Mohon tunggu...
Gloria Alicia
Gloria Alicia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta prodi Ilmu Komunikasi

Ecclesiastes 3:11

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

SEO Vs SEM, Apa Perbedaannya?

1 Oktober 2021   20:19 Diperbarui: 1 Oktober 2021   21:06 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SEO dan SEM. Sumber: redcomm

SEO dan SEM merupakan cara pemasaran dalam website agar dapat membuat laman yang diinginkan memiliki posisi teratas dalam pencarian. Perbedaan keduanya ini hanyalah pada pengenaan biaya yang harus dibayar.

Apakah kamu pernah mendengar SEO dan SEM? Atau mungkin masih asing dengan kata-kata tersebut?

SEO merupakan sebuah teknik yang dapat digunakan penulis digital dalam menulis di website. Untuk penjelasan lebih lanjutnya yuk simak artikel berikut!

SEO? 

Singkatan dari Search Engine Optimization, yang berguna sebagai alat untuk menampilkan laman web pada halaman teratas. Sistemnya adalah dengan cara menghubungkan sistem pencarian yang ada di internet dengan kecocokan kata kunci yang sedang dicari oleh pembaca dengan banyaknya kata kunci yang ada pada website. SEO membantu penulis dalam mempublikasikan karyanya pada website tanpa adanya pengenaan biaya. 

Jenis SEO?

  • SEO On-Page: merupakan sistem internal yang ada dalam website, seperti gambar, judul, isi teks.
  • SEO Off-Page: merupakan sistem eksternal yang ada di dalam website, seperti tautan yang dicantumkan penulis.

Tips gunakan SEO secara optimal 

1. Permalink

Memiliki peran penting dalam memengaruhi mesin pencari, dikarenakan permalink yang mengandung kata kunci maka akan lebih mudah juga untuk muncul pada laman utama pencarian.

2. Title Tag

Tag judul atau judul situs web merupakan judul yang akan muncul dalam hasil pencarian. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut, yaitu panjang karakter tidak boleh melebihi 70 karakter, gunakan judul yang menarik, menyantumkan URL pada judul, serta menyertakan kata kunci pada judul.

3. Meta Description

Berguna apabila mesin pencarian tidak dapat menemukan jenis teks bagus yang akan disajikan kepada pembaca. Hal ini dikarenakan isi dari deskripsi meta membuat pembaca memutuskan untuk melanjutkan membaca artikel tersebut atau tidak, sehingga isi dari deskripsi meta harus jelas dan menarik. Apabila isi dari deskripsi meta tersebut menarik, maka membuat pembaca lebih memilih untuk membaca artikel itu dan pada akhirnya dapat mengalahkan artikel yang berada pada peringkat atas hasil pencarian.

4. Heading Tag

Judul harus dibuat jelas, menarik dan terdapat kata kunci agar pembaca dapat tertarik membaca artikel secara keseluruhan. Dikarenakan menurut penelitian, sebagian besar pembaca tidak membaca secara menyeluruh, dimana mereka hanya membaca secara sekilas saja karena isi dari artikel sudah dapat diketahui dari judul yang ada. Judul juga dapat menentukan bagaimana pembaca akan menilai isi sebuah artikel tersebut.

5. Text/Content

Konten yang menarik dan menyajikan hal baru dapat menarik minat pembaca, maka dari itu penting bagi penulis untuk selalu menyajikan konten terbaru atau hal yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

6. Images and ALT atrributes

Atribut ALT merupakan singkatan dari deskripsi teks yang berarti ‘alternatif‘, yaitu apabila file gambar yang ada di web mengalami kendala, maka tombol ALT muncul sebagai pengganti. Sehingga dengan adanya penggunaan gambar tersebut maka akan memudahkan sistem pencari dalam mencari hal terkait yang dimaksud oleh pembaca.

7. Internal Link

Merupakan hal terpenting yang dapat memengaruhi peringkat algoritma pada Google. Tautan internal dapat membawa satu pembaca berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya namun tetap dalam website yang sama, dikarenakan dalam setiap halaman pasti memiliki tautan internal.

8. Pagespeed

Merupakan durasi kecepatan sebuah halaman dalam memuat sebuah konten. Hal ini dapat menunjukkan seberapa cepat akses internet yang berhubungan dengan evaluasi untuk meningkatkan performa tersebut.

SEM

Merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, dimana memiliki peran hampir sama dengan SEO, yaitu sebagai alat untuk menampilkan laman web pada halaman paling atas. Namun perbedannya adalah, SEM mengenakan tarif biaya atau berbayar agar halaman yang diinginkan dapat muncul pada laman pencarian utama.

SEM sangat berguna bagi semua pihak, dimana salah satunya adalah bagi perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan. 

Perusahaan menggunakan SEM untuk meningkatkan promosinya di dalam dunia digital, sehingga SEM termasuk dalam salah satu dari tiga pilar pemasaran online. 

SEM sendiri membawahi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Advertising (SEA).

Cara kinerja SEM adalah dengan menggunakan pengiklanan agar dapat menarik pembeli dalam media internet. Kualitas iklan pada website inilah yang nantinya sangat memengaruhi dalam penempatan posisi teratas.

Tidak hanya sampai disitu saja, tahukah kalian bahwa tingkatan pada SEM juga dipengaruhi oleh kata kunci yang dicantumkan pada iklan tersebut. Adanya SEM ini dapat memudahkan para pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya, dikarenakan tarif biaya yang dikenakan pada SEM juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Kehadiran SEO dan SEM membuktikan bahwa perkembangan teknologi digital dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan segala hal, namun harus diingat lagi bahwa kemudahan teknologi ini seharusnya kita gunakan untuk melakukan hal yang positif.

Semoga artikel diatas dapat membantu menjelaskan mengenai SEO dan SEM ya, terimakasih! 😊.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun