[caption caption="M-Class Punya Maersk Line Panjang 400M, Lebar 60 M, dalam 15 M"][/caption]Â Tiba-tiba mata terbuka dari istirahat yang sekenanya, dari selepas maghrib menjelang isya saya sudah masuk ke kamar untuk tidur seketika tangan meraba-raba kasur mencari telepon genggam untuk melihat waktu, jam baru menunjukan jam 22.30, masih ada waktu saya pikir untuk memejamkan mata minimal sampai alarm berbunyi, tapi tetap saja mata tidak mau lagi diajak bertemu Raisa atau minimal via vallent hehehe.
Mungkin karena siang tadi kiriman tiket dan bookingan hotel transit untuk kepulangan sudah diterima jadi sudah kepikiran terus yang namanya anak-anak plus bonus emaknya dirumah, tapi yang hal yang menambah beban pikiran adalah tanggung jawab untuk masih mendampingi Nakhoda dan 2 orang crew yang baru datang senin kemarin agar cepat beradaptasi dengan suasana dan kondisi kerja dari Pelabuhan Tanjung Pelepas (PTP). Ada enak ada ngganya dapat giliran pulang kloter kedua, enaknya kloter pertama pulang bisa cepet langsung ketemu keluarga tapi enaknya kloter kedua juga argo tetap jalan sampai pulang, meskipun tambahan tanggung jawabnya juga tidak ringan, tapi okelah kita nikmati saja setiap prosesnya.
[caption caption="Selop Kapal"]
Di satu sisi dan di seberangnya terdapat dermaga untuk bongkar muat batubara dan Tanker yang ukuranya juga "Sesuai" kedalaman, untuk menggambarkan kesibukanya salah satu contoh adalah waktu bongkar muat yang terbilang sangat cepat, ada kapal kontainer yang waktu itu hanya sandar-bongkar muat-lepas, hanya dalam waktu 1,5 Jam !!
Dan setelah lepas maka kapal dibelakangnya sudah siap untuk mengisi dermaga yang ditinggalkan itu beberapa saat setelahnya, kemudian klaim canggih yang di katakan juga saya lihat masuk akal juga karena dari sekian banyak kapal kontainer yang lalu-lalang tidak saya lihat ada kemacetan sama sekali seperti di koja kala malam jumat..canggih toh. Dari situ mungkin yang namanya dweling time disini bisa dipersingkat, tapi saya masih belum tau dweling time di Malaysia itu berapa lama hehehe. Ko malah jadi membangggakan Malaysia...
Indonesia Tetap Negeriku!
Banyak trik dan tips yang saya dapat dari trainer diberikan tapi hal nomor satu adalah keberanian, percuma apabila sudah memahami karakteristik kapal tapi nyali ciut, karena kadang berani juga tidak cukup, karena banyaknya faktor yang berpengaruh, dan hasilnya banyak sekali laporan kejadian kapal harbour tug yang anjunganya hancur atau kapal yang di sandarkan mengalami kerusakan, tapi untuk kami para operator itu wajar, namanya juga resiko kerja, kalo pengalaman saya pertama kali ya membuat "tanda tangan" (Lecet) di lambung kapal yang saya sandarkan lumayan panjang dan untungnya tidak ketahuan.
[caption caption="In-Direct Towing Mode"]
Salam
04.01 AM Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Port Of Tanjung Pelepas, Johor Bahru, Malaysia
Sumber :Â http://www.ptp.com.my/services/container
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H