Menurut Subyakto dan Nababan (1992: –124), bahasa adalah segala bentuk komunikasi yang menyampaikan makna kepada orang lain dengan melambangkan pikiran dan perasaan seseorang. Hal ini menunjukkan bahwa tanpa bahasa, komunikasi tidak dapat berlangsung dengan baik dan interaksi sosial  tidak akan pernah terjadi. Tanpa bahasa, tidak ada seorang pun yang dapat mengekspresikan dirinya dan menyampaikan  pesan kepada orang lain.
Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kosa kata. Kosa kata adalah seluruh kata  dalam suatu bahasa (Soedjito, 1992: 1). Kosakata adalah bagian penting dari bahasa. Mempelajari kosakata dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa seseorang. Demikian pula kemampuan seseorang dalam menggunakan dan mempelajari bahasa sangat dipengaruhi oleh kosa kata. Bahasa dapat berguna jika Anda meningkatkan kemampuan bahasa Anda. Keterampilan berbahasa seseorang meningkat seiring dengan meningkatnya kuantitas dan kualitas kosakatanya  (Tarigan, 1993: 14).
Kosakata sebagai salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting sebagai landasan penguasaan muatan bahasa Indonesia oleh siswa dan penguasaan mata pelajaran lainnya. Perolehan kosakata dapat menentukan kualitas berbahasa siswa karena perolehan kosakata mempengaruhi pemikiran dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran bahasa  (Kasno, 2014: 1)
Pemerolehan kosakata dasar Pemahaman  memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Menguasai kosakata dasar memberikan dasar yang kuat untuk keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.
Inilah mengapa memahami kosakata dasar sangat penting:
1. Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
Kosakata dasar berisi kata-kata yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kosakata ini, siswa akan dapat berkomunikasi lebih lancar dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun di luar sekolah. Memperoleh berbagai kosakata  merupakan aspek penting  dalam meningkatkan keterampilan berbahasa. Kosakata  bahasa Indonesia terdiri dari berbagai jenis kata: kata benda, kata kerja, kata keterangan, kata tanya, kata sambung, kata ganti, dan kata depan.
2. Membangun keterampilan membaca
Penguasaan kosakata memegang peranan penting dalam membangun pemahaman membaca. Mempelajari kosakata dasar akan membantu siswa membaca teks dengan lebih baik. Siswa yang nyaman membaca dan memiliki kosakata yang kaya cenderung lebih berhasil dalam memahami apa yang dibacanya dan mengembangkan keterampilannya.
3. Keterampilan menulis yang efektif
Saat menulis, pemahaman kosakata dasar akan membantu siswa menyusun kalimat dan paragraf dengan benar. Siswa akan mampu menjelaskan gagasannya dengan lebih jelas dan terstruktur. Selain itu, kosakata yang luas memungkinkan penulis untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang lebih beragam dan mendalam.
4. Memahami intruksi
Kosakata dasar adalah bagian penting dari pelajaran pemahaman karena membantu siswa memahami konsep bahasa tingkat lanjut seperti tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata. Siswa yang telah menguasai kosakata dasar akan  lebih mampu memahami instruksi guru dan menetapkan tugas, sehingga memudahkan proses pembelajaran.
5. Membangun pemahaman  lebih lanjut
Bahasa Membangun Pemahaman  Lebih Lanjut Bahasa Membangun pemahaman  lebih lanjut tentang bahasa dalam kosa kata melibatkan pemahaman dan penggunaan kosa kata dasar serta pengenalan konsep bahasa yang lebih kompleks.Ini adalah sebuah proses.
6. Meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan
Anda Mempelajari kosakata memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan Anda. Langkah-langkah seperti berlatih berbicara, mendengarkan dengan cermat, dan mengidentifikasi kosakata yang Anda perlukan setiap hari dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan ini.
7. Mengembangkan keterampilan literasi dini
Kosakata inti juga berkaitan erat  dengan keterampilan literasi dini dan membantu siswa mengembangkan pemahaman awal membaca dan menulis pada usia dini. Mengembangkan kosakata  membaca dan menulis sejak usia dini merupakan langkah penting dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan.
        Oleh karena itu, pengajaran kosakata dasar di tingkat sekolah dasar bertujuan untuk membangun landasan yang kuat pada kemampuan berbahasa anak-anak dan memungkinkan mereka untuk berhasil memahami dan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan situasi pendidikan menengah. Guna menambah perbendaharaan kata anak dan mengembangkan kemampuan berbahasa, orang tua disarankan untuk membangun hubungan komunikatif yang intensif dengan anak. Kami merekomendasikan program ini karena dapat membantu guru anak-anak kecil dan anak-anak yang sering berkomunikasi dengan mereka untuk meningkatkan kosakata kata kerja mereka.
DAFTAR PUSTAKA
Kasno. (2004).Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata.Jakarta:
Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Subyakto, U & Nababan. 1992. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, H.G. 1993. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Widiyarto, S., Rusdianto, M., & Paryono, P. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa SD Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 19-25.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H