Mohon tunggu...
Muhammad Gilbran Fadlillah
Muhammad Gilbran Fadlillah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

suka otomotif

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Peluncuran Tesla Semi

24 Januari 2023   07:07 Diperbarui: 24 Januari 2023   07:16 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

 Kembali di tahun 2017, Tesla mengumumkan bahwa mereka memasuki era truk listrik dengan memperkenalkan truk berat pertamanya, yang secara lugas diberi nama "Semi". Tesla membutuhkan waktu lima tahun untuk memperbaiki dan mengirimkan truk listrik pertamanya pada 1 Desember 2022. Benar, Tesla akhirnya mengirimkan truk Semi produksi yang pertama.

 Ini akan menjadi milik PepsiCo, yang menampilkan dua truk dengan livery Pepsi dan Frito Lay, bersama dengan dua lainnya berwarna putih, selama pengumuman Tesla tentang realisasi Semi. Selama acara tersebut, Elon Musk pertama kali berkendara di salah satu Semi putih yang disebutkan di atas, lalu meminta maaf dan berterima kasih kepada semua orang atas kesabaran mereka menunggu lima tahun untuk mewujudkan Semi. 

Dia juga menjelaskan mengapa Tesla membuat Semi, tampaknya sebagai respons terhadap truk semi yang bertanggung jawab atas sekitar 20 persen emisi meskipun hanya mewakili satu persen dari penjualan kendaraan di AS. Dia juga menyatakan bahwa sangat tidak sehat untuk tinggal di dekat jalan raya dengan semi diesel truk berlarian dan seberapa banyak polusi suara yang mereka hasilkan. Itu, kata Musk, mengapa Tesla membuat Semi sejalan dengan tujuannya untuk menciptakan energi berkelanjutan dan mengapa membuat kendaraan yang tidak seperti kebanyakan produsen mobil.

 Fakta bahwa Musk mengemudikan salah satu truk itu tepat menuju penonton, sebenarnya memiliki sedikit tujuan tambahan daripada hanya menunjukkan satu truk sedang bergerak. Dalam presentasinya, Musk menjelaskan bahwa mengendarai Semi itu seperti mengendarai mobil Tesla. Itu bahkan termasuk performa berkendaranya. 

Dia menyatakan bahwa "sepertinya gajah bergerak seperti cheetah, cepat berakselerasi, cepat mengerem", dan memiliki "kekuatan tiga kali lipat mesin diesel di jalan raya saat ini". Tesla Semi, menurut Tesla, akan hadir dengan jangkauan 500 mil dengan sistem tenaga baterai 1.000 volt. Dan lebih banyak kendaraan yang akan segera hadir dengan sistem 1-kV itu. Itu akan menjadi poin penting nanti.

Memakai Tiga Motor Dengan Poros Motor Ganda Berbasis "Plaid'

 Tesla juga menjelaskan bahwa drivetrain, HVAC, perangkat keras, kontrol, dan perangkat lunak Semi semuanya didasarkan pada teknologi dan peralatan Tesla yang sudah ada. Terutama sistem penggeraknya, yang merupakan pengaturan tiga motor, dengan satu gandar berdasarkan motor ganda Model S dan X Plaid dan digunakan selama akselerasi. 

Pada pengendaraan yang stabil, motor tersebut terpisah dari gandar, memungkinkannya untuk bergerak bebas dan meningkatkan efisiensi Semi. Motor tunggal mengambil alih dan digunakan untuk semua pengendaraan di jalan raya. Terlepas dari penggabungan dan pemisahan itu, transisi antara keterlibatan poros akselerasi ke pengendaraan standar akan mulus, menurut Musk. 

Tesla juga memiliki video yang mendemonstrasikan daya tahan dan kemampuan bertahan truk yang menunjukkan truk itu melindas objek, melewati genangan air yang dalam, jalan tanah yang longgar, jalan yang tertutup salju, dan bahkan mesin pencuci otomatis untuk membuktikan kesiapannya menangani berbagai skenario mengemudi. Tesla menambahkan bahwa Semi-nya beroperasi 24/7 antara Sparks/Reno/Tahoe dan Freemont untuk memastikan kesiapan memenuhi tuntutan pengangkutan berat.

Membawa Beban Yang Sangat Berat

 Semi mampu menarik kendaraan dengan berat kotor 82.000 pound, maksimum yang diizinkan oleh undang-undang. Itu 2.000 pound lebih dari beban angkut truk diesel yang diizinkan, konsesi yang dibuat oleh regulator untuk mengimbangi sebagian berat paket baterai semi listrik. 

Motor jalan raya tunggal lebih dari cukup untuk berkendara secara normal, yang ditunjukkan Tesla dengan membawanya ke Donner Pass dan membuat film dengan membawa muatan penuh dan melewati tempat itu sambil berakselerasi. Pengereman regeneratif juga merupakan keunggulan lain Tesla Semi dibandingkan truk diesel tradisional. Karena Tesla Semi menuruni level tersebut, pengemudi tidak perlu khawatir kehilangan persneling dan merusak rem.

Semi juga menggunakan lebih sedikit rem daripada truk diesel karena pengereman regeneratif. "Kami sampai di dasar bukit dan rem ini masih dingin," kata Musk, "Itu peningkatan keselamatan bagi pengemudi dan pengemudi lain di jalan." Teknologi keselamatan yang dikatakan Tesla telah disertakan dalam Semi juga mengesankan. Per Tesla, ia mampu menghentikan truk dari artukulasi trailer yg berlebihan dengan pengaturan motornya yang unik bersama dengan kontrol traksi dan sasisnya. Semuanya "mulus bagi pengemudi," kata Musk.

Berjalan Sejauh 500 mil Tanpa Mengisi Daya

 Dari Fremont ke San Diego dengan pengangkutan di bawah kapasitas 80.000 pound sebagai versi produksi penuh tanpa trik aerodinamis. Musk berjanji bahwa Tesla akan merilis video delapan jam penuh tanpa pemotongan, tetapi malam ini hanya memamerkan versi selang waktu. Dalam perjalanan sejauh 500 mil penuh itu Tesla Semi tidak melakukan pengisian daya apa pun, meskipun ada satu waktu istirahat bagi pengemudi untuk ke kamar mandi dan beristirahat ,dan wajib untuk pengemudi komersial. 

Butuh detail lebih lanjut? Tesla mengatakan jika Semi menggunakan trailer tertutup sepenuhnya dan melaju ke bawah I-5 sekitar 82 mph. Keunggulan lain yang dimiliki Semi di luar baterai 1.000 volt yang besar untuk menempuh jarak 500 mil adalah aerodinamika. Hal ini bekerja bersama dengan trailer yang ditariknya untuk meminimalkan hambatan dan seefisien mungkin dengan kecepatan. Secara keseluruhan, Semi hanya mengkonsumsi sekitar 2 kWh per mil, yang akan menempatkan potensi baterai pada kapasitas satu MegaWatt (MW) jam. Itu lebih dari 33 kali konsumsi yang digunakan rumah standar dalam sehari.

Driver Centric, Dan Bukan Hanya Karena Posisi Mengemudi 

 Kemajuan Tesla mencakup lebih dari sekadar elektronik. Interior dibangun di sekitar pengemudi, dan bukan hanya karena tempat duduknya yang terpusat. Pertama, memiliki pengisian nirkabel dan port USB-C untuk perangkat seluler bersama dengan area yang nyaman untuk menyimpan perangkat tersebut. Tesla Semi standar juga lebih besar dari truk pemgangkut biasa, yang bisa sangat sempit jika Anda belum pernah masuk ke dalamnya. 

Siapa pun yang tingginya lebih dari enam kaki akan merasa lebih nyaman. Semi juga memiliki fitur pendukung produktivitas seperti dump belakang satu tombol untuk membantu memuat trailer (tidak terlalu inovatif karena banyak truk berat "berlutut" untuk memuat), bersama dengan pemeriksaan keselamatan bawaan yang dapat dioperasikan pengemudi di dalam kabin dan membantu memenuhi pemeriksaan keselamatan saat dalam perjalanan. 

Terakhir, tidak seperti kendaraan penumpang terbaru Tesla, Semi memiliki roda kemudi bundar tetapi menggunakan kontrol sentuh dan roda kemudi khas Tesla. Semi juga dilengkapi monitor layar sentuh ganda untuk memungkinkan beberapa tampilan sehingga pengemudi dapat memantau beban, memeriksa titik buta, dan menggunakan panduan tanpa harus bertukar tampilan pada satu layar. Alih-alih menggunakan tata letak layar potret seperti yang Anda lihat di Model S atau X, kedua layar berada dalam tata letak lanskap dengan roda kemudi di antaranya. 

Akan Lebih Dari Sekedar PepsiCo 

 Sekarang produksi telah dimulai dan pengiriman mulai dilakukan berkat pesanan awal PepsiCo, pertanyaan yang harus diajukan adalah apakah perusahaan angkutan truk dan kargo lain mengikuti jejaknya. Sejauh ini, Anheuser-Busch, Walmart, UPS, dan dua belas perusahaan Amerika Utara lainnya telah berkomitmen untuk setidak nya memesan satu Tesla Semi sejak pertama kali diumumkan lima tahun lalu.

Merek lain di Eropa juga telah menyatakan bahwa mereka akan memesan Semi sebagai bagian dari armada mereka pada waktu yang sama. Tetapi akankah lebih banyak merek mengikuti sekarang karena Tesla telah menunjukkan versi produksinya? Berapa banyak pemilik-operator yang juga akan mengambil risiko untuk memesan EV Semi yang semudah dikendarai seperti mobil Tesla?

 Kita harus menunggu dan melihat, tetapi jika penghematan biaya pada konsumsi diesel dan rem benar-benar dapat direalisasikan seperti yang diklaim Musk, dan Tesla dapat membangun dan mengirimkannya dalam jumlah, sulit untuk membantah investasi tersebut, setidaknya untuk pengangkutan lokal dan pengangkutan jarak menengah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun