Identitas film One Night Stand
1. Sutradara: Adriyanto Dewo
2. Produser: Perlita Desiani
3. Ditulis oleh: Adriyanto Dewo
4. Pemeran: Jourdy Pranata, Putri Marino, Elang El Gibran, Agnes Naomi, Tegar Strya, Ruth Marini, Eduwart Manahu, Gilbert Pattiruhu
5. Penata Musik: Alvin Callysta
6. Cinematigrapher: Tri Adi Prasetyo
7. Penyunting: Arifin Cu'unk
8. Perusahaan produksi: Relate Films
9. Tanggal Rilis: 26 Novemer 2021 (Bioskop Online)
10. Durasi: 80 menit
11. Negara: Indonesia
12. Bahasa: Bahasa Indonesia
Istilah "One Night Stand" secara umum berarti hubungan satu malam dengan orang yang baru dikenal. Dari judul saja, film One Night Stand menggambarkan nuansa dewasa yang gamblang. Film peraih nominasi Piala Maya dan pemenang Festival Film Bandung ini tidak hanya menyajikan kehidupan dewasa, melainkan cerita penuh makna tentang pertemuan dan perpisahan. Siapa sangka, bahwa pertemuan antara Ara dan Lea yang dilakukan secara tidak sengaja dalam suasana duka dapat berujung pada kisah bahagia bagi keduanya atas pertemuan satu malam. Kebahagiaan sebagai pembelajaran yang tidak hanya bertahan selama 1 malam lamanya, namun bertahan sebagai prinsip dalam mengambil langkah berikutnya dalam kehidupan. Namun, seperti apakah  mereka saling mengubah cara pandang satu sama lain terhadap dunia? Seberapa besar pengaruh Lea membawa pengaruh dalam kehidupan Ara sejak pertemuan itu?Â
Ide ciamik ini ditulis oleh Adriyanto Dewo, menjadi sutradara dalam produksi film One Night Stand. Ardyianto mengaku pembuatan film ini dilatarbelakangi oleh keinginannya membuat film yang berisi kisah nyata di dalam kehidupan bermasyarakat. Ardyianto ingin menyampaikan pesan bahwa sesingkat apapun pertemuan, dapat menjadi hal yang berkesan dan dapat mengubah kehidupan seseorang pada langkah berikutnya. Dengan latar belakang kedua tokoh yang sangat berbeda dan belum pernah bersinggungan membuat pesan dari film ini semakin tersampaikan, bahwa pertemuan yang berkesan dapat mengubah kehidupan seseorang.Â
Dibuka dengan adegan dewasa antara Ara dan pasangannya di dalam mobil pada sebuah jalan, penonton seolah diberikan isyarat bahwa film ini akan mengandung unsur-unsur dewasa lainnya. Pembuka ini menjadi kontradiktif mengingat latar cerita ini berada di Yogyakarta, yang dikenal kental akan budaya Jawa serta norma-norma dan nilai-nilai sosial. Namun, dewasa ini telah terjadi pergeseran budaya terkait dengan perilaku kawula muda yang menjadikan Yogyakarta sebagai tempat dengan tingkat seks bebas tertinggi di Indonesia (Viva, 2022).
Perilaku tersebut termasuk ke dalam kenakalan remaja. Berdasarkan penelitian pada tahun 2010 (Rofikah, 2019), didapatkan data bahwa peristiwa broken home dapat mempengaruhi mental seorang anak dan menyebabkan ia melakukan kenakalan remaja. Hal ini tercermin dalam adegan disaat Lea bercerita bahwa ayahnya meninggalkan dirinya sehingga meninggalkan luka mendalam baginya. Perginya ayah Lea menyebabkan ketidakstabilan emosi dalam diri Lea, sampai-sampai ia tidak dapat menangis lagi. Selain itu, Lea juga melakukan berbagai kenakalan remaja yaitu seks bebas karena merasa tidak ada yang melarangnya. Hal ini juga berkaitan dengan absennya eksistensi sang ayah, yang seharusnya berperan sebagai penjaga Lea.
Film ini menerapkan konsep-konsep kontradiktif yang cukup menarik perhatian penonton, salah satunya adalah saat Ara harus menghadiri acara pemakaman dan acara pernikahan dengan suasana yang bertolak belakang. Selain adegan tersebut, terdapat percakapan antara Ara dan Lea yang berdebat mengenai pertemuan-pertemuan manusia termasuk ke dalam pertemuan atau takdir. Lea percaya bahwa segala hal yang terjadi merupakan kebetulan, sedangkan Ara percaya sebaliknya. Hal-hal kontradiktif yang disajikan pengarang memunculkan sudut pandang pemikiran baru bagi penonton.
Secara struktural, film ini memiliki konsep dan ide cerita yang menarik, apalagi ditambah dengan tidak adanya ikatan dari kedua pemeran utama. Berbeda dengan film-film bertema satu hari lainnya yang tokoh-tokohnya sudah memiliki keterkaitan baik secara fisik maupun secara emosional. Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam dialog yang dituturkan masing-masing tokoh. Dialog dituturkan dengan tempo yang lama dan terbata-bata, menyebabkan kesan kurang profesional dan kurang alami ketika dilihat oleh kaum awam. Dalam beberapa adegan yang memerlukan suasana emosional, film ini tidak menyajikan pembangunan emosional yang terjadi pada tokoh-tokohnya dengan cukup baik. Contohnya pada saat tante dari Ara baru saja tiba di tempat peristirahatan terakhir tantenya, tidak terdapat suasana duka yang mendalam yang ditunjukan dengan tidak adanya isak tangis.
Dalam ilmu komunikasi, dikenal sebuah teori yang bernama penetrasi sosial. Teori yang juga dikenal dengan sebutan irisan bawang ini dikembangkan oleh tokoh yang bernama Irwin Altman dan Dalmas Taylor. Teori tersebut menggambarkan proses bonding antar tokoh yang dimulai dari pembicaraan hal umum menuju ke hal yang lebih intim layaknya bawang yang sedang diiris (Kustiwan, 2022). Namun teori itu tidak didapatkan dari film ini, terlihat pada adegan saat Ara dan Lea pertama kali bertemu. Di sana, tiba-tiba saja Lea bersikap filosofis terhadap bandara kepada orang yang baru dijumpainya beberapa menit lalu. Selain itu, ketidakpaduan juga terlihat pada adegan saat Ara dan Lea tiba-tiba bercerita tentang masa lalunya tanpa topik pembuka apapun. Ditambah lagi Ara dan Lea yang tiba-tiba melakukan hubungan badan padahal tidak ditunjukkan adanya intensi suka antara satu sama lain.
Dengan memasukkan adegan-adegan dewasa ke dalam film, bukan tidak mungkin para penonton, apalagi yang belum dewasa, terpancing untuk ikut terjerumus ke dalamnya. Hal ini selaras dengan pernyataan AG (29), pelaku seksual di Yogyakarta yang mengaku penasaran dengan aktivitas seksual dan terinspirasi dari film maupun novel (Kompas, 2022). Dari hal ini, dapat dilihat bahwasannya, novel dan film menjadi media terbaik untuk menyampaikan isu-isu tertentu. Oleh sebab itu, para sineas dan filmmaker hendaknya bersikap lebih hati-hati dalam membingkai budaya-budaya tertentu ke dalam karya film.
Pemeran di dalam film ini perlu mengasah dan mengembangkan skill aktingnya dalam berbagai kondisi. Gestur dan ekspresi menjadi unsur penting dalam sebuah pertunjukan untuk menyampaikan perasaan tokoh kepada penonton. Di sepanjang film, penonton hanya disajikan gestur canggung antara Ara dan Lea. Bahkan, beberapa kali tokoh Ara menunjukkan ekspresi datar, berbeda dengan Lea, yang diperankan oleh Putri Marino, yang mampu mengeksplorasi berbagai jenis ekspresi dan gestur untuk menggambarkan perasaannya.
Dilihat dari sisi videografi, film ini memiliki kekurangan dari sisi kestabilan dan juga warna. Video yang ditayangkan dalam film memiliki kestabilan yang kurang baik. Hal tersebut dapat menyebabkan kesusahan bagi para penonton dalam menangkap adegan dengan jelas yang menyebabkan ketidaknyamanan. Selain itu, nuansa warna yang ditimbulkan juga kurang sesuai dengan suasana film. Terdapat beberapa bagian film yang menunjukkan suasana senang, namun memiliki pengaturan warna dengan saturasi yang rendah, sehingga menyebabkan efek sedih pada film. Hal ini diungkapkan pada teori psikologis warna, bahwa warna terang dapat menimbulkan suasana senang bagi orang yang melihatnya (Gramedia 2022). Contohnya saat Ara dan Lea sedang bersenang-senang di bar, kondisi saturasi yang ditampilkan masih cukup rendah.Â
Namun, dengan berbagai kekurangannya, film One Night Stand menghadirkan satu lagi keunikan di dalamnya. Keunikan ini berupa spotlight terhadap upacara keagamaan Katolik, berbeda dengan film-film lain yang kebanyakan mengangkat tema agama Islam. Di dalam film ini, dapat dilihat dengan jelas bahwa upacara pemakaman dan upacara pernikahan dalam agama Katolik ditampilkan secara detail. Hal ini mampu menjadi contoh baik untuk menonjolkan diversity yang dimiliki Indonesia. Juga, memberikan pandangan baru kepada masyarakat umum tentang upacara keagamaan Katolik.
Film One Night Stand ini cocok untuk disaksikan oleh orang dewasa dengan kategori usia lebih dari 17 tahun. Masyarakat diimbau untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak menonton film ini dikarenakan adanya warning berupa adegan seksual. Secara umum, konflik yang dihadirkan terbilang sangat ringan sehingga dapat dijadikan selingan saat waktu luang. Pengarang memasukkan unsur tema yang sesuai dengan minat masyarakat, yaitu tema cinta.
Sumber:
- 7 Kota Paling 'Berdosa' di Indonesia, Jadi Sarang Seks Bebas? | Halaman 3. (2022, September 10). Viva. Diakses pada 22 Maret, 2024, dari https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1519207-7-kota-paling-berdosa-di-indonesia-jadi-sarang-seks-bebas?page=3
- (n.d.). PSIKOLOGI WARNA. Diakses pada 22 Maret, 2024, dari https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/PSIKOLOGI_WARNA
- Film "One Night Stand" rangkum kisah pertemuan singkat bermakna. (2021, November 24). ANTARA News. Diakses pada 22 Maret, 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/2543993/film-one-night-stand-rangkum-kisah-pertemuan-singkat-bermakna
- BENTUK KENAKALAN REMAJA SEBAGAI AKIBAT BROKEN HOME DAN IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING | Rofiqah | KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program. (n.d.). OJS-Universitas Riau Kepulauan Batam. Diakses pada 22 Maret, 2024, dari https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/213
- Teori Penetrasi Sosial | JURNAL EDUKASI NONFORMAL. (2022, September 1). ummaspul. Diakses pada 22 Maret, 2024, dari https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4933
- NINO CITRA ANUGRAHANTO, & REGINA RUKMORINI. (2024, February 25). Seks Pranikah di Mata Kawula Muda Yogyakarta. Diakses pada February 19, 2024, dari https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/02/25/seks-pranikah-di-mata-kawula-muda-yogyakarta
- Verni, A., & Gumilang, N. A. (2022, March 22). 11 Arti Warna dalam Psikologi dan Filosofinya - Best Seller Gramedia. Gramedia. Diakses pada 22 Maret, 2024, dari https://www.gramedia.com/best-seller/arti-warna-dalam-psikologi-dan-filosofinya/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H