PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL
1. Â MEDIA SOSIALÂ
Salah satu kekuatan pendorong terdepan dan pembangunan ekonomi di Indonesia adalah pengembangan UMKM di setiap daerah Indonesia. Dalam membantu pengembangan UMKM tersebut dapat dibantu dengan adanya media sosial yang menjadi trend tahun 2022 ini. Hal ini diakibatkan adanya pencegahan Covid 19 yang masih tinggi dan perkembangan digital yang semakin digemari masyarakat.
A. Â Pengertian media online secara umum
yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial masuk dalam kategori media online. Khusus media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia memiliki instensitas cukup tinggi dibandingkan media online lainnya.Â
Media sosial tersebut yaitu Instagram, TikTok, Beetalk, Facebook, Twitter dan lain sebagainya media sosial yang tertinggi adalah Instagram. Instagram merupakan media informasi yang dapat dengan mudah menampilkan foto yang digunakan mitra UMKM.Â
Fitur foto dalam Instagram pun memiliki banyak desain menarik untuk diedit, dengan tujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual oleh mitra UMKM.Â
Hal ini sesuai dengan media sosial yang diketahui oleh para mitra UMKM sebelumnya, yaitu Instagram. Sehingga kegiatan bisnis para mitra UMKM lebih banyak menggunakan Instagram.
B. Â Hal penting yang harus ada dalam media sosial
Media online disebut juga dengan digital media adalah media yang tersaji secara online di internet. Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online. Salah satunya adalah media sosial yang menjadi tren akhir-akhir ini.
Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan media sosial, yaitu profil usaha, bahasa yang menarik, foto, kualitas produk dan kemasan produk. hal penting yang harus ada dalam media sosial oleh mitra UMKM adalah foto.Â
Foto merupakan hal penting visual tersirat dalam menyampaikan informasi produk kepada konsumen. Gambar yang menarik dalam foto menjadi kunci penting dalam menarik konsumen dalam penjualanan yang dilakukan oleh mitra UMKM.Â
Foto produk dari para mitra UMKM dimasukkan ke dalam media sosial yang sering digunakan yaitu Instagram. Di mana hal ini sesuai dengan pernyataan sebelumnya, Instagram sering digunakan dalam kegiatan bisnis para mitra UMKM.
C. Â Manfaat media sosial yang digunakan mitra UMKM
Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Media sosial merupakan paradigma media baru dalam konteks industri pemaasaran.Â
Penggunaaan media sosial juga menjadi media digital marketing tertinggi pada tahun 2021. Manfaat yang dihasilkan dari penggunaan media sosial sangat banyak dan beragam.Â
Diantaranya adalah meminimalisasi biaya operasional, memudahkan transaksi, menguntungkan, memudahkan penjualan, hemat tempat, sistem serba online dan mempermudah promosi. manfaat media sosial yang dirasakan dan digunakan oleh mitra UMKM tertinggi adalah bertujuan untuk mempermudah promosi.Â
Selain mudah dan ekonomis dalam promosi, media sosial juga memiliki fitur-fitur desain menarik dalam menggapai target konsumen lebih banyak dibandingkan secara konvensional.
Ditambah lagi masyarakat era 2022 ini, sudah banyak mengenal digital dan gadget yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sehingga promosi sering dilakukan dalam media sosial oleh para mitra UMKM, seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook.
D. Â Hal penting dalam pengelolaan media sosial yang digunakan mitra UMKM
Media sosial merupakan platform yang mampu membantu dan memfasilitasi berbagai kegiatan seperti mengintegrasikan situs web, interaksi sosial, dan pembuatan konten berbasis komunitas. Begitu banyaknya media sosial seiring perkembangan jaman hingga tahun 2022 ini, maka fitur konten yang ditampilkan pun beragam.Â
Kata-kata yang digunakan, waktu saat memposting, postingan yang menarik, foto yang menarik dan tampilan profil usaha, Tampilan profil ini menjadi sangat penting bagi mitra UMKM karena dapat mewakilkan identitas terhadap usaha yang akan di promosikan melalui media sosial.Â
Setelah itu, waktu saat memposting menjadi langkah kedua yang cukup penting bagi mitra dalam memberikan informasi update kepada konsumen. Tampilan profil yang dilakukan oleh para mitra UMKM, sering menggunakan Instagram sebagai media sosialnya.Â
Di mana Instagram memiliki kemudahan dalam mendesain fitur profil dan menampilkan update produk dari para mitra UMKM. Hal ini sesuai dengan pengetahuan dan intensitas penggunaan media sosial yang sering digunakan oleh para mitra.
2. PEMASARAN
Strategi Pemasaran UMKM Terbaik
Dalam berbisnis tentu tidak hanya berbicara soal modal dan keuntungan. Tidak juga membahas keuntungan hingga kerugian yang mungkin saja akan ditemui. Bahkan, kita juga perlu membahas tentang strategi pemasaran UMKM agar usaha yang digeluti bisa punya usia yang panjang.
- Produk Yang Menarik
Saat memikirkan akan terjun dalam berbisnis UMKM terutama usaha rumahan, maka hal yang perlu jadi perhatian adalah penentuan sebuah produk. Pikirkan produk yang menarik dan juga dapat dipasarkan dengan mudah. Tidak cuma menarik, jika kamu ingin membuat pelanggan terus merasa penasaran, maka produk tersebut juga harus unik dan bermanfaat.
- Pahami Target Pasar
Seorang pebisnis juga harus memikirkan tentang target pasar. Ini sangat penting karena kamu akan tahu apa yanh diinginkan oleh calon konsumen. Apakah Ia anak-anak, dewasa laki-laki atau dewasa perempuan. Atau bisa juga produk untuk general segala usia. Tentu ini akan sangat berkaitan dengan jenis produk nantinya.
- Kemasan Yang Unik
Konsumen biasa tertarik pada tampilan kemasan. Kita tidak bisa bantah bahwa penampilan menjadi daya pikat utama terutama untuk sebuah produk jualan. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengemas produk yang baik, aman dan juga menarik perhatian konsumen.
- Lakukan Promosi Yang Tepat
Produk akan tetap berada di etalase jika kamu tidak bergerak untuk memasarkannya. Agar dikenal banyak orang maka perlu melakukan upaya promosi yang dekat dengan konsumen. Bisa dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sebab kita tahu bahwa peran media sosial sangat cepat dalam meningkatkan jumlah konsumen untuk berbelanja.
- Tonjolkan Kelebihan Produk
Startegi pemasaran UMKM yang satu ini sangat erat kaitannya dengan promosi dan juga penyediaan produk. Kita pahami bersama bahwa tidak ada produk yang tidak ada samanya. Dalam kata lain, produk yang kita jual bisa saja sama dengan produk orang lain. Tugas kita selaku pebisnis adalah menonjolkan kelebihan produk yang kita miliki. Ini harus bisa disampaikan saat melakukan promosi agar konsumen paham, tahunserta tertarik untuk mencobanya.
- Servis Konsumen
Istilah pembeli adalah raja kerap memang benar. Hal ini dimaksudkan agar sebagai pemilik usaha, kita mampu memberikan pelayanan terbaik. Pada dunia bisnis tentu akan ada komunikasi serta interaksi. Maka tindakan dalam memberikan informasi terbaik terkait produk haruslah dapat membuat konsumen merasa aman, nyaman serta menumbuhkan rasa percaya.
- Buka Peluang Jaringan
Istilah networking juga tidak pernah jauh dari dunia bisnis. Networking atau jaringan memang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. Dengan demikian sayap bisnis mampu melebar kemana saja. Ini sangat penting dalam peningkatan wilayah promosi. Bahkan dengan membuka peluang jaringan, maka produk akan jauh lebih dikenal secara luas.
- Lakukan Pendekatan Pada Konsumen
Salah satu strategi pemasaran UMKM yang tidak kalah jitu adalah melakukan pendekatan pada konsumen. Hal inu erat kaitannya dengan aktivitas promosi. Ada banyak tipe konsumen yang bisa kita pelajari karakternya. Kita bisa melakukan pendekatan layaknya teman. Dengan begitu, konsumen tidak merasa di buru untuk berbelanja. Mereka akan merasa nyaman saat hendak mengunjungi lapak dagangan.
- Membuat Website Produk
Cara tepat lainnya adalah dengan menyediakan website produk. Pada website akan berisi informasi produk beserta harga. Selain itunm kamu juga dapat memberikan informasi terkait cara berbelanja. Ini sangat efektif untuk menjangkau pembeli yang berasal dari berbagai daerah. Tampilan produk pada website sangat memudahkan konsumen menemukan apa yang mereka cari.
- Konsisten Dalam Penerapan Strategi
Langkah selanjutnya adalah kamu harus bisa menerapakan semua strategi di atas secara konsisten. Konsisten atau disiplin pada dunia bisnis menjadi parameter kesuksesan nantinya. Jika hal ini terus dilakukan, maka lambat laun akan menjadi identitas diri. Selain itu, ini juga bakal menjadi kelebihan yang bisa jadi merupakan alasan konsumen memilih berbelanja produk yang kamu punya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI