Mohon tunggu...
Izham Giffari
Izham Giffari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis pengetahuan pintar
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Untuk mengembangkan kemampuan dalam hidup sehari-hari melalui kegiatan sebagai penulis ilmu pengetahuan secara besar & luas.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Dinamika Global Waralaba di Seluruh Dunia pada Makanan Cepat Saji

27 Juni 2023   18:00 Diperbarui: 27 Juni 2023   18:04 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah Anda sadar bahwa gelombang waralaba di seluruh dunia sangat dipengaruhi oleh propaganda dan slogan iklan? Mari kita ambil McDonald's dengan "I'm Lovin it" mereka, KFC dengan slogan "it's finger lickin' good" (sebelum akhirnya dihapus ketika pandemi melanda), atau Mixue dengan "Share sweetness - spread happiness", slogan yang hanya terdiri dari beberapa kata ini dan mampu menghipnotis banyak orang di seluruh dunia. 

Tapi mari kita ambil kasus Starbucks. Di beberapa negara, Starbucks adalah produk yang cukup mahal, tetapi masih sangat populer. 

Sehingga masyarakat menjadi lekat dengan slogan tersebut dengan harapan akan merasakan atau berkontribusi terhadap sesuatu yang baik ketika mereka membeli produk tersebut. 

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa kualitas dan cita rasa produk franchise ini tidak bisa diragukan lagi. 

Berapa banyak iklan waralaba di atas yang pernah Anda lihat atau bahkan ingat? Bagi kamu pecinta K-drama tentu sudah tidak asing lagi dengan Subway. 

Namun, jika kita mencoba menemukan korelasi antara semua ini, akar penyebab penyebaran dan dinamisme waralaba ini adalah globalisasi. 

Dengan memanfaatkan kemudahan informasi dan peluang pasar, maka franchise-franchise di atas dapat memanfaatkan pemasaran sebagai sarana peningkatan franchise. 

Faktanya, ada begitu banyak merek makanan di dunia, tetapi hanya sedikit dari mereka yang dapat berinovasi dan terus menarik perhatian konsumen. 

Sumber: Seasia.com

Sumber berupa referensi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun