[caption caption="Evolution of Bicycle - ilustrasi: pinterest.com"][/caption]Tahukah Anda kalau sepeda pernah sempat dilarang peredarannya. Sebuah artikel di tahun 1880 di koran New York Times memberitakan sebuah tragedi sebuah sepeda. Pada berita 130 tahun lalu itu diberitakan bahwa sepeda membahayakan si pengguna. Sepeda yang bergerak tidak membahayakan. Namun saat sepeda berhenti yang justru berbahaya. Menurut berita ini, sepeda bisa melempark pengendaranya. Dan hal ini tidak akan terjadi dengan berkuda.
Sejak saat itu, sepeda dilarang digunakan. Namun pada tahun 1881 para pengguna sepeda berdemonstrasi di kota taman Central Park di New York. Mereka pun melayangkan keberatan pelarangan sepeda di depan majlis hakim. Namun pelarangan sepeda belum usai. Pada 9 April 1887 sepeda tetap menjadi sorotan negatif di kolom New York Times. Kematian seorang guru muda bernama Miss May Brewer kabarnya disebabkan penggunaan sepeda yang berlebihan. Bahkan di Chicagom, seorang dokter militer menolak merekrut para pengendara sepeda di tahun 1889.Â
[caption caption="Artikel Bicycle Tragedy di koran New York Times tanggal 11 Juni 1880"]
Sejarah Sepeda Menjadi Sejarah Manusia
Sejak jaman naik kuda, manusia selalu mencari cara untuk memudahkan berpindah tempat. Sepeda sendiri sudah mulai dirancang sekitar 200 tahun lalu. Pada tahun 1817 sampai 1819, Baron Karl von Drais di Jerman merancang velocipede. Prototipe velocipede atau draisine diklaim menjadi sepeda pertama yang dibuat. Dengan desain yang mirip dengan sepeda saat ini, perbedaan mencolok hanya pada cara mengendarainya. Velocipede dikendarai dengan cara dikayuh dengan kedua kaki. Rangka velocipede dibuat dengan kayu. Sedang untuk kedua ban dan bearing digunakan material besi.
[caption caption="Replika Velocipede Drais karya Laufmaschine - foto: coroflot.com"]
Namun, perkembangan sepeda tidak mandeg. Di era 1820an sampai 1850an, sepeda menjadi lebih variatif. Diciptakanlah sepeda roda tiga, bahkan roda empat. Semua bagian sepeda sudah terbuat dari material besi. Lengkap dengan pedal, gerigi rantai, dan kayuhan tangan. Namun banyak kekurangan dari cara manuver saat berkecepatan. Salah satu sepeda roda empat yang populer di tahun 1850an adalah milik Willard Sawyer dari Dover Inggris.Â
Ada beberapa desain sepeda pada masa ini yang luput dari popularitas. Salah satunya adalah sepeda rancangan Kirkpatrik MacMillan di tahun 1839. Sepeda yang ia buat didasarkan kerja lokomotif uap yang terkenal saat itu. Dengan pijakan yang bisa memutar roda, sepeda ini memiliki gerigi dan rantai yang dihubungkan dengan roda belakang. Desain sepeda yang juga kurang populer dikembangkan oleh Gavin Dalzell dari Lesmahagow sekitar tahun 1845. Rancangannya yang benar-benar mirip dengan sepeda modern masih tersimpan Glasgow Museum of Transport.
[caption caption="Sepeda Gavin Dalzell dari tahun 1845 - foto: collections.glasgowmuseums.com"]
Sedang Michaux yang membuat vélocipède à pédales dengan skala kecil juga mendapat pamor pada karyanya di Perancis. Digandeng dua pengusaha kaya Aimé dan Rene Olivér, sepeda Michaux pun menjadi tren di Perancis. Desain kerangka sepeda Michaux pun diperbaiki oleh Gabert, seorang mekanik di Lyon. Kerangka tunggal sepedanya kini berbentuk diagonal yang terbuat dari besi. Sepeda Michaux diproduksi masal dan akhirnya menjadi moda transportasi populer di kota dan desa di Perancis.
Sepeda high-wheel juga sempat terkenal di tahun 1870an. Sepeda yang cukup unik ini cukup berbahaya untuk dikendarai. Karena ban belakang yang cukup besar. Namun keuntungannya, sepeda ini mampu melaju dengan cepat. Sepeda yang juga dikenal sepeda penny-farthing ini, diciptakan oleh Eugéne Meyer seorang mekanik yang berasal dari Perancis. Salah satu varian high-wheel adalah Royal Salvo. Sebuah tri-cycle yang memiliki dua ban besar di kiri-kanan dengan ban kecil di depan sebagai kemudi. Varian high-wheel ini diciptakan oleh James Starley.
[caption caption="Replika High Wheel modern - foto: pinterest.com"]
Saat Sepeda Menjadi Memori tak Urung Padam
Dan diabad 21, sepeda tetap menjadi kebutuhan komuter jarak jauh maupun dekat. Dari desa maupun kota, semua orang ingin bisa menaiki sepeda. Tidak ada larangan spesifik untuk mengendarai sepeda dimanapun. Sepeda menyentuh hampir semua lini kehidupan manusia. Mulai dari lini komersil untuk penjual koran keliling, sampai lini keluarga yang ingin bersantai dengan sepedanya, sepeda menjadi moda transportasi segala urusan. Sepeda menjadi sebuah ikon dari manusia itu sendiri. Manusia dengan sepedanya adalah hal yang tidak mungkin terpisahkan. Dari sejak kecil seorang anak membeli sepeda. Sampai ia besar dan membelikan anaknya sepeda, memori pada sepeda pun melekat.
[caption caption="Riding Bike - foto: sheknows.com"]
Begitupun dengan sepeda Wimcycle. dari sejak saya kecil sepeda Wimcycle sudah menemani. Baik memori maupun wujud fisiknya. Masih ingat betul saya biasa naik sepeda Wimcycle ke sekolah waktu SD. Kebetulan jarak sekolah dekat, sepeda Wimcycle menjadi sahabat andalan saya. Mengayuhnya bukan lagi suatu beban. Namun menjadi momen yang tiap kayuhannya menyiratkan kerinduan masa sekolah sambil bermain. Tiada yang lebih indah bisa menikmati masa kecil dengan sahabat yang bisa diandalkan. Sepeda kuning Wimcycle-ku dulu sudah tidak ada saat ini. Tapi momen yang ditinggalkannya menetap lekat di hati dan fikiran.
[caption caption="Wimcycle Aggressor - foto: tokosarana.com"]
Referensi: medium.com | wikipedia.org/history_of_the_bicycle
Salam,
Solo, 2 Maret 2016
02:11 pm
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H