Mohon tunggu...
Ananta
Ananta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis independen. Instagram @ananta.writer

Hai, Perkenalkan, aku Ananta, penulis/penerbit self publishing. Buat kamu yang suka nulis, boleh banget terbit bareng aku. Jangan lupa follow instagram aku @ananta.writer supaya kamu dapat tip menarik seputar kepenulisan. Sampai jumpa

Selanjutnya

Tutup

Book

Pembelajaran Menulis dengan Model Kolaborasi untuk Mahasiswa

15 Juli 2024   13:02 Diperbarui: 15 Juli 2024   16:31 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://penerbitananta.com/Pembelajaran-Menulis-dengan-Model-Kolaborasi-untuk-Mahasiswa

Buku Pembelajaran Menulis dengan Model Kolaborasi untuk Mahasiswa merupakan karya dari tiga penulis, yaitu Alamsyah, Arismunandar, dan Baso Jabu. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa.

Buku ini terdiri dari lima bab utama. Bab I membahas pendahuluan yang menjelaskan latar belakang, tujuan, dan struktur buku. Bab II membahas rasionalisasi model pembelajaran, yang mencakup analisis teori-teori pembelajaran bahasa, seperti behaviorisme, kognitivisme, nativisme, kognitif, dan konstruktivisme.

Bab III berfokus pada pengembangan model pembelajaran, termasuk definisi model pembelajaran, konsep pengembangan model, karakteristik model pembelajaran kolaboratif, dan langkah-langkah model pembelajaran kolaboratif. Bab IV memberikan deskripsi rinci tentang model pembelajaran kolaboratif, termasuk teori yang mendukung pengembangan model dan komponen-komponennya.

Bab V merupakan bagian terpenting dari buku ini, yang menyajikan panduan praktis untuk menerapkan model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran menulis. Bab ini menjabarkan aktivitas-aktivitas spesifik, seperti pertukaran ide, diskusi kelompok, umpan balik, evaluasi bersama, dan refleksi. Selain itu, bab ini juga menyediakan rubrik penilaian untuk menulis akademik, yang mencakup penilaian penulisan esai, resensi buku, dan artikel jurnal.

Secara keseluruhan, buku ini menawarkan pendekatan yang inovatif dan komprehensif dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi. Dengan memadukan teori pembelajaran bahasa yang kuat dan panduan praktis, buku ini diharapkan dapat membantu dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif, interaktif, dan efektif bagi mahasiswa.

Dalam Bab V buku ini terdapat panduan rinci mengenai penerapan model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran menulis. Berikut adalah beberapa contoh penerapan model kolaborasi yang dibahas:

1. Ideen austauschen (Pertukaran Ide)
Pada tahap ini, mahasiswa melakukan aktivitas berbagi ide dan gagasan terkait topik penulisan secara individual. Kemudian, mereka saling bertukar ide dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan dan mengembangkan ide-ide tersebut.

2. Gruppendiskussion (Diskusi Kelompok)
Pada tahap ini, mahasiswa dalam kelompok kecil berdiskusi untuk mengembangkan kerangka tulisan, membagi tugas, dan berkolaborasi dalam proses penulisan.

3. Ruckmeldung (Umpan Balik)
Setelah mahasiswa menyelesaikan draft tulisan, mereka saling memberikan umpan balik konstruktif antar anggota kelompok. Umpan balik ini mencakup aspek isi, organisasi, tata bahasa, dan mekanika penulisan.

4. Gemeinsame bewertung (Evaluasi Bersama)
Pada tahap ini, mahasiswa dan dosen melakukan evaluasi bersama terhadap hasil tulisan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian yang komprehensif, mencakup aspek isi, organisasi, tata bahasa, dan mekanika penulisan.

5. Reflexion (Refleksi)
Tahap terakhir adalah refleksi, di mana mahasiswa merefleksikan proses pembelajaran menulis yang telah dilakukan. Mereka mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan rencana perbaikan untuk tulisan mereka di masa depan.

Melalui penerapan tahapan-tahapan model kolaboratif ini, buku ini menawarkan panduan yang sistematis bagi dosen dalam mengembangkan keterampilan menulis akademik mahasiswa secara efektif.

Terdapat beberapa alasan mengapa buku Pembelajaran Menulis dengan Model Kolaborasi untuk Mahasiswa penting untuk dibaca, antara lain:

1. Menyediakan Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Menulis
Buku ini memperkenalkan model pembelajaran kolaboratif yang merupakan pendekatan yang inovatif dan interaktif dalam mengajarkan keterampilan menulis akademik. Model ini berbeda dari metode tradisional dan dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

2. Berbasis pada Teori Pembelajaran Bahasa yang Kuat
Buku ini didasarkan pada analisis mendalam terhadap berbagai teori pembelajaran bahasa, seperti behaviorisme, kognitivisme, dan konstruktivisme. Hal ini memberikan landasan teoretis yang kuat bagi penerapan model pembelajaran kolaboratif.

3. Menyediakan Panduan Praktis dan Komprehensif
Buku ini tidak hanya memaparkan konsep model pembelajaran, tetapi juga menyediakan panduan praktis dan rinci tentang implementasinya di kelas. Hal ini memudahkan dosen dalam menerapkan model kolaboratif secara efektif.

4. Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa
Dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif yang diuraikan dalam buku ini, dosen dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan menulis akademik yang lebih baik, mulai dari penulisan esai, resensi buku, hingga artikel jurnal.

Secara keseluruhan, buku ini merupakan sumber yang komprehensif dan berharga bagi dosen yang ingin mengembangkan pembelajaran menulis yang inovatif dan efektif di perguruan tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun