Mohon tunggu...
Grace Paramitha
Grace Paramitha Mohon Tunggu... Lainnya - Communication Student

Selamat membaca! Semoga bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Rahasia di Balik Kesuksesan "Dua Garis Biru"

25 November 2020   11:44 Diperbarui: 25 November 2020   20:19 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.suara.com/

Dua Garis Biru merupakan film produksi Starvision Plus yang tayang pada 11 Juli 2019. Film ini disutradarai oleh Gina S. Noer. Dua tokoh utama dalam film ini yakni Bima diperankan oleh Angga Aldi Yunanda dan Dara diperankan oleh Adhisty Zara.

Film ini juga turut menggaet aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Lulu Tobing, Cut Mini Theo, Dwi Sasono, Arswendi Nasution dan Rachel Amanda.

Pada penayangan perdananya, film Dua Garis Biru ditonton oleh 178.010 orang. Jumlah penonton film ini terus meningkat, bahkan dalam enam hari penayangan, film ini sudah berhasil meraup 1.085.587 orang penonton.

Hingga akhir penayangannya, film Dua Garis Biru berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 2.538.473 dan menjadikannya film Indonesia kedua dengan jumlah penonton terbanyak di 2019. Film Dua Garis Biru juga berhasil menjadi film Indonesia keenam yang masuk daftar box office pada tahun 2019.

https://gempak.com/
https://gempak.com/
Memiliki jalan cerita yang apik sekaligus mengandung makna yang dalam, tak mengherankan jika film Dua Garis Biru meraih popularitas yang tinggi di Indonesia. Setelah sukses di Indonesia, film bergenre drama remaja ini juga tayang di Malaysia pada 3 Oktober 2019.

Selain itu, promosi yang dilakukan oleh tim film Dua Garis Biru sangat memengaruhi kesuksesan film ini. Cara promosi film serta cara menontonnya berkaitan dengan teori spasialisasi. Menurut Mosco (1996), spasialisasi adalah the process of overcoming the constraints of space and time in social life.

Spasialisasi merupakan proses penyebaran produk yang dilakukan media kepada audiens. Adanya teknologi komunikasi menyebabkan audiens sebagai penerima produk tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

Terdapat beberapa contoh penerapan spasialisasi yang dilakukan oleh tim film Dua Garis Biru.

Kegiatan promosi yang dilakukan oleh tim film Dua Garis Biru dapat dilihat melalui akun Instagram resmi mereka yaitu duagarisbirufilm. 

Sebelum penayangannya secara resmi di bioskop-bioskop Indonesia, tim beserta para pemain film Dua Garis Biru terlebih dahulu melakukan konferensi pers.

Konferensi pers tersebut dihadiri oleh berbagai media di Indonesia dan bertujuan untuk memperkenalkan film Dua Garis Biru kepada audiens.

Setelah konferensi pers, film Dua Garis Biru juga mengadakan gala premier.

Selain dihadiri oleh tim dan para pemainnya, gala premier film Dua Garis Biru juga turut dihadiri oleh beberapa artis Indonesia seperti Morgan Oey, Ernest Prakasa, Yoriko Angeline, Brisia Jodie dan beberapa member JKT48.

Kehadiran artis-artis tersebut pada saat gala premier dapat membuat film Dua Garis Biru menjadi semakin dikenal oleh audiens. Hal tersebut karena setelah menghadiri gala premier, para artis tersebut mengunggah testimoni ataupun hal-hal terkait film Dua Garis Biru di instagram story mereka. Testimoni maupun tanggapan mereka mengenai film Dua Garis Biru dapat membuat para followers mereka menjadi tertarik untuk ikut menonton film Dua Garis Biru.

Gala premier tidak hanya dilakukan di Jakarta, namun juga di kota-kota lain di Indonesia seperti Malang, Surabaya, Tulungagung, Mojokerto, Madiun, Solo, dan lainnya. Para pemain Dua Garis Biru mendatangi kota-kota tersebut lalu melakukan acara meet & greet dan nonton bareng film Dua Garis Biru.

Para pemain Dua Garis Biru juga melakukan cinema visit ke beberapa bioskop di Indonesia. Cinema visit film Dua Garis Biru dilakukan di beberapa kota yakni Yogyakarta, Cirebon, Semarang, Bandung, Bekasi, Pekalongan, Tegal, dan lainnya.

Promosi juga dilakukan melalui salah satu e-commerce di Indonesia yakni Shopee. Para pemain Dua Garis Biru melakukan live di aplikasi Shopee. Pada Shopee live tersebut, audiens dapat berbincang-bincang dengan para pemain film Dua Garis Biru.

Selain itu, sutradara serta pemain Dua Garis Biru melakukan media visit untuk memperkenalkan film mereka kepada audiens.

Media yang didatangi antara lain adalah Kompas, IDN Media, Suaradotcom, Kapanlagi Youniverse, Koran Sindo, Media Indonesia, Tabloid Nova, Grid.ID, Radio PTPN Solo, Line Today, dan lainnya.

Para pemain Dua Garis Biru juga melakukan instagram live di akun Cinema XXI dan tampil di video pada channel Youtube Raditya Dika serta Indrayani Rusady.

Sutradara dan para pemain Dua Garis Biru juga menghadiri beberapa acara di TV untuk mempromosikan film Dua Garis Biru. Acara TV yang dihadiri adalah Opera Van Java, Wow Banget, dan Hitam Putih. Ketiga acara tersebut sama-sama tayang di channel Trans 7.

Behind the scenes Dua Garis Biru ditayangkan pada beberapa stasiun televisi seperti PJTV Bandung, Jogja TV, dan lainnya. Ditayangkannya behind the scenes dapat membuat audiens tertarik untuk menonton film.

Selain itu, demi menarik perhatian audiens, film Dua Garis Biru juga menyediakan merchandise spesial berupa gantungan kunci dan poster eksklusif bertanda tangan Angga Yunanda dan Zara.

Merchandise spesial berupa gantungan kunci bisa didapatkan dengan cara membeli dua tiket film Dua Garis Biru dan poster eksklusif bertanda tangan Angga Yunanda dan Zara bisa didapatkan dengan cara membeli satu tiket film Dua Garis Biru.

Selain gantungan kunci dan poster, film Dua Garis Biru juga mengeluarkan beberapa official merchandise lain. Jika merchandise berupa gantungan kunci dan poster jumlahnya terbatas dan hanya bisa didapatkan pada saat membeli tiket film, official merchandise lainnya bisa dibeli dengan mudah secara online melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Official merchandise yang dijual berupa baseball raglan shirt, hoodies, sweatshirt, water bottle, dan notepad. Terdapat juga enamel pin bergambar bima, dara, ondel-ondel, dan strawberry. Official merchandise lainnya adalah t-shirt, totebag, notebook, dan bantal.

Dalam rangka merayakan satu juta penonton, film Dua Garis Biru juga melakukan promo menarik melalui TIX ID. Promo tersebut berupa diskon 50% untuk pembelian tiket pertama dalam kurun waktu 17-21 Juli 2019.

Sedangkan untuk merayakan dua juta penonton, film Dua Garis Biru melakukan sebuah challenge. Para pemenang challenge tersebut mendapatkan hadiah berupa jalan-jalan bersama para pemain film Dua Garis Biru di Dufan.

Setelah film Dua Garis Biru selesai tayang di bioskop, film ini juga sempat ditayangkan di stasiun TV nasional. Pada 14 Februari 2020, film Dua Garis Biru tayang perdana di channel TV Trans 7.

Film Dua Garis Biru juga tersedia di aplikasi streaming video. Film ini dapat ditonton secara streaming melalui aplikasi iflix dan viu.

Selain berbentuk film, Dua Garis Biru tersedia dalam bentuk buku. Buku tersebut diterbitkan oleh Gramedia pada 22 Juli 2019. Buku berjudul Dua Garis Biru tersebut ditulis oleh Lucia Priandarini dan merupakan novel adaptasi dari skenario film karya Gina S. Noer.

Adanya kegiatan promosi seperti konferensi pers, gala premier, meet and greet, media visit, tampil di acara televisi dan radio, serta diproduksinya berbagai macam bentuk merchandise dari film Dua Garis Biru benar-benar membantu kesuksesan film ini.

Kegiatan promosi film dapat membuat film menjadi semakin dikenal oleh masyarakat. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan karena akan menarik minat orang-orang untuk menonton filmnya.

Semakin gencar promosi yang dilakukan maka semakin besar pula kemungkinan film untuk ditonton oleh banyak orang. Bagi film yang tayang di bioskop, jumlah penonton film dapat menjadi salah satu tolak ukur sukses atau tidaknya film tersebut. Semakin banyak ditonton, maka semakin sukses dan keuntungan yang didapatkan juga semakin banyak.

Selain itu, penjualan merchandise dapat meningkatkan jumlah pendapatan film serta memperluas engagement. Semakin banyak merchandise yang terjual juga dapat menandakan bahwa film tersebut memiliki nilai dan berpengaruh bagi masyarakat atau para penontonnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun