Mohon tunggu...
Glen Landry
Glen Landry Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

A writer

Selanjutnya

Tutup

Money

Pentingnya Fungsi Chatbot Pada Aplikasi On-Demand

7 April 2020   20:57 Diperbarui: 18 Mei 2020   19:38 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo credit: Pinterest Halo Jasa


Pentingnya fungsi chatbot pada aplikasi layanan on-demand, seperti Halo Jasa, memang tidak main-main. Menjalankan bisnis berbasis jasa, sudah pasti harus siap dengan segala pertanyaan dan mungkin juga komplain dari pelanggan. Sebab, yang diutamakan dari bisnis jasa, adalah layanan yang diberikan, dan seberapa cepat Anda bisa merespons. 

Saat ini, sudah banyak bisnis berbasis jasa yang menggunakan chatbot website untuk mendukung operasional bisnis supaya lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa, Halo Jasa pun mengembangkan fitur chatbot untuk meningkatkan kualitas layanan dan kecepatan respons. 

Pentingnya fungsi chatbot

1. Chatbot memberikan dukungan layanan 24 jam

Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa, dengan empat layanan utama: reflexology massage, jasa salon mobil panggilan, service AC, dan cleaning service, Halo Jasa sudah pasti harus tanggap dalam melayani permintaan pelanggan. Entah itu permintaan untuk layanan, permintaan untuk bantuan pertanyaan, permintaan untuk bantuan cek kualitas pekerjaan vendor, saran pengembangan, hingga kritik terhadap layanan. Terkadang, jam kerja normal tidak cukup untuk menanggapi seluruh permintaan pelanggan ini. 

Oleh karena itu, Halo Jasa sedang mengoptimalkan pelayanan, dengan mengembangkan fitur chatbot. Dengan begitu, ketika ada permintaan, saran, kritik, dan pertanyaan dari pelanggan, bisa dengan segera direspons. Pelanggan pun tidak akan merasa ditinggalkan atau diabaikan jika chat mereka dibalas dengan cepat.

2. Menghemat biaya operasional

Masih berhubungan dengan layanan pelanggan 24/7, penggunaan sumber daya manusia dalam hal ini sudah pasti akan membutuhkan biaya yang lumayan banyak. Anda mungkin harus mengeluarkan modal banyak untuk menyediakan hal ini. Namun, jika Anda mau mempertimbangkan penggunaan chatbot website untuk memberikan layanan ini, maka ada banyak uang yang bisa dihemat.  

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya maintenance untuk memastikan semua fungsi chatbot berguna secara maksimal. Perawatan ini tentu saja membutuhkan biaya yang lebih sedikit dari pada harus membayar gaji karyawan untuk memberikan layanan customer care. Belum lagi tunjangan hari raya, uang makan, jaminan kesehatan, dll. Jadi, lebih murah pakai chatbot, kan? Hal ini pula lah yang  menjadi pertimbangan Halo Jasa saat mengembangkan fitur chatbot.

3. Membantu mempromosikan produk

Tidak hanya soal layanan pengaduan pelanggan, chatbot juga sangat bermanfaat dalam membantu mempromosikan produk yang Halo Jasa miliki. Penawaran produk, hingga program promo yang sedang berlangsung, bisa ditawarkan melalui chatbot yang berinteraksi langsung dengan konsumen. Misal, ada calon pelanggan baru yang tertarik menggunakan produk Anda. Dengan program yang sudah di-input, chatbot bisa menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan, sekaligus memberikan informasi penawaran produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun