Photo credit: Pinterest Halo JasaÂ
Penyedia jasa adalah orang atau kelompok yang menawarkan jasa dalam bisnisnya. Ia memberikan layanan non-produk, untuk dijual kepada pelanggan. Sebagai pemilik jasa layanan on-demand, sudah pasti Anda harus memastikan bahwa seluruh mitra, vendor, karyawan, dan seluruh pihak yang bekerja sama melayani pelanggan, mendapatkan pelatihan atau training. Ini dimaksudkan agar vendor mampu memberikan layanan terbaik, yang sesuai dengan budaya kerja, sesuai dengan visi serta misi yang diusung, serta agar dapat meraih tujuan bisnis yang diinginkan.
Berikut ini beberapa hal penting mengapa pelatihan atau training wajib diberikan sebelum para vendor melayani pelanggan:
1. Pengaruh pada hasil akhir
Pelayanan yang baik, akan sangat memengaruhi hasil akhir atau keputusan pelanggan. Apakah akan terus menggunakan jasa yang Anda sediakan, atau berhenti di satu kali percobaan. Kalau vendor atau mitra yang melayani memberikan service yang tidak sesuai harapan pelanggan, dan tidak sesuai dengan SOP yang berlaku, tentu saja akan membuat pelanggan kecewa dan memutuskan untuk tidak menggunakan layanan Anda kembali.
2. Masalah loyalitas dan kepercayaan pelanggan
Layanan jasa yang baik, entah itu dari pihak perusahaan atau mitra rekanan, akan memengaruhi loyalitas serta kepercayaan pelanggan. Kalau dari pihak perusahaan atau penyedia jasa mempromosikan layanannya sebagai yang paling bagus, paling andal, profesional, dan dibanderol dengan harga terjangkau, namun bukti di lapangan, mitra rekanan memberikan pengalaman yang sebaliknya, tentu rasa percaya dan loyalitas pelanggan bisa hancur.
Anda sebagai pemilik jasa, akan dicap pembohong karena pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diiklankan. Reputasi hancur karena tidak ada pelatihan vendor sebelum mereka melayani pelanggan.
3. Erat hubungannya dengan reputasi perusahaanÂ
Berhubungan dengan poin sebelumnya, penyedia jasa adalah sumber daya yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan. Pelatihan vendor sebelum mereka bekerja melayani pelanggan, penting untuk membangun reputasi perusahaan. Apakah perusahaan akan terkenal sebagai perusahaan dengan layanan nomor 1 di Indonesia, atau perusahaan pembual dengan layanan yang tidak sesuai dengan yang dikatakan. Kalau Anda ingin perusahaan jadi yang paling profesional, maka latihlah vendor serta mitra, sebagai orang yang profesional dalam menangani pekerjaannya.
4. Menghindari tuntutan yang tidak perluÂ
Bila Anda sebagai pemilik bisnis penyedia layanan jasa, menanamkan nilai-nilai profesionalitas yang tinggi, menjunjung tinggi kepuasan pelanggan atas layanan yang diberikan, maka tanamkan hal yang sama pada vendor serta mitra. Ini bisa dilakukan melalui training atau pelatihan.
Sebab jika tidak, vendor atau mitra Anda bisa melakukan hal yang sebaliknya. Bagus kalau hasilnya baik, tapi kalau tidak? Bisa-bisa timbul masalah yang bisa dibawa ke ranah hukum. Anda dan perusahaan akan dituntut atas tuduhan yang sebenarnya tidak perlu, atau bisa dicegah. Tapi karena lalai tidak memberikan pelatihan vendor, maka hal seperti ini bisa terjadi.
5. Memperluas jangkauan bisnis
Pelanggan yang puas atas kerja vendor dalam memberikan layanan jasa, adalah kunci untuk memperluas bisnis, berikut juga dengan jangkauannya. Mereka akan dengan senang hati, menggunakan kembali jasa yang Anda tawarkan, bahkan menjadikan jasa tersebut, sebagai lifestyle. Artinya, sales Anda akan naik.
Tidak menutup kemungkinan juga kalau pelanggan yang puas terhadap layanan, merekomendasikan bisnis Anda kepada teman, keluarga, rekan, atau kerabat. Dengan begitu, jangkauan bisnis akan meluas. Anda bisa dapat calon pelanggan, dari pelanggan yang senang dengan jasa yang diberikan. Selanjutnya, tinggal kembangkan saja, bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan pasar yang saat ini sudah ada.
Hal-hal penting di atas pula lah yang menjadi concern Halo Jasa dalam memberikan layanan. Setiap penyedia jasa, termasuk vendor reflexology massage, selalu diberikan training untuk memastikan kemampuan pijat refleksinya. Bila memang vendor sudah lulus training, maka ia baru bisa turun langsung ke lapangan memberikan servis kepada pelanggan. Sehingga, pelanggan tidak akan kecewa atau dalam bahaya, jika terapis profesional yang menangani.
Intinya, penyedia jasa adalah bagian bisnis yang sangat penting. Kemampuan serta pengalaman menjadi concern pertama yang harus dilatih, sebelum ia melayani pelanggan. Anda sebagai pemilik bisnis, harus memikirkan hal ini untuk meningkatkan kualitas dan jumlah penjualan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H