Costumer Relationship Management atau yang biasa disebut CRM memang sangat membantu para pelaku bisnis untuk membantu mereka dalam mengotomatiskan pekerjaan yang berhubungan dengan pelanggan. Pada pekerjaan manual, mungkin menggunakan Excel, sticky notes, atau kertas yang ditumpuk di lemari khusus untuk menyimpan data pelanggan. Jelas, penyimpanan data yang demikian sangatlah tidak efektif dan karena itu aplikasi CRM dikembangkan.
Tapi, Sering tidak disadari perusahaan adalah memilih aplikasi itu. jika tidak hati-hati, sangat berisiko besar. Implementasi CRM bisa saja tidak bisa digunakan untuk perusahaan Anda dan pada akhirnya berakhir sebagai investasi gagal, Amat sangat disayangkan bilah itu terjadi.
Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi CRM di tengah lautan vendor yang ada? nah, Di sini kami akan mencoba membahas hal-hal yang mungkin harus diperhatikan perusahaan sebelum memilih aplikasi CRM.
Pertama, Tentukan dulu Kebutuhan PerusahaanÂ
Perusahaan  harus mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk memahami seberapa jauh perusahaan tersebut membutuhkan bantuan Costumer Relationship Management. Caranya adalah dengan mendaftarkan satu per satu masalah yang ingin CRM selesaikan, lalu menentukan fitur-fitur apa yang dibutuhkan.
Menitikberatkan pada permasalahan perusahaan, akan mengantarkan perusahaan pada implementasi aplikasi CRM yang berhasil. Karena bisnis perusahaan memiliki proses yang unik, jadi lebih baik memilih aplikasi CRM yang bisa dikustomisasi.
Pelajari dulu Fitur-Fitur yang ada di CRM
Bila sudah mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan perusahaan. Kini lanjut dengan memahami dulu apa saja yang Costumer Relationship Management tawarkan. Perusahaan tidak akan tahu apa yang sedang cari tanpa pengetahuan CRM.
Secara garis besar, ini adalah beberapa fitur-fitur CRM dan juga manfaatnya :
- Manajemen kontak -- Membangun dan menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan
- Manajemen lead -- Membantu mengubah lead menjadi pelanggan dengan cara yang strategis.
- Memprediksi penjualan -- Membantu memprediksi kapan project akan selesai berdasarkan data
- Meningkatkan komunikasi -- Menciptakan koordinasi yang lebih baik antar karyawan dalam menyelesaikan project
- Menelusuri email --Â Mendata semua email yang terkirim dan medata hasil dari email tersebut.
- Database yang tersentralisasi -- Semua data pelanggan, proposal, video, case study, kontrak, tersimpan dalam satu database.
- Analisis -- Perusahaan dapat menganalisis seluruh perkembangan penjualan yang ada.
Sebenarnya masih banyak Fitur-fitur lain yang lebih kompleks dan sesuai kebutuhan Anda juga tersedia. Tentunya, semua fitur ini akan membantu bisnis Anda lebih efisien dan mempercepat deal dengan lead Anda.
Evaluasi PilihanÂ
Sesuai dengan permasalahan bisnis dan fitur yang dibutuhkan, Perusahaan kini harus mulai memilah-milah vendor ERP mana yang menyediakan System sesuai kebutuah Perusahaan.Â
Biasanya dua jenis CRM, on-premise dan berbasis cloud. CRM on-premise adalah untuk yang tidak mau memindahkan data perusahaan ke cloud karena khawatir akan keamanan data.Â
Sebetulnya, vendor-vendor besar Costumer Relationship Management menggunakan sistem yang berbasis cloud karena mengutamakan kemudahan akses dan dengan demikian mendorong efektivitas manajemen.
Tapi Balik lagi, Pilihan harus berdasarkan seberapa nyaman dan terbantu manajemen dalam menggunakan aplikasi ini.
Tentukan PilihanÂ
Jika tujuannya untuk membuat perusahaan semakin efisien, maka perusahaan harus memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikannya dengan anggaran.
Vendor ERP memiliki penawan yang bermacam-macam mulai dari berlangganan per bulan, per tahun, atau dengan sekali biaya implementasi, Perusahaan bisa mendapatkan semua fitur terbaik CRM yang dibutuhkan.
Apapun yang jadi pilihan nanti, pastikan aplikasi Costumer Relationship Management dapat mengikuti pola kerja perusahaan dan bukan sebaliknya.
Evaluasi Vendor CRM melalui Demo
Jika sudah mengantongi vendor-vendor CRM yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Perusahaan, minta mereka untuk melaksanakan demo dan memperlihatkan aplikasi mereka.
Perusahaan harus menanyakan sedetil mungkin terkait aplikasi CRM yang mereka tawarkan. Pertanyaan tersebut berupa apakah mereka menyediakan fitur yang Anda butuhkan, bagaimana pelatihannya, apakah aplikasinya mudah digunakan dan apakah ada tim support yang disediakan vendor tersebut.
Kesimpulan
Aplikasi CRM sangat berguna untuk mendongkrak penjualan Perusahaan. Tetapi, untuk benar-benar bisa mendapatkan manfaatnya, maka perusahaan betul-betul harus memperhatikan hal-hal tersebut. Memang akan memakan waktu dan tenaga tapi Perusahaan tidak akan salah pilih.
SUMBER : https://3guru.com/aplikasi-crm/ Â
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI