Mohon tunggu...
Gita FitriAnggraini
Gita FitriAnggraini Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Yakin, Be positive. "You are who you are, not you for others"-git

Latahzan innallaha ma'ana, belajar berproses. Semakin kita bingung semakin kita beproses dalam belajar. Hamasaah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi atau Nilai Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

7 November 2021   23:10 Diperbarui: 7 November 2021   23:15 1426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Nilai Kegunaan Alat Permainan Edukatif pada Anak Usia Dini dapat mengembangkan atau menstimulasi Perkembangan Anak."

Setiap anak usia dini terlahir memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, aspek perkembangan yang dikembangkan pada anak memiliki kesamaan dalam proses meningkatkan tumbuh kembang. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini ditingkatkan atau di stimulasi dengan secara bertahap. Setiap proses tahapan pada anak usia dini memiliki aspek-aspek perkembangan yang harus dicapai dan sesuai dengan usia anak. Aspek-aspek perkembangan pada anak usia dini tersebut dapat dikembangkan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan alat permainan edukatif.

Dalam kegiatan proses pembelajaran pada pendidikan anak usia dini juga harus memerlukan fasilitas atau sarana bermain yang sesuai dengan anak. Fasilitas atau sarana tersebut pada pendidikan anak usia dini dapat membantu siswa atau peserta didik terhadap tumbuh kembangnya. Selain itu juga, fasilitas atau sarana yang diberikan kepada peserta didik juga harus memperhatikan nilai atau unsur menyenangkan bagi anak, terutama dalam mengembangkan potensi kemampuan atau perkembangan pada anak. Penggunaan alat permainan edukatif yang diberikan kepada anak usia dini juga perlu memperhatikan kriteria-kriteria dalam penggunaanya. Alat permainan yang digunakan oleh anak usia dini sebaiknya memiliki nilai aman, nyaman, dan juga nilai aspek perkembangan pada anak usia dini. Dalam penggunaan alat permainan edukatif yang akan diimplementasikan atau diaplikasikan kepada anak usia dini dapat dibuat dengan secara sederhana dan terjangkau dengan menggunakan alat dan bahan bekas disekitar. Selain mengembangkan aspek perkembangan pada anak usia dini, manfaat dari penggunaan dan pembuatan APE sendiri juga dapat meluapkan ekspresi senang dalam diri anak.

Nah, dalam pembuatan dan penggunaan alat permainan eduaktif juga mengandung evaluasi pengembangan Alat Permainan Edukatif pada anak usia dini. Nah, evaluasi apasih yang dimaksud dalam pengembangan APE? Evaluasi memiliki arti penilaian. Sedangkan evaluasi pengembangan alat permainan edukatif adalah penilaian dalam penggunaan alat permainan edukatif pada pendidikan anak usia dini yang memiliki maksud untuk mengetahui pencapaian atau tingkatan pada aspek perkembangan anak, sebagaimana hal tersebut bukan hanya untuk mengukur sebuah keberhasilan dalam program tertentu. Dalam kegiatan proses pembelajaran pada anak usia dini juga adanya pengevaluasiaan dari pembelajaran yang diajarkan kepada anak, Termasuk salah satu contoh evaluasi dalam pengembangan alat permainan edukatif pada anak. Kegiatan evaluasi atau penilaian pengembangan alat permainan edukatif terhadap aspek perkembangan pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai cara agar dapat mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah ditingkatkan atau dicapai oleh anak.

Peran guru dan orangtua sangat perlu dalam memperhatikan tumbuh kembang pada anak. Mengapa? karena bila perkembangan anak usia dini ada yang terhambat atau tidak bisa berkembang, orangtua maupun guru harus bersikap tegas dalam menghadapi permasalahan perkembangan yang sedang dihadapi oleh anak. Kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif bukan hanya saja untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, maupun bekal kemampuan dalam pengetahuan terhadap anak. Akan tetapi, penggunaan alat permainan edukatif juga bermanfaat sebagai alat bantuan atau sebagai media pembelajaran dengan hal yang menyenangkan.

Penilaian atau evaluasi pengembangan alat permainan edukatif pada anak usia dini dapat dilakukan saat kegiatan proses pembelajaran berlangsung atau saat anak sedang mengikuti kegiatan belajar dengan menggunakan alat permainan edukatif. Adapun Evaluasi pengembangan alat permainan edukatif dalam kegiatan proses pembelajaran pada pendidikan anak usia dini memiliki tujuan sebagai berikut :

1. Merencanakan proses pembelajaran secara individu maupun kelompok agar anak dapat berkomunikasi dengan orangtua maupun guru.

2. Mengidentifikasi anak yang membutuhkan bantuan khusus dari guru maupun orangtua.

3. Memperhatikan, menindaklanjuti, dan mengamati tumbuh kembang atau perkembangan pada anak.

Selain dari tujuan tersebut, evaluasi pengembangan alat permainan edukatif pada anak usia dini juga mengandung fungsi dalam penggunaannya. Adapun fungsi dari pengembangan alat permainan edukatif pada anak usia dini yakni sebagai berikut :

1. APE menjadi salah satu alat bantu atau media pembelajaran untuk membantu guru dalam engambangkan perkembangan dan kemampuan potensi yang dimiliki oleh anak.

2. APE menjadi bahan pertimbangan bagi para pendidik untuk melakukan kegiatan yang bersifat dalam mengembangkan fisik maupun psikis pada anak dapat berkembang dengan secara baik dan optimal.

3. APE yang dipakai atau digunakan dalam kegiatan proses pembelajarn mencakup 6 aspek perkembangan pada anak yakni nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan juga seni.

4. APE juga dapat membantu para guru dalam memberikan pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak.

Penggunaan alat permainan edukatif merupakan salah satu hal yang termasuk kedalam media pembelajaran. Dalam pendidikan anak usia dini, media pembelajaran dapat memberikan peluang yang sangat besar kepada anak usia dini dalam memperoleh pembelajaran dengan secara maksimal. Akan tetapi, dengan adanya media pembelajaran menggunakan alat permainan edukatif dapat menggugah daya ketertarikan anak kedalam proses belajar dan menghasilkan capaian stimulus aspek perkembangan pada anak.

Evaluasi atau penilaian dari pengembangan alat permainan edukatif pada anak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa cara atau prosedur dalam mengevaluasi anak. Evaluasi pengembangan alat permainan edukatif dapat dilakukan dengan secara individu maupun kelompok. Adapun cara evaluasi pengembangan alat permainan edukatif secara individu dapat dilakukan dengan cara guru memberikan tes awal kepada siswa dengan menanyakan atau adanya Tanya jawab, dan juga dapat dilakukan dengan memberikan post test, setelah prosesudr tersebut telah dilakukan, guru dapat mengambil kesimpulan atau analisis dari prosedur tersebut apakah anak tersebut telah berkembang atau belum berkembang. Sedangkan, evaluasi dalam kelompok dapat dilakukan dengan adanya tes anekdot yang diamati oleh guru untuk mengetahui perkembangan apa yang telah dicapai atau berkembang oleh anak.

Jadi, evaluasi pengembangan alat permainan edukatif juga perlu diperhatikan karena berkaitan dengan tercapainya stimulasi aspek perkembangan pada anak usia dini untuk mencapai perkembangan yang baik dan optimal. Enjoy in reading :) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun