Mohon tunggu...
GIGI02
GIGI02 Mohon Tunggu... Penulis - Motorsports Enthusiast

Focusing just about Motorsports

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Mengenal Tentang Ajang Balap Nascar, Ajang Balapan Terbesar di Benua Amerika

16 April 2019   14:34 Diperbarui: 16 April 2019   17:00 1531
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak orang jika mendengar kata NASCAR akan mengartikan dengan kue Nastar karena bentuk pelafalan yang mirip dan dipikirkan jika mereka hanya bercanda melafalkan kue nastar dengan sebutan NASCAR. Namun sebenarnya NASCAR itu bukan suatu kue, atau makanan, atau apapun yang bisa dimakan. NASCAR adalah balapan mobil yang ada dan berasal dari Amerika. Disini saya ingin memperkenalkan lebih jauh apa itu Ajang NASCAR kepada masyarakat Indonesia agar kita mempunyai pengetahuan lebih luas tentang dunia Motorsports selain MotoGP dan F1 atau WorldSBK.

NASCAR Adalah Ajang Balap Mobil

Ya benar, NASCAR adalah ajang balap mobil. NASCAR sendiri adalah singkatan dari National Association for Stock Car Auto Racing. Sebuah ajang balap dimana mobilnya berasal dari mobil-mobil yang diproduksi massal di Amerika semacam Dodge, Chevrolet, Ford. Namun segala mesin dan lain-lain sudah diganti untuk mengakomodasikan bentuk dari sebuah ajang balap.

Monster Energy NASCAR Cup Series | autosport.com
Monster Energy NASCAR Cup Series | autosport.com

NASCAR sendiri terbentuk pada tanggal 21 Februari 1948 dengan balapan pertama diselenggarakan di sebuah pantai di Daytona yang akhirnya saat ini kita kenal dengan sebutan Daytona Beach. Dibentuk oleh seorang yang bernama Bill France Sr. Lalu lama-lama NASCAR berkembang menjadi ajang balap terbesar di ranah Amerika atau bisa dibilang terbesar sebenua Amerika itu sendiri.

NASCAR Balap di Sirkuit Oval

Awal mula ajang balap NASCAR dijalankan adalah dengan membalap di trek Dirt Track. Dirt Track adalah trek balap yang kita tau hanya berbentuk oval atau hanya mempunyai tikungan ke kiri saja. Namun lambat laun di Amerika akhirnya dibangun lah trek yang beraspal dan menjadi fondasi NASCAR kenapa mereka selalu balapan di trek Oval, sirkuit itu adalah Darlington Raceway pada tahun 1950.

Darlington Raceway | us.motorsport.com
Darlington Raceway | us.motorsport.com

Setelah itu banyak sirkuit-sirkuit Oval yang dibangun seperti halnya Daytona Superspeedway, Bristol Motor Speedway, Pocono Raceway, dan masih banyak sirkuit Oval yang dibangun setelahnya. Namun tidak semuanya sirkuit NASCAR itu berbentuk oval, NASCAR juga mengadakan ajang balapannya di sirkuit Road Course atau sirkuit yang kita kenal dengan banyaknya tikungan. Contoh sirkuit Road Course di ajang NASCAR adalah sirkuit Sonoma Raceway dan Watkins Glen International.

Watkins Glen International Raceway | nasaspeed.news
Watkins Glen International Raceway | nasaspeed.news

NASCAR Mempunyai Tiga Kelas Nasional Utama

Sama seperti ajang balap manapun, NASCAR juga mempunyai jenjang tingkatan kelas yang berbeda-beda. Tentu dengan tujuan untuk menemukan pembalap muda yang berbakat naik kelas ke kelas utama. Untuk ajang NASCAR, mereka juga mempunyai tiga kelas dengan tingkatan mesin berbeda-beda menyesuaikan dengan tingkat kelas tersebut.

1. NASCAR Truck Series

Logo NASCAR Truck Series 2019 | nasaspeed.news
Logo NASCAR Truck Series 2019 | nasaspeed.news
Ini adalah kelas terbawah dari tiga jenjang utama kelas NASCAR yang saya sebutkan tadi. Truck Series dijadwalkan bersama dengan NASCAR Cup Series atau Xfinity Series, sama seperti Moto3 atau Moto2 yang bebarengan dengan MotoGP. Namun bedanya NASCAR Truck Series hanya mempunyai 23 seri balapan. Bertipe mobil seperti mobil truk pengangkut barang.

Todd Gilliland | toyota.com
Todd Gilliland | toyota.com

Dibuat tahun 1995, NASCAR Truck Series ini menjadi kelas pembuka untuk pengenalan terhadap lingkungan NASCAR untuk seri nasional yang diliput banyak orang. Tentunya mempunyai kekuatan dan kecepatan mesin yang berbeda. Maka dari itu NASCAR Truck Series dinilai paling cocok untuk pemula menguasai mobil stock car itu sendiri.

2. NASCAR Xfinity Series

Logo NASCAR Xfinity Series | speedwaymotorsports.com
Logo NASCAR Xfinity Series | speedwaymotorsports.com
Ini adalah kelas yang menurut promotor NASCAR menjadi kelas pengenalan untuk mereka yang mau naik ke kelas utama bersaing dengan para elit balap stock car. Terbentuk pada tahun 1982, Xfinity Series mempunyai kapasitas dan kecepatan mesin yang lebih tinggi dibanding Truck Series namun tetap masih dibawah dari NASCAR Cup Series sebagai kelas tertinggi. 

Noah Gragson - Joe Gibbs Racing | reviewjournal.com
Noah Gragson - Joe Gibbs Racing | reviewjournal.com

Xfinity Series sendiri mempunyai jadwal balapan sebanyak 33 seri balapan, tiga lebih sedikit dibanding NASCAR Cup Series. Banyak pembalap-pembalap muda NASCAR Cup Series yang berasal atau menjadi lulusan dari Xfinity dan Truck Series, contohnya Daniel Suarez atau Austin Dillon.

3. Monster Energy NASCAR Cup Series

Monster Energy NASCAR Cup Series | autoweek.com
Monster Energy NASCAR Cup Series | autoweek.com
Lebih dikenal dengan sebutan Cup Series, Monster Energy NASCAR Cup Series menjadi kelas atau ajang tertinggi stock car di Amerika atau bahkan tertinggi di dunia. Dibuat pada tahun 1948, Cup Series menjadi balapan primadona untuk negara Amerika dengan seri balapan paling diminati adalah Daytona 500 yang sejajar dengan Indy 500 atau GP Monako F1 atau Le Mans 24 Hours. 

Balapan NASCAR Cup Series di Las Vegas Motor Speedway | goprn.com
Balapan NASCAR Cup Series di Las Vegas Motor Speedway | goprn.com

Selain karena prestisi yang lebih tinggi, Cup Series juga mempunyai kapasitas mesin paling tinggi dan tercepat diantara semua balap stock car yang ada. Ada 36 seri balapan yang dijadwalkan dari bulan Februari sampai November. Nama-nama elit yang dikenal diseluruh dunia dari ajang NASCAR Cup Series adalah Jeff Gordon, Dale Earnhardt, Richard Petty, sampai yang terbaru adalah Jimmie Johnson sang juara Cup Series tujuh kali.

NASCAR Juga Mempunyai Beberapa Ajang Nasional dan Regional Lainnya

Selain tiga kelas utama yang sudah saya sebutkan diatas, ada juga beberapa kelas nasional lain dan beberapa kelas regional yang dimiliki NASCAR untuk membina pembalap-pembalap muda di sekitar area yang tergabung di kelas-kelas tersebut.

ARCA Racing Series

Merupakan kelas nasional selain tiga kelas utama yang telah tadi sudah kita bahas, namun kelas ini bisa dibilang lebih kecil dibanding ketiga kelas utama tersebut. Terdiri dari 20 seri balapan jika diibaratkan ARCA Series yang mempunyai kepanjangan Automobile Racing Club of America ini seperti ajang F4 ditingkatan ajang F1 atau Red Bull Rookies Cup ditingkatan ajang MotoGP. 

NASCAR Pinty's Series

Ajang NASCAR ini adalah ajang NASCAR nasional yang menggabungkan dua Negara yaitu Kanada dan Amerika yang tergabung dalam satu kalender. Mempunyai tujuan yang sama seperti ARCA Series yaitu untuk mencari bibit-bibit muda yang kali ini ditunjukan untuk pembalap muda negara Kanada.

NASCAR PEAK Mexico Series

Jika tadi Pinty's Series ditunjukan di negara Kanada, NASCAR PEAK Mexico Series menjadi balap NASCAR region Nasional yang ditunjukan untuk negara Meksiko. Tujuan utamanya juga sama untuk mencari bibit-bibit muda di negara Meksiko dengan contoh nyata yang sudah ada adalah Daniel Suarez.

NASCAR Whelen Euro Series

Ini adalah ajang NASCAR nasional untuk wilayah Eropa. Selain di wilayah benua Amerika, NASCAR juga ingin melebarkan sayapnya keranah benua Eropa. Dan ini adalah salah satu cara tepat untuk mencari bibit-bibit muda di benua Eropa untuk ajang NASCAR Cup Series. Contoh nyata dari pembalap Euro Series yang sudah masuk menjadi pembalap NASCAR Cup Series adalah Alon Day.

Selain kelas untuk wilayah nasional, NASCAR juga mempunyai ajang balap khusus wilayah regional masing-masing di amerika. Lebih tepatnya ada empat kelas NASCAR regional di Amerika. Terdiri dari:

1. Whelen All-American Series

2. Whelen Modified Tour

3. K&N Pro Series

4. AutoZone Elite dan Divisi lainnya

NASCAR Cup Series sendiri bisa kita saksikan dari tv kabel atau tv satelit dengan mengubah saluran ke channel Fox Sports. Karena memang NASCAR saat ini dipegang khusus penyiaran tv-nya oleh Fox Group.

Apa Enaknya Nonton NASCAR?

Balapan Daytona 500 tahun 2015 | motorsport.com
Balapan Daytona 500 tahun 2015 | motorsport.com
Nonton balap kok cuma muter-muter saja? Ya memang membingunkan untuk sebagian orang untuk menonton balapan yang sirkuitnya sendiri hanya mempunyai tikungan kekiri. Namun letak keseruan dan enaknya menonton NASCAR itu tentang bagaimana kita tidak tahu siapa yang menang karena semua pada dasarnya mempunyai kesempatan yang sama. Karena unsur drafting atau slipstream yang sangat kuat, sehingga semua tergantung kejelian pembalap didalam sirkuit untuk memaksimalkan drafting tersebut. 

Belum lagi ketika terjadi kecelakaan yang biasanya tidak cuma melibatkan satu mobil, disini kecelakaan bisa melibatkan hingga setengah dari keseluruhan pembalap atau biasa dinamakan "The Big One". Hal ini bisa merubah sangat jauh peta persaingan yang ada. Karena bisa saja didalam kecelakaan tersebut ada pemimpin klasemen atau kandidat terkuat juara.

The Big One yang terjadi pada balapan Daytona 500 tahun 2019 | autoweek.com
The Big One yang terjadi pada balapan Daytona 500 tahun 2019 | autoweek.com

Dan sama seperti semua tipe balapan, unsur strateginya sangat kental disini. Bagaimana mereka harus menghemat ban atau bahan bakar, atau masuk ke pit ketika sedang bendera kuning. Ini semua digabungkan menjadi satu bumbu sedap untuk ajang balap yang menarik. Namun sayang untuk penonton Asia khususnya Asia Tenggara karena perbedaan waktu dengan Amerika jadi kita susah untuk mengikuti ajang ini, karena biasanya ketika ajang ini disiarkan dinegara asalnya pada sore hari tapi untuk kita disini itu adalah subuh-subuh. Perbedaan waktu itulah yang membuat kesulitan untuk mengikuti terus ajang ini ataupun ajang-ajang lain yang terselenggara di benua Amerika.

Dengan adanya tulisan ini, saya ingin memperkenalkan ajang NASCAR di Indonesia agar kita juga lebih tahu bahwa ajang-ajang balap didunia itu beraneka ragam macam dan bentuknya. Semoga dengan tulisan ini bisa menambah pengetahuan kita tentang dunia Motorsports.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun