Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Langkah-langkah dalam Membuat Daftar Isi Secara Manual!

7 Maret 2023   12:55 Diperbarui: 7 Maret 2023   13:00 782
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap kita melakukan penyusunan sebuah penelitian atau suatu karya ilmiah, baik itu berupa buku, skripsi, tesis, atau karya ilmiah lainnya, diperlukan susunan mengenai urutan dari setiap judul bab serta subbab yang ditulis pada karya ilmiah yang sudah dibuat.

Susunan urutan pada tiap bab ini ditujukan untuk mempermudah para pembaca dalam memandu pembahasan yang ingin dibaca. Nah, urutan pada bab dan subbab ini disebut dengan daftar isi. 

Daftar isi adalah lembar halaman yang menjadi suatu petunjuk bagi isi buku. Di dalamnya berisikan nomor halaman dan juga judul dari pembahasan dalam buku atau karya ilmiah tersebut.

Sehingga, daftar isi menjadi salah satu komponen yang penting dalam penulisan karya ilmiah. Meskipun gampang dalam membuatnya, tapi masih ada juga yang masih kebingungan dalam cara membuat daftar isi. 

Kamu bisa membuat daftar isi secara manual maupun otomatis melalui Ms. Word. Berikut cara membuat daftar isi secara manual yang bisa kamu lakukan.

Kegunaan Daftar Isi

Mengapa penulisan daftar isi ini menjadi penting untuk dibuat? Daftar isi sangat penting untuk dilampirkan dalam suatu karya ilmiah karena berfungsi untuk memudahkan pembaca maupun penulis.

Dengan adanya daftar isi, maka mampu memberikan gambaran kepada para pembaca tentang pokok pembahasan yang ada di dalam karya tulis tersebut. 

Adanya daftar isi ini, membuat pembaca tidak perlu untuk membuka halaman satu demi satu untuk bisa menemukan bagian yang ingin mereka baca.

Bagi penulis sendiri, adanya daftar isi ini bisa membantu untuk melihat Kembali informasi apa saja yang ada pada halaman yang sudah ditulis. 

Jika tidak ada daftar isi, maka penulis sendiri nantinya akan merasa kesulitan dalam mencari informasi terkait dengan jumlah halaman yang banyak dan melihat urutan pada setiap judul bab.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

Sumber: pexels
Sumber: pexels

Pada dasarnya, cara membuat daftar isi secara manual bisa membuat penulis cukup kesulitan. 

Sebab, membuat daftar isi secara manual bisa menyita waktu yang cukup lama sehingga bisa membuang waktu penulis.

Cara membuat daftar isi secara manual, penulis perlu mengatur kerangkanya sendiri dengan cara melihat satu per satu halaman yang jumlahnya lumayan banyak. Penulis juga perlu teliti supaya halaman yang ada di daftar isi tidak keliru. 

Sebab, jika terjadi kekeliruan, maka penulis harus mengatur ulang kerangka tersebut dari awal lagi.

Namun, jika kamu masih merasa nyaman dan tidak terbebani dengan cara membuat daftar isi secara manual, kamu bisa lanjut membuat daftar isi secara manual. Berikut ini adalah cara membuat daftar isi secara manual yang bisa kamu lakukan di Ms. Word:

  1. Buka lembar kerja pada Microsoft Word.

  2. Kemudian, kamu buat daftar isi sesuai keinginan kamu.

  3. Lalu, pada menu Home di tab Paragraph kamu bisa klik ikon tanda panah yang ada di sudut kanan.

  4. Selanjutnya, akan muncul jendela popup Paragraph Settings.

  5. Pada kolom Alignment pilih left.

  6. Setelah itu klik Tabs untuk memuat pengaturan tab.

  7. Jika sudah, akan muncul jendela tabs.

  8. Pada tab stop position ini kamu bisa isi angka 15.

  9. Kemudian, pada Alignment kamu pilih Right.

  10. Dan pada Header kamu pilih angka 2.

  11. Setelah itu, kamu klik Set dan OK.

  12. Kamu tidak akan melihat adanya perubahan apapun di teks yang sudah kamu buat,

  13. Lalu, untuk bisa menampilkan titik-titik pada daftar isi, kamu bisa meletakkan kursor di sebelah teks dan tekanlah tombol Tab.

  14. Maka, secara otomatis, titik-titik tersebut akan bisa terisi.

  15. Terakhir, kamu tinggal mengisi nomor halaman yang sesuai dengan tulisan kamu.

Nah, itulah cara membuat daftar isi secara manual yang bisa kamu lakukan di Microsoft Word. Pastikan kamu mengikuti cara membuat daftar isi secara manual di atas, supaya nomor halaman yang ada pada daftar isi kamu bisa tersusun dengan rapi.

Untuk menerapkan cara membuat daftar isi di atas, kamu bisa menggunakan sistem operasi Windows 7, 8, dan juga 10. Selamat mencoba!

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun