Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

4 Jenis SEO Beserta Cara Kerjanya dalam Pengembangan Website!

20 Januari 2023   09:45 Diperbarui: 20 Januari 2023   11:34 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by DiggityMarketing on Pixabay

Jika bicara tentang SEO maka identik dengan pembahasan situs web. Website merupakan salah satu media teknologi di internet yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga berperan sebagai senjata pemasaran bagi suatu perusahaan.

Berjualan melalui website dinilai cukup efektif jika didukung dengan strategi periklanan yang baik. Oleh karena itu, SEO dikenal sebagai SEO untuk pemasaran digital. Jadi, dapat dikatakan bahwa SEO memang salah satu teknik pemasaran digital.

Sebelum melakukan cara optimasi SEO pada website, kamu perlu mengetahui jenis-jenis SEO beserta cara kerjanya. Ini juga jadi strategi kamu memahami kebutuhan digital marketing yang harus digunakan.

Jenis-Jenis SEO

Berikut ini jenis-jenis SEO serta cara kerjanya yang memiliki peran pada website kamu:

1. On Page SEO

Ini adalah jenis SEO yang berfokus pada optimalisasi konten terutama website bisnis. Ini bekerja dengan mengoptimalkan struktur artikel sesuai dengan topik artikel. 

Cara untuk "mengunci" kata kunci adalah dengan meneliti tren, mengoptimalkan judul, deskripsi meta, judul, atribut gambar, dan sebagainya. Berikut ini strategi yang bisa dilakukan:

  • Riset keyword dengan memasukan kata kunci yang sering dipakai atau dicari dalam konten yang ada di website.

  • Buat content marketing yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Jika semakin dibutuhkan, maka konten tersebut juga akan semakin dicari. Dengan begitu, website-mu akan berada di halaman pertama dari pencarian Google.

  • Fokus pada kecepatan akses karena Google akan menempatkan konten yang lebih cepat dibuka di halaman awal hasil pencariannya.

  • Buat sub-header yang tepat menggunakan kata kunci karena ini akan menaikkan peringkat dalam mesin pencarian. Jadi, buatlah sub-header menggunakan kalimat yang sering dicari dan tetap enak dibaca.

  • Masukkan link (tautan) internal dalam konten website yang juga akan membuat bahasan jadi lebih ringkas.

2. Off Page SEO 

Ini adalah jenis SEO yang berfokus pada pengoptimalan elemen yang biasanya tidak ditemukan di situs web. Modus operandinya adalah untuk meningkatkan kualitas SEO off-site. 

Misalnya jumlah dan kualitas link (tautan) yang memuat tautan ke website bisnis. Berikut ini strategi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kerja jenis SEO ini:

  • Dengan link building yang mengarah ke halaman website milikmu, maka akan semakin tinggi peringkatnya di hadapan mesin Google.

  • Jika banyak orang yang membagi tautan website kamu, maka itu dianggap terpercaya

  • Melakukan social sharing dengan membagi link website ke media digital lainnya. Konten website yang dibagikan akan memperoleh lebih banyak interaksi di media sosial dan ini jadi nilai tambah.

3. Technical SEO 

Jenis SEO ini disebut Technical SEO yang memulai aktivitas dengan membantu mesin telusur memberi peringkat situs web bisnis kamu. Ini juga meningkatkan pengalaman pengguna (UX). 

UX adalah pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan situs website kamu. Pengalaman ini tercermin dari betapa mudahnya pengguna mendapatkan apa yang mereka inginkan di situs web tersebut. 

Technical SEO memiliki dua elemen penting yaitu indeks dan pengindeksan. Indeks adalah proses di mana mesin pencari seperti Google dapat menemukan dan merayapi konten situs web seperti artikel, brosur produk, gambar, tautan, dan lain-lain.

Pengindeksan adalah tahap di mana mesin pencari seperti Google memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan dalam proses pengindeksan. 

Metode kerjanya adalah membuat situs web dengan pengalaman pengguna yang baik. Seperti dengan desain antarmuka yang ramah, situs web yang ramah pengguna, menu yang tidak rumit, dan sebagainya.

4. Local SEO

Ini adalah jenis SEO dengan teknik pemasaran digital dibalik daftar, contohnya seperti pencarian restoran, sekolah, rumah sakit, pusat kebugaran, dan tempat lain yang terdekat dengan lokasi seseorang.

Tujuan jenis SEO ini adalah untuk meningkatkan kualitas SEO website agar lebih "dikenal" karena kehadirannya di komunitas regional tertentu dan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan lokal. 

Hal ini juga termasuk memberikan gambar produk, alamat, jam buka, dan ulasan pelanggan. Strategi yang bisa dilakukan pada jenis SEO ini adalah membuat daftar pilihan di platform pilihan, melengkapi profil, riset keyword, dan membangun link.

Nah, itulah jenis-jenis SEO yang bisa kamu pahami agar bisa memanfaatkannya dengan baik. Hal ini termasuk menerapkan strategi optimasi SEO secara natural agar website kamu masuk daftar top rang di mesin pencarian Google.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun