Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat hamper seluruh masyarakat bisa mendapatkan berbagai macam kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai hal.Â
Termasuk di dalamnya dalam hal belanja kebutuhan rumah sampai melakukan pemesanan makanan secara online dengan menggunakan berbagai layanan yang ada, salah satunya adalah layanan Shopee Food.
Adanya layanan atau fitur Shopee Food ini memberikan sebuah peluang kerja tersendiri untuk para driver serta ikut andil juga dalam mensukseskan UMKM yang ada di Indonesia. Dalam hal pesan antar makanan yang ada di dalam Shopee Food, disediakan driver tersendiri. Jika tertarik, setiap orang bisa daftar Shopee Food sebagai driver untuk layanan pesan antar tersebut.
Jika kamu berhasil daftar Shopee Food sebagai driver, terdapat beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan selama menjadi mitra driver. Apa saja fasilitas yang dimaksud? Berikut ulasannya.
Fasilitas Bagi Driver Shopee Food
1. Mendapat Asuransi
Perlu untuk kamu ketahui, jika kamu daftar Shopee Food sebagai driver, maka setiap driver akan mendapatkan fasilitas berupa asuransi. Hal ini disebabkan pekerjaan sebagai driver Shopee Food mempunyai risiko kecelakaan yang lumayan tinggi.
Atas dasar itulah, pihak Shopee Food juga membangun kerja sama dengan sebuah perusahaan asuransi supaya bisa memastikan keamanan dari para mitra pengemudinya.Â
Perlindungan asuransi driver dari Shopee Food berfungsi untuk menjamin keselamatan yang akan didapatkan oleh para driver secara maksimal.
Setiap pengemudi di Shopee Food aan mendapatkan perlindungan dari asuransi secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk premi polis atau biaya-biaya yang lainnya.Â
Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengklaim asuransi dari Shopee Food:
Klaim non tunai
Setiap orang yang daftar Shopee Food sebagai driver akan mendapat asuransi yang bisa diklaim secara non tunai atau cashless melalui rumah sakit rekanan dari pihak asuransi tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh setiap driver sebelum proses Tindakan rumah sakit.
Untuk klaim non tunai sendiri, efektif dalam waktu 7 hari setelah pihak driver menyelesaikan pesanan atau transaksi untuk pertama kali.
Klaim tunai atau reimbursement
Para driver yang telah daftar Shopee Food dan resmi menjadi mitra driver dapat mengklaim asuransi secara tunai atau reimbursement. Klaim tunai ini bisa dilakukan driver yang sedang menjalani pengobatan ataupun perawatan di rumah sakit ataupun klinik.
Driver Shopee Food bisa menjalani perawatan di sebuah institusi pemberi layanan media lain, baik itu rekanan atau tidak melalui Driver Care Online. Dikarenakan prosesnya klaim tunai, maka driver Shopee Food perlu untuk membayarkan pengobatan atau perawatan lebih dahulu ke pihak rumah sakit.
Setelah itu, barulah driver bisa mengajukan klaim tunai untuk satu kali pengobatan setelah dirinya mengalami kecelakaan.Â
Pengajuan atas klaim tunai dari asuransi ini bisa dilakukan dengan catatan tambahan, bahwa driver tersebut sudah menjalani pengobatan, dengan maksimal 2 x 24 jam setelah kejadian kecelakaan yang dialami driver.
Jika dari pihak driver Shopee Food sudah melakukan pengobatan tersebut lebih dari 2 x 24 jam, maka pengajuan dari klaim asuransi secara tunai pun secara otomatis akan ditolak, karena pengobatan dilakukan lebih dari batas waktu klaim.
Karena fasilitas asuransi dari Shopee Food driver ini mempunyai syarat dan ketentuan yang berlaku, maka ada baiknya setiap driver untuk membaca dan mempelajarinya dengan saksama terlebih dahulu.Â
Dengan begitu, jika ada suatu kejadian yang tidak diharapkan, pihak driver bisa siap dan juga segera mengklaim asuransi yang dimilikinya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
2. Gaji
Sistem penggajian mitra driver Shopee Food adalah driver akan memperoleh pendapatan yang diambil dari biaya antar pesanan oleh pelanggan. Pendapatan tersebut murni dan tidak ada pembagian antara driver dengan pihak Shopee Food.
3. Insentif
Selain pendapatan utama, driver Shopee Food juga memperoleh insentif atau bonus yang dihitung berdasarkan poin. Adapun syarat dan ketentuannya adalah:
Driver menyelesaikan 1 orderan akan memperoleh 100 poin.
Apabila penyelesaian pesanan oleh driver berkisar jam 12.00 sampai 13.00, maka insentif akan bertambah sebesar 50 poin.
Supaya insentif bisa cair, maka driver harus menyelesaikan pesanan minimal 75%.
Rating driver harus sudah ada setelah 50 pesanan terakhir.
Bonus akan diterima oleh driver dan bisa dicairkan melalui dompet digital pada hari berikutnya.
Skema dari akumulasi penambahan poin digunakan, bukan merupakan penambahan nominal insentif.
Jika bonus sudah masuk, maka driver bisa menariknya ke rekening.
Itulah fasilitas yang akan didapatkan oleh para driver jika sudah daftar Shopee Food sebagai drier dan sudah berhasil menjadi mitra driver resmi Shopee Food.
Penulis: Nurul Ismi Humairoh
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H