Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sebuah Diary: Bukan Itu yang Kucari

4 Juli 2023   05:55 Diperbarui: 4 Juli 2023   05:56 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebuah Diary: Bukan Itu yang Kucari (greatergood.berkeley.edu, diolah pribadi)

Pernah kukatakan pada diriku, apa harta yang paling berharga yang kumiliki dan merupakan satu-satunya yang kumiliki. Ia kunamakan 'ketulusan'. 'Sepertinya', aku baru merasa 'tenang' jika aku memilki sepenuhnya 'rasa' itu.

Karena kata itu pula, aku memulai 'perjalananku'. Aku merasa banyak sekali 'sekat' yang menutupi hatiku dari sebuah kejujuran dan ketulusan murni. Kala aku telah menjadi sebuah 'ketulusan' yang murni, 'tanpa ketakutan dan khawatir', aku akan mengakhiri 'perjalananku'. Wah, mungkinkah 'perjalanan' itu berakhir?

Aku merasa itulah jati diriku yang sesungguhnya. Suara itulah yang terus memanggilku untuk melakukan 'perjalananku' ke dalam diri. Suara yang terlahir oleh 'rasa sakitku' dari dalam. Ya, dari dalam. Rasa sakit yang sesungguhnya berasal dari diri sendiri.

Perjalanan batin ke dalam diri tidaklah seindah perjalanan di antara pepohonan cemara dengan burung kutilang bernyanyi, haha. Seperti lagu anak-anak ya...

Sejuknya embun dan wanginya dedaunan cemara awalnya terasa jauh di ujung sana. Terdorong oleh gerak liuk semesta, menghantarku pada sebuah 'keberanian tanpa pilihan'. Yang artinya, aku tak dapat memilih lagi selain menjalaninya.

Bola salju bergelinding sejak aku dilahirkan. Tak ada salah benar dalam sebuah proses pembentukan 'diri' ku. Jika kukatakan seperti ini, tak banyak orang-orang yang mengerti.

Aku bersyukur saat ini 'mulai' dapat melihat kumparan tali persepsi diri ini mengurai. Aku bersyukur mengenal dhamma tentang 'anatta' sehingga aku dapat belajar memahami semua bukanlah diriku. Pemahaman dan pengalaman langsung akan kebenaran ini, sangat penting. Meski pengalaman ini akan sangat menyakitkan untuk egoku.   

Aku tidak bisa lagi menjadi lebih dari diriku. Kalimat itu menjadi kunci perjalananku saat ini. Aku sedang berproses ke arah sana. Aku kini menyadari. Kesalahanku di masa lampau ada pada kaca mata persepsiku yang bergulir sejak aku kecil.

Dhamma yang sangat dalam tentang anicca-dukkha-anatta menyeberangkanku dari kegelisahan batin ke sebuah fakta yang sesungguhnya. Sebuah kebenaran bahwa segala sesuatu yang berada di luar sesungguhnya netral. Sebuah kebenaran bahwa segala sesuatu tidaklah perlu dilekati. Sebuah kebenaran bahwa 'aku' hanyalah 'kesemuan rasa' dari pikiran, perasaan dan persepsi.

Pemahamanku masih sangat dangkal namun perjalanan ini mulai mengarahkanku untuk berhenti menyalahkan dunia luar. Berhenti menyalahkan 'diriku'. Pada suatu titik, aku hanya ingin membaca buku batinku. Perlahan, mulai tampak simpul-simpul yang mengikat pada kumparan taliku. Kala kulihat, iapun terurai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun