuruInovatif pasti dilengkapi dengan sertifikat. Bahkan kursus gratis juga menyediakan sertifikat yang didapat setelah menyelesaikan kursus. Kapan lagi kan ada Tempat Belajar Guru online yang gak pelit memberikan sertifikat? Cuma di GuruInovatif.

Kemudahan Belajar 

Akses pembelajaran kursus online pada GuruInovatif sangat mudah dijangkau. Selama internet tersedia, guru dapat mengakses kursus dimana saja dan kapan saja. Bisa melalui laptop atau gadget lainnya.

Biaya Murah 

Harga yang manis nan ekonomis berlaku untuk semua kursus di GuruInovatif. Hanya Rp 25.000 kamu langsung bisa ikut kursus, lho. Ada pula diskon dan potongan harga untuk masing-masing kelas. Bahkan banyak loh materi yang dapat diakses secara gratis.

Metode Belajar Terkini 

GuruInovatif mengerti kondisi pendidikan Indonesia, sehingga menciptakan metode belajar terkini yang dapat meningkatkan mutu kualitas guru di Indonesia. Metode belajar ini tentu saja sudah teruji dan terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi guru.

Cara Pendaftaran & Cara Pembayaran

Untuk dapat mengakses seluruh kursus online pada GuruInovatif, kamu harus registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini gratis dan sangat mudah, masuk pada laman GuruInovatif.id, kemudian pilih DAFTAR SEKARANG GRATIS. Selanjutnya kamu tinggal mengisi data diri dan REGISTER. Selesai deh!

Selamat, anda sudah terdaftar dalam platform online pendidikan terkeran eh maksudnya keren hehe! Silahkan dipilih-pilih kursus apa saja yang ingin diikut? Setelah itu kamu tinggal melakukan pembayaran deh. Cukup transfer saja ke nomor rekening yang tercantum, sesuai dengan jumlah nominal pembayaran. Selamat belajar!

blog-peserta-2-14-601a4a87d541df6afe68a993.png
blog-peserta-2-14-601a4a87d541df6afe68a993.png
Review Positif untuk HAFECS

Seperti yang telah aku jabarkan di atas, GuruInovatif sangat berperan dalam membantu guru belajar dalam rangka meningkatkan kompetensinya. Berbagai keunggulan dan metode pengajaran dari GuruInovatif dapat meningkatkan mutu kualitas guru dalam proses pengajaran.

Sudah banyak pelatihan yang dilakukan oleh HAFECS selaku penggagas GuruInovatif, baik online atau pun offline. HAFECS sendiri telah dipercaya oleh lebih dari 50.000 guru dan pegiat pendidikan, 10.000 sekolah dan instansi, serta telah mengadakan sekitar 250 pelatihan di 300 kota.

Hasilnya? Banyak peserta yang puas dengan berbagai kegiatan dan layanan yang disediakan HAFECS. Yuk, simak review mereka!

blog-peserta-2-15-601a4aa1838cc64444427bf2.png
blog-peserta-2-15-601a4aa1838cc64444427bf2.png
Punya Pertanyaan?

Bagaimana? Sudah dapat banyak insight kan dari tulisanku di atas? Kalau masih punya pertanyaan terkait GuruInovatif atau HAFECS, silahkan kontak langsung atau kunjungi media sosialnya!

blog-peserta-2-16-601a4b268ede4866b438beb4.png
blog-peserta-2-16-601a4b268ede4866b438beb4.png
Bukan hal mustahil untuk meningkatkan mutu kualitas pengajaran guru dan pendidikan Indonesia. GuruInovatif telah hadir sebagai solusi transformasi kualitas guru masa kini. Metode TMF dari HAFECS menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru melalui platform GuruInovatif.

Hai, kalau kamu seorang guru atau pegiat pendidikan, yuk jangan ragu lagi mendaftarkan dirimu di GuruInovatif, ya! Kalau kamu bukan guru namun ingin belajar lagi, boleh banget lho, terbuka untuk siapa saja kok! Nah, semoga artikel tentang kualitas pendidikan ini dapat bermanfaat, ya! Terima kasih sudah membaca :)

Penulis: Dewi Lestari Natalia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun