Logo merupakan salah satu begian terpenting dalam membangun bisnis. Seperti yang dapat dilihat beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali perusahaan starup yang bermunculan.Â
Pada 2023, dilansir dari hubstpot.com ada lebih banyak startup yang bermunculan, khususnya pada bidang fintech, AI, blockchain technology, dan data management.
 Tidak beda halnya dengan pertumbuhan cafe yang menyuguhkan kopi sebagai menu unggulannya. melansir dari Ottencoffee.co.id, walaupun diterpa isu resesi pada 2023 ini, nyatanya meminat kopi semakin tinggi angkanya begitupun dengan jumlah cafe baru.Â
Tetapi, apakah menggunakan logo yang tepat?Apakah logo yang digunakan dapat menggambarkan identitas perusahaan tersebut? Artikel ini akan membantu untuk memahami lebih lanjut, bagaimana ciri-ciri logo yang tepat dan dapat menggambarkan identitas perusahaan, beserta langkah-langkah pembuatannya.
Ciri-Ciri Logo yang Tepat
Unik dan Mudah DiingatÂ
Fungsi utama logo adalah sebagai pembeda suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Logo sendiri dapat berupa tulisan, gambar dan gabungan dari keduanya. Para pemilik perusahaan harus jelih dalam menentukan logo untuk perusahaannya. Jangan sungkan untuk melihat brand-brand besar seperti Starbucks, Apple, Uniqlo, dsb untuk menjadi acuan pemilihan logo.Â
Perhatikan brand-brand besar pilihan anda dalam pemilihan warna, gambar dan tulisan. Apakah mereka menggunakan warn hangat atau dingin pada logonya? Untuk mempresentasikan apa warna-warna yang ada pada logo tersebut? Jika ada gambar, gambar apa yang digunakan? Untuk mempresentasikan apa kepada para customers? Font seperti apa yang digunakan? Dalam bentuk italic, bold atau normal? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang harus anda list, untuk membantuk membuat logo yang tepat bagi perusahaan ada.
Memrepresentasikan Produk yang Dijual
Tujuan utama adanya logo adalah untuk mempresentasikan perusahaan. Pada saat orang melihat logo perusahaan anda, mereka akan mengetahui barang atau jasa apa yang anda jual.Â
Contoh logo yang tepat dalam mempresentasikan produk atau jasa yang dijual adalah Coffee Bean dan Pizza Hut. Begitu orang melihat Coffee bean, makan orang akan mengetahui kalau produk yang dijual adalah kopi. Sedangkan, untuk Pizza Hut, orang juga akan langsung mengetahui kalau yang dijual adalah pizza.Â
Untuk mempermudah anda dalam menentukan image apa yang anda ingin orang pahami ketika melihat logo perusahaan anda, anda dapat melihat dari visi misi, value proposition serta unique selling point dari perusahaan ada.
Simple dan Applicable
Setelah anda mendapatkan contoh-contoh logo dari beberapa brand besar sebagai inspirasi, hal selanjutnya yang penting dalam pembuatan logo yang tepat untuk perusahaan anda, pastikan design logo yang akan anda gunakan itu simple dan applicable. Bagaimana Itu maksudnya?Â
Maksudnya adalah dalam Design logo yang telah anda buat, dapat terlihat jelas dalam ukuran kecil maupun besar. Tidak hanya itu, design logo yang baik juga dapat dikenali pada saat ditampilkan dalam versi hitam putih.Â
Selain itu, setiap pemilik bisnis pastinya memiliki mimpi dan keinginan untuk perusahaannya dapat berjalan dan terus eksis sampai tahun-tahun kedepan, bahkan sampai berabad-abad. Oleh karena itu, pastikan logo perusahaan anda dapat terus dikenali dan eksis sampai berabad-abad berikutnya. Jadi, pastikan logo anda simple dan applicable.Â
Setelah anda memahami bagaimana ciri-ciri logo yang tepat, berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu anda membuat logo yang tepat untuk perusahaan anda.
Langkah-Langkah Mebuat Logo yang Tepat
Mencari Inspirasi dari Brand Besar
Seperti yang sudah dijelaskan pada point-point di atas, brand besar merupakan contoh baik yang dapat membantu dalam membuat logo yang tepat bagi perusahaan yang ingin kita bangun. Misalnya, dari Starbucks, suka dengan mascot mermaidnya, dari Pizza Hut suka dengan font dan warnanya. Banyak sekali ide-ide yang bisa didapatkan dengan mix and match dari brand-brand besar.
Membuat Sketsa Logo
Setelah anda mendapatkan inspirasi untuk membuat logo yang tepat, bisa langsung membuat sketsanya agar tidak lupa. Sketsa bisa dilakukan dengan coretan tangan atau dengan aplikasi. Contohnya, jika ingin membuka sebuah cafe yang menjual kopi dan pizza, kita dapat melihat, brand-brand ternama yang jualan kopi logonya bagaimana dan pizza bagaimana, misalnya dengan gambar mermaid (symbol starbucks) makan pizza, dibawahnya diberi tulisan nama cafenya. Atau mau jualan accesories Apple, bisa dengan gambar buah apel kegigit dengan keranjang misalnya. Terus melakukan sketsa sampai anda medapatkan logo yang tepat untuk bisnis anda.
Minta Pendapat Orang Lain
Jika beberapa sketsa logo telah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah tanya pendapat orang lain mengenai sketsa-sketsa terseut. Apakah mereka menyukainya? Apakah mereka memahami logo tersebut, seperti menjual produk atau jasa apa, mempresentasikan image yang bagaimana? Pastikan orang-orang memahami segala sesuatu yang anda ingin sampaikan dengan logo tersebut. Jika anda mengalami kesulitan untuk mewujudkan logo yang tepat untuk perusahaan anda, anda dapat menghubungi para ahli, seperti konsultan dan jasa pembuat logo atau designer kepercayaan anda.
Dengan mengikuti langkah-langkah dalam membuat logo yang tepat, anda sudah dapat menciptakan logo terbaik untuk bisnis anda dengan mudah dipahami, unik, simple dan applicable yang dapat membantu customers mudah mengingat perusahaan anda. Karena logo adalah identitas visual perusahaan. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, khususnya para ahli, konsultan pembuat logo atau designer untuk membantu ada mewujudkan logo yang tepat bagi perusahaan anda.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H