Diplomasi publik adalah upaya suatu negara untuk mewujudkan penyebaran informasi, pengaruh, dan pemahaman akan nilai, norma, sampai dengan budaya negara tersebut kepada publik asing. Tujuan utama dari diplomasi publik adalah tercapainya kepentingan nasional yaitu menciptakan persepsi baik publik akan suatu negara.
Seringkali, kita menganggap diplomasi publik sebagai hal yang formal dan aktornya hanya bisa berasal dari lembaga pemerintahan saja. Hal itu merupakan diplomasi publik tradisional. Kita hidup di era modern yang sudah terjadi kemajuan di segala bidangnya, termasuk di dalam aspek ini.
Diplomasi publik pada zaman sekarang bisa dilakukan dengan hal yang dianggap “kekinian” oleh anak-anak muda. Artis, penyanyi, dan lembaga non-pemerintah juga bisa menjadi aktor-aktor dalam diplomasi publik. Aktor-aktor yang memiliki pengaruh besar inilah yang berperan penting dalam menciptakan persepsi baik publik asing terhadap negara tertentu. (McPhail, 2014, hal. 70).
Negara Indonesia sendiri sudah melakukan banyak diplomasi publik, seperti mengadakan webinar, FGD, program beasiswa, dll. Hal tersebut dilakukan agar citra negara Indonesia terlihat baik di mata publik asing. Salah satu contoh konkritnya adalah melalui rapper Rich Brian.
Rich Brian atau Brian Imanuel adalah salah satu contoh dari aktor diplomasi publik yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan lagu-lagunya. Ia bernaung di bawah agensi 88rising yaitu agensi musik yang menaungi artis-artis Asia. Musisi Asia sendiri memang seringkali kurang dihargai dan dianggap underrated oleh publik asing. Oleh karena itu, 88rising didirikan agar dapat mengubah persepsi dunia terhadap para musisi Asia. Selain Rich Brian, terdapat penyanyi berbakat yang berasal dari Indonesia lainnya seperti Niki Zefanya dan Stephanie Poetri yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. (Rio, 2029).
Rich Brian sudah beberapa kali diundang oleh Presiden RI ke-7, Bapak Jokowi untuk mengunjungi Istana Kepresidenan akibat banyaknya prestasi yang telah ditorehkan olehnya di luar negri, khususnya Amerika Serikat. (Nursanti, 2019). Salah satu prestasi yang paling membanggakan adalah saat ia menorehkan sejarah dengan menduduki posisi nomor satu di chart iTunes musik hiphop. Ia adalah artis Asia pertama yang bisa mendapatkan pencapaian tersebut. Bahkan, salah satu video musiknya yang berjudul Dat $tick telah mencapai 84juta kali tayangan di youtube. (Yasinta, 2018). Hal ini tentunya merupakan suatu prestasi luar biasa yang dapat mengharumkan nama Asia, terutama Indonesia di kancah Internasional.
Rich brian berhasil membuat persepsi publik asing mengenai penyanyi Indonesia berubah. Ia telah memperlihatkan kepada dunia bahwa penyanyi Indonesia mampu go internasional dengan lagu-lagu yang mudah untuk didengarkan. Hal ini juga membuktikan bahwa diplomasi publik bisa dilakukan dengan hal yang tidak terlalu formal. Rich Brian yang merupakan aktor diplomasi publik Indonesia telah berhasil menciptakan citra baik publik asing terhadap para musisi ataupun negara Indonesia sendiri. #komglob06
DAFTAR PUSTAKA
McPhail, T. (2014). Global communication: Theories, stakeholders, and trends (4th ed.). West Sussex, UK : Wiley Blackwell.
Nursanit, A. (2019, 11 Juli). Rich Brian, rapper muda Indonesia yang go international. Pikiran-rakyat.com.
Rio. (2019). 6 Hal yang patut kamu ketahui tentang 88rising.
Yasinta, V. (2018, 5 februari). Mengenal Rich Brian, rapper Indonesia pencetak sejarah di AS. Kompas.com.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H